Hutan Bakau Sungai Dompak, Asyiknya Jelajahi Mangrove Di Atas Perahu

Hutan Bakau Sungai Dompak  – Seperti yang telah kita tau selain potensi di bidang perdagangannya, wilayah pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau ini juga memiliki potensi pariwisata yang luar biasa sangat menarik.

Pariwisata di Kepulauan Riau merupakan salah satu sektor utama yang membantu pemerintah kota Riau untuk kemajuan pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau, Indonesia. Kekayaan yang ada di dalamnya seperti halnya alam, seni, dan budaya merupakan salah satu bidang penting dalam pariwisata di Kepulauan Riau.

Alam Kepulauan Riau memiliki iklim tropis, dengan 2.408 pulau yang 30% diantaranya tidak berpenghuni. Pulau Bawah di Kepulauan Anambas termasuk dalam pulau tropis terbaik se-Asia menurut versi CNN. Berbicara tentang pulau yang sangat sering di gandrungi masyarakat Pulau Penyengat dan Pulau Bintan juga merupakan contoh daerah tujuan wisata terpopuler di Kepulauan Riau.

Kota Batam

Lantas bagaimana dengan perkembangan kota batam ? Kota Batam merupakan pintu gerbang pariwisata utama ketiga di Indonesia, setelah Bali dan Jakarta. 2,25 juta orang atau sekitar 25% dari jumlah wisatawan asing di Indonesia masuk melalui Batam. Kepulauan Riau juga menjadi provinsi percontohan wisata lintas batas di Indonesia bagi kota Manado, Belitung, dan pulau Kalimantan.

Pada tahun 2013, 1.859.066 orang wisatawan mancanegara berkunjung ke Kepulauan Riau. Jumlah ini naik 5,18% dari tahun sebelumnya. Kota Batam menjadi tujuan utama para turis. Di peringkat kedua, terdapat Kabupaten Bintan disusul Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun. Jumlah wisman dari Singapura merupakan yang terbesar yaitu 51,23% dari seluruh jumlah wisman yang berkunjung.

Disusul oleh Malaysia di peringkat kedua dengan 14,72%. Sedangkan negara lainnya rata-rata masih sekitar 5% yang terdiri dari negara Tiongkok, Korea Selatan, India, Filipina, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika Serikat.Pengelolaan kepariwisataan di Kepulauan Riau diatur oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau ini menurut wikipedia

Wisata Tanjung pinang

Tanjungpinang memiliki paket wisata unik yaitu jalan-jalan menyusuri sungai dengan menikmati tanaman mangrove, wisata Hutan Bakau Sungai Dompak Tanjungpinang memang sekarang lagi trending di musim 2017 ini. Tanjung pinang merupakan kota yang berada di kepulauan riau dan terdapat anakan-anakan sungai yang terhubung ke lautan sehingga air payau yang mengalir dengan dipenuhi tumbuhan bakau disekelilingnya membuat perjalanan wisata anda semakin indah.

Selain  disana kita bisa menguji adrenalin untuk menaiki perahu sampan kayu/ pompong masuk kedalam hutan-hutan bakau yang masih alami, dengan  menikmati keindahan alam dengan udara yang segar.

Dihuni hewan – hewan liar

Disini pengunjung akan banyak di suguhi berbagai hewan- hewan liar seperti monyet, biawak dan burung-burung.Disana juga telah disediakan perahu , boat dan pelantar untuk pengunjung. Meskipun demikian, pengembangan potensi wisata mangrove tersebut akan terus tetap ditingkatkan oleh pengelola wilayahnya maka akhir akhir ini akan bekerja sama dengan pengusaha hotel di sekitar daerah situ.Untuk itu, upaya mengemas kawasan Pulau Dompak yang saat ini menjadi pusat pemerintah, juga bisa dijadikan kawasan pariwisata bahari. Semoga bisa segera terealisasikan amiin.

Hiruk pikuk keramaian kota kadang menjadi suasana yang menjenuhkan sehingga perlu wisata yang sunyi dan alami.  Bicara tentang rutinitas keseharian yang tiada habisnya maka pastinya anda kalian pernah dong merasa berada di titik jenuh, suntuk dan merasa stress. Nah,Hutan Bakau Sungai Dompak akan sangat amat menjadi salah satu pilihan solusi solusi yang tepat  untuk berwisata alam.

Sedikitnya telah ada 10 hektar kawasan hutan mangrove di Tanjungpinang sudah beralih fungsi. Kondisi tersebut, jika tidak disikapi dari sekarang bisa mengancam ekosistem unik tersebut. Untuk paket wisata yang kita dapat tersebut adalah wisata mangrove (bakau) sunyi, segar dan alami.

Itulah sedikit gambaran hutan mangrove yang ada di Tanjungpinang. Dengan menggunakan boat tanpa mesin paling-baling selama tour kita akan mendengar kicau burung-burung, biawak yang berenang diantara taman bakau. Ular yang melingkar diantara ranting-ranting bakau, monyet yang berayung diantara ranting bakau serta burung-burung bangau yang bertengger di puncak-puncak bakau.

Buaya dan tikus

Walaupun masih dikenal ekstrem karena dua sungai itu sering dikabarkan muncul buaya. Namun orang nomor satu di Kepri tersebut tidak gentar. Kita akan takjub dengan keindahan hutan mangrove di kawasan ini yang masih sangat asli. Tapi jangan kaget jika melihat sisi kiri kanan sungai yang kita lalui ini. Karena, banyak hutan bakau yang sengaja dibabat.

Pembabatan hutan bakau ini dulunya dibuat untuk pelabuhan-pelabuhan tikus saat tambang bauksit masih beroperasi. Hutan bakau sungai dompak terletak tak jauh dari Jembatan I Dompak. Sungai tersebut, melintasi jembatan II Dompak sampai pada perbatasan Kota Tanjungpinang dan Bintan. 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *