Hotel Eco friendly Terbaik Dunia, Masa Inap Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Hampir setiap tempat memiliki hotel untuk menyambut wisatawan yang datang. Namun, pernahkah Anda mendengar hotel yang ramah lingkungan atau eco-friendly?

Menginap di hotel eco-friendly dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan. Hotel jenis ini bukan berarti tidak bisa membuat pengunjung merasakan kemewahan, lho!

Ada beberapa hotel eco-friendly terbaik di dunia yang dapat mengajak pengunjung merasakan masa inap yang mewah.

Kedatangan pandemic yang hingga kini belum menemukan titik akhir membuat banyak sekali rencana perjalanan tertunda. Untuk menghilangkan rasa penat Anda, hotel ramah lingkungan bisa menjadi pilihan yang bagus.

Berikut hotel eco-friendly terbaik di dunia yang bisa Anda coba pasca-pandemi.

 

  1. Soneva Fushi – Maldives

Maldives memang terkenal akan pesona pantainya yang bak surga. Selain itu, negara pulau ini juga memiliki banyak hotel eco-friendly serta resort yang berbeda dari lainnya.

Salah satunya ialah Soneva Fushi, salah satu yang terbaik dan pelopor eco di seluruh resort.

Hotel ini mendukung kegiatan ramah lingkungan, apalagi Maladewa yang diperkirakan akan hilang 80 tahun mendatang membuatnya semakin gencar.

Soneva Fushi mendaur ulang 90 persen limbah di pabrik daur ulang Eco Centro.

 

  1. Blue Waters Resort & Spa – Pulau Antigua

Hotel yang satu ini memiliki 1 tujuan, yakni “bebas dari plastic dalam waktu dekat”. Hotel ini pula memimpin gerakan ramah lingkungan di antara hotel mewah lainnya.

Mereka menawarkan stasiun air isi ulang serta menggunakan botol air bebas BPA grastis demi pengurangan plastic

Hotel ini juga mengadopsi berbagai Langkah ramah lingkungan, seperti menggunakan produk segar hasil tanaman sendiri dan system daur ulang.

Mereka meluncurkan merek perlengkapan mandi bernama Neem Avenue sebagai upaya eco-friendly terbaru.

 

  1. Six Senses con Dao – Vietnam

Jika Anda berkunjung ke Vietnam, maka menginaplah di Six Senses Con Dao, surganya ramah lingkungan. Lokasinya berada di kepulauan lepas pantai Vietnam sehingga sangat strategis sebagai lokasi berlibur.

Hotel ini memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu. Yang paling mengesankan, hotel ini memiliki suaka penyu miliknya sendiri, Anda bisa bergabung untuk pelepasan tukik saat pagi hari di pantai resor.

Mereka juga bermitra dengan taman nasional setempat demi melindungi kawasan pantai serta terumbu karang.

Six Senses Con Dao memiliki prestasi mengesankan, salah satunya membotolkan air mereka sendiri, produksi pestisida alami, hingga memiliki Earth Lab di hotelnya.

 

  1. Jean-Michel Cousteau Resort – Fiji

Resor yang satu ini merupakan resor mewah bintang lima. Sejak awal, resor ini selalu menerapkan eco-friendly system, bahkan seluruh hotel dibangun dengan bahan lokal seperti kayu.

Mereka menggunakan lampu hemat energi dan menawarkan berbagai kegiatan menarik bagi para pengunjung. Anda dapat mencoba snorkeling di perairan murni, spa, hingga berkunjung ke air terjun.

Jean-Michel Cousteau Resort menampung ahli biologi kelautan untuk memantau kondisi terumbu karang.

baca juga:

Mampir ke Nepalnya Indonesia, Desa Butuh yang Lagi Hits di Dataran Tinggi Magelang

 

  1. Capella Ubud – Indonesia

Seakan tak mau kalah, Capella Ubud menjadi salah satu hotel eco-friendly terbaik di dunia. Hotel ini terletak di antara hutan hujan Ubud.

Berdiri di tengah hutan hujan tidak membuat hotel ini merusak lingkungan. Malah, kontruksi Capella Ubud membantu alam sekitar agar lebih lestari dengan tidak melakukan penebangan pohon.

Hotel ini memiliki berbagai Tindakan ramah lingkungan, salah satunya dengan tidak menggunakan plastic sekali pakai.

Mereka menawarkan program Pendidikan di masyarakat sekitar mengenai pengelolaan sampah bahkan sejumlah beasiswa pada pemuda setempat.

 

  1. H2Hotel – AS

Meski terlihat kecil dengan 36 kamar, jangan pernah remehkan hotel ini. H2Hotel mengangkat fitur ramah lingkungan dengan bersertifikat LEED Gold, lho!

Mereka menerapkan praktik penghijauan di sekelilingnya, dibuktikan dengan perabotan dan lantai yang terbuat dari kayu bekas serta atap rumputnya yang mengurangi dampak curah hujan yang turun.

Hotel ini bersertifikat LEED, artinya segala aspek hotel dirancang untuk mengurangi konsumsi energi. H2Hotel lebih modern dan kontemporer dibandingkan hotel lainnya.

 

  1. Whitepod – Swiss

Hotel yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menginap di tempat ramah lingkungan sekaligus unik dan mewah.

Whitepod bertengger diatas 5.500 kaki di atas permukaan laut Pegunungan Alpen Swiss.

Hotel minimalis ini dibangun menggunakan kanvas tahan lama serta platform kayu. Limbah hotel di daur ulang dan diproduksi kembali.

Uniknya, hotel akan berkamuflase menjadi hijau saat musim panas sehingga menyatu dengan alam.

 

Menginap di hotel yang eco-friendly bisa menjadi salah satu Langkah awal untuk menghargai lingkungan sekitar. Jadi, hotel mana yang akan Anda pilih untuk staycation Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.