Hore… Jatim Park Sudah Resmi Dibuka Lagi! Wisata era New Normal Yuk

Di era new normal, Sebagian besar industri di Indonesia mulai bangkit kembali. Seakan menjadi angin segar bagi dunia pariwisata, banyak wisata yang sudah menerima pengunjung. Tentunya dengan protokol Kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu wisata Jawa Timur yang mulai membuka destinasi kebanggaannya ialah Jawa Timur Park, di Malang. Meski belum seluruhnya, beberapa wahana Jawa Timur Park bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan rasa bosan selepas karantina.

Apa saja aturan yang akan diterapkan?

 

  1.       Pembelian Tiket Online

Memasuki new normal, ada 3 wahana yang dibuka di Jatim Park II, yakni Secret Zoo, Eco Green Park, dan Museum Satwa. Ke-3 wahana tersebut telah buka sejak Sabtu, 27 Juni 2020 lalu. Sedangkan untuk jam operasionalnya masih tetap sama yaitu pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Tentu saja, beroperasinya ke 3 wahana milik Jatim Park telah atas lampu hijau dari Pemerintah kota Batu. Dengan syarat mengikuti protocol Kesehatan ketat yang dianjurkan oleh Pemerintah untuk mencegah Covid-19.

Salah satunya ialah pelayanan tiket. Kini, pembelian tiket tidak dilayani di tempat. Pihak pengelola tidak melayani pembelian tiket secara langsung untuk sementara waktu. Demi mengurangi antrian saat pengunjung membeli tiket.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, diharapkan segera membeli tiket online. Selain itu, Anda diwajibkan mengisi form Kesehatan terlebih dahulu sebelum memasuki area wahana.

Titik S Ariyanto selaku Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group, mengatakan bahwa pengunjung harus mengisi data diri serta Riwayat Kesehatan. Data tersebut diserahkan pada petugas jaga di pintu masuk dan dicek sebelum masuk dalam area wisata.

Dari penjelasan beliau, sangat terlihat bahwa protocol Kesehatan memang diterapkan seketat mungkin demi kebaikan Bersama.

 

  1.       Pemeriksaan Ketat Para Pengunjung

Sehabis pada pengunjung menyerahkan data diri dan Riwayat Kesehatan, tentu tidak serta merta masuk dalam wahana begitu saja.

Pengunjung harus melewati pemeriksaan fisik dan pengecekan suhu tubuh dengan thermo scanner terlebih dahulu.

Setelah itu, pengunjung diarahkan untuk mencuci tangan dan melewati area penyemprotan disinfektan untuk meminimalisir hinggapnya virus pada benda-benda.

Meski telah melewati berbagai protocol Kesehatan, pengunjung tetap diwajibkan menggunakan masker atau face shield selama berada dalam area wisata. Tak perlu khawatir, tersedia banyak wastafel cuci tangan yang bisa Anda manfaatkan.

Beliau menambahkan bahwa jika pengunjung dalam kondisi yang baik dan sehat setelah melewati rangkaian prosedur pengecekan, pengunjung diperbolehkan masuk dalam area wisata.

Namun jika terdapat pengunjung dengan suhu melebihi 37,5 derajat, maka akan diserahkan pada tim gugus Covid-19 yang berada di area depan.

 

  1.       Evaluasi Setelah Dua Pekan

Prosedur Kesehatan yang diterapkan di Jatim Park II akan dievaluasi secara bertahap setelah dua pekan. Hasil evaluasi ini akan menjadi pertimbangan dan pertimbangan bagi wahana Jatim Park Group untuk kembali beroperasi atau tidak.

Beberapa wahana dari Jatim Park Group yang belum beroperasi seperti Jatim Park I , Jatim Park III, Batu Night Spectacular , Museum Angkut serta Predator Fun Park.

 

  1.       Sepi di Hari Pertama

Antusiasme pengunjung di hari pertama ternyata tidak setinggi biasanya. Pembukaan di hari pertama hanya sekitar 200 pengunjung saja, sangat berbanding jauh dengan hari normal yang bisa mencapai 1000 hingga 3000 pengunjung di hari pekan.

Meski demikian, sepinya pengunjung dinilai bukan karena masyarakat yang tidak berminat untuk berwisata, namun menunggu momen yang tepat.

baca juga:

Cari Penginapan Dekat Area Jatim Park I? Booking Segera Penginapan Ini!

 

  1.       Wisatawan Menjalankan Protokol Pencegahan Covid 19

Salah satu pengunjung bernama Hera Mai mengaku tak masalah dengan adanya protokol ketat pencegahan Covid yang diterapkan oleh pengelola Jatim Park Group.

Prosedur yang lebih kompleks dibanding saat sebelum pandemic tentu dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dengan pencegahan ini nyatanya sangat efektif untuk melindungi pengunjung dari virus.

Hera Mai menyatakan bahwa ia lebih nyaman dengan protokol yang ketat karena sangat memproteksi dirinya dan keluarga dalam berwisata.

Sebagai wisatawan, Anda harus mematuhi protokol Kesehatan yang diterapkan oleh pihak Jatim Park II. Selain mengurangi penyebaran virus Covid-19, protocol ketat membuat diri Anda lebih safety dalam berwisata.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.