Hati-Hati Terpesona Indahnya Pulau Umang di Propinsi Banten

Pulau UmangTinggal di Ibukota Jakarta yang akrab dengan kemacetan dan rutinitas yang dapat membuat siapa saja rentan mengalami stres. Tidak heran jika warga Jakarta memilih tempat wisata di luar kota setiap akhir pekan tiba, seperti Banten yang kaya akan wisata alam. Sebut saja Pantai Tanjung Lesung yang masih alami atau Pantai Carita yang menyuguhkan berbagai wisata bahari. Namun kini, Pulau Umang menjadi pembicaraan hangat, terutama di media sosial, karena keindahannya yang belum banyak rusak oleh tangan manusia.

Lokasi Pulau Umang

Secara administratif, Pulau Umang berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Selain berbatasan langsung dengan Selat Sunda di bagian selatan Banten, pulau ini juga persis berada di pesisir kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon. Dalam pulau seluas 5 hektar yang tidak terlalu besar ini, Pulau Umang menyuguhkan perairan biru yang jernih, pasir putih, dan ombak yang tenang. Pas banget buat Anda yang menyukai aneka aktifitas di laut, seperti berenang, snorkeling, bermain banana boat, hingga memancing.

Rute transportasi

Untuk mencapai Pulau Umang, wisatawan dari Jakarta dapat menempuh enam jam perjalanan, melalui jalan tol Jakarta – Merak, lalu keluar gerbang tol Cilegon Barat, dan menyusuri pesisir Anyer – Carita hingga sampai di Labuan. Dari sini, Anda tinggal mengikuti jalur menuju Desa Sumur dan membayar speed boat dengan tarif seratus ribu rupiah per orang di loket penyeberangan menuju Pulau Umang. Tersedia juga lahan parkir untuk memarkir kendaraan, atau jika tidak ingin repot, kini ada paket perjalanan termasuk transportasi dari Jakarta.

Sesampainya di Pulau Umang, Anda akan disambut berbagai pilihan untuk menghabiskan waktu. Tapi sebaiknya, isi perut terlebih dahulu dengan mengunjungi tempat makan yang disediakan oleh pengelola resort. Jangan lewatkan kuliner seafood yang rasanya aduhai, seperti ikan kerapu dan kakap merah, yang digoreng maupun dibakar. Akhiri petualang kuliner dengan meminum aneka pilihan minuman segar, sebelum beranjak menikmati pesona alam yang ditawarkan Pulau Umang.

Eksplorasi Pulau Umang

Buat yang suka melakukan snorkeling, Anda dapat mengeksplorasi keindahan bawah laut Pulau Umang yang cantik dan mempesona. Di pantainya yang dangkal, ada berbagai terumbu karang indah dan ikan-ikan kecil warna-warni yang menghibur setiap mata yang melihatnya. Lanjutkan dengan olahraga air yang lebih ekstrem seperti mengendarai jet ski ke tengah laut. Atau bagi yang hanya ingin seru-seruan bareng teman atau keluarga, bisa menjajal banana boat yang disediakan oleh pengelola.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Penggemar memancing akan menemukan surganya di sini. Di dekat dermaga biasanya berkumpul ikan-ikan yang seakan menanti untuk diburu. Jika Anda membawa anak-anak, di sini pun juga tersedia taman bermain bertema outbond. Puas bermain air, Anda bisa menikmati panorama pantai dengan duduk-duduk santai, atau tiduran sambil ditemani semilir angin. Jangan lupa juga untuk berbelanja oleh-oleh berupa kaus, gantungan kunci, atau souvenir lainnya yang terbuat dari kerang.

Olahraga dan wisata

Untuk yang mencari alternatif olahraga saat berada di Pulau Umang, bermain bola, voli pantai, atau sekadar berlari di atas pasir pantai bisa jadi pilihan. Bila sudah lelah beraktifitas, lepaskan penat di gazebo-gazebo yang sudah disediakan, sambil menunggu munculnya pemandangan matahari tenggelam. Semburat jingga di langit yang mulai gelap ini menjadi tanda berakhirnya hari di Pulau Umang.

Tak perlu khawatir jika ingin menghabiskan malam di Pulau Umang, karena ada resort penginapan yang menghadap sunset atau sunrise, sehingga bisa memilih lokasi yang diinginkan. Namun Anda diharapkan melakukan reservasi kamar jauh-jauh hari, karena jumlah kamar yang sangat terbatas, apalagi saat musim liburan tiba.

Untuk biaya memang cukup besar, yaitu dua juta rupiah per orang, untuk tiga hari dua malam, tapi fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari penggunaan sarana dan pra sarana di Pulau Umang, makanan, kolam renang dan kolam renang khusus anak yang mengahadap laut. Buat Anda yang datang bersama pasangan atau melakukan bulan madu, Pulau Umang juga jadi alternatif yang tepat dan dekat, apalagi dengan tambahan fasilitas spa dan Jacuzzi yang dapat dinikmati berdua.

Rencanakan liburan ke Pulau Umang, terutama pada bulan Juni dan Juli, dimana kondisi langit dan laut menjadi begitu cerah. Nikmati eksotiknya pesona laut yang indah dan alami, ditunjang lengkapnya fasilitas hanya di Pulau Umang. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *