Hidangan Denmark Terpopuler Ini Cuma Disajikan Saat Istimewa

Denmark, negara yang tidak hanya memanjakan mata kita dengan keindahan alam yang asri dan berbagai bangunan klasik yang dijamin bikin betah.

Namun, juga memiliki berbagai kuliner yang dapat memanjakan lidah para wisatawan yang ingin mencoba mencicipi hidangan khas Denmark.

Makanan tradisional Denmark kurang lebih berpusat pada daging dan hidangan ikan dengan kentang dan saus – seperti stegt flæsk med persillesovs dan herring. Tapi, dalam 20 tahun terakhir, koki Denmark telah memasukkan lebih banyak produk organik dan lokal ke dalam masakan, jadi kamu akan sering melihatnya di restoran Denmark.

Terutama di Bornholm dan di Kopenhagen. Ini dikenal sebagai masakan New Nordic atau masakan New Danish.

Penasaran apa saja? Berikut daftar kuliner khas Denmark

 

1.      Stegt flæsk med persillesovs

Mari kita mulai dengan hidangan nasional Denmark. Stegt flæsk med persillesovs ini adalah hidangan yang sangat sederhana yang terdiri dari babi goreng renyah yang disajikan dengan kentang rebus, saus peterseli, dan acar bit.

Kamu dapat mencicipi hidangan nasional di beberapa restoran di sekitar Denmark.

 

2.      Smørrebrød

Smørrebrød adalah ‘sandwich’ terbuka yang terdiri dari sepotong roti gandum hitam mentega yang disebut rugbrød, diatapi topping seperti potongan daging, ikan, telur, keju atau alpukat dan di atasnya diberi hiasan.

Orang Denmark biasanya makan hidangan ini setiap hari.

 

3.      Aebleflæsk

Salah satu makanan Denmark paling tradisional, yang terdiri dari perut babi yang diawetkan atau diasinkan yang digoreng dengan apel, gula, dan timi. Ini juga bisa disajikan dengan roti gandum hitam dan kamu bisa memakannya dengan bir.

 

4.      Karbonader

Karbonader adalah makanan khas sehari-hari di Denmark, yang juga dikenal sebagai krebinetter. Sebelumnya, karbonader disajikan dengan kacang polong dan wortel dengan saus putih.

Tetapi, generasi yang lebih muda menyukainya dengan salad hijau atau roti gandum hitam.

 

5.      Fresh seafood

Denmark dikelilingi oleh laut, jadi wajar jika warga Denmark memiliki banyak makanan laut. Ikan herring dan fiskefrikadeller adalah di antara hidangan hidangan sehari-hari paling populer di Denmark. Kerang cukup mahal, tetapi di sisi lain: Kamu akan mendapatkan kualitas premium.

Dan jika Kamu membelinya langsung di pelabuhan dan memasaknya sendiri, biayanya jauh lebih murah. Kamu bisa mendapatkan ikan super murah di Bønnerup. Warga Denmark selalu pergi ke sana untuk mencari ikan segar.

 

6.      Frikadeller

Bakso jenis khusus, biasanya terbuat dari daging babi atau campuran daging sapi dan babi. Itu juga bisa dibuat dari ikan, dan Frikadeller biasanya disajikan dengan saus peterseli dan kentang.

Namun, Frikadeller versi ikan populer untuk makan dingin dengan remoulade, yang merupakan jenis saus / saus Denmark.

 

7.      Tarteletter

Tarteletter adalah kulit tart puff-pastry yang diisi dengan ayam, asparagus putih, dan saus putih yang terbuat dari mentega, tepung, dan susu dengan wortel dan kacang polong.

Salah satu hidangan Denmark klasik, dan favorit untuk makan siang Natal.

 

8.      Leverpostej

Pate hati Denmark mungkin salah satu topping paling tradisional untuk roti gandum hitam atau roti putih.

Biasanya, Kamu akan memakannya sendiri, tetapi banyak yang suka menambahkan acar bit atau bacon goreng dan jamur. Kamu bisa mendapatkan pate hati di mana saja di Denmark, tetapi raja leverpostej adalah versi buatannya.

 

9.      Koldskål med kammerjunker

Meskipun Kamu dapat membeli koldskål di toko bahan makanan sepanjang tahun, itu paling umum untuk dimakan selama musim panas.

Koldskål dibuat dengan buttermilk, telur, gula, krim, vanila, dan terkadang lemon. Ini adalah makan malam ringan yang sempurna, dengan topping biskuit, pisang atau stroberi.

 

10.  Flæskesteg

Hidangan Denmark populer lainnya adalah flæskesteg, yaitu daging babi panggang. Flæskesteg disajikan dengan kubis merah, kentang karamel dan kentang rebus dengan saus.

Beberapa orang Denmark memakannya pada Malam Natal, tetapi itu juga merupakan hidangan umum pada hari Minggu.

 

Sudah bikin ngiler belum nih? Nah jika kamu penasaran dengan beberapa makanan maka silahkan mencobanya di Denmark.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.