Gurihnya Menggoda! 6 Kuliner Samarinda yang Wajib Kamu Coba

Kota Samarinda, ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur sekaligus menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Kalimantan.

Kota ini juga terkenal sebagai penghasil kayu ulin dan batubara sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata investor, pelancong, hingga kaum urban yang berkunjung ke kawasan Kalimantan Timur.

Samarinda memang menjadi lokasi transit menuju destinasi-destinasi indah di Kalimantan Timur seperti Maratua, Pulau Derawan, serta Kakaban.

Namun, Samarinda juga bisa menjadi pilihan untuk Anda eksplore karena memiliki pesona tersendiri yang harus Anda ketahui.

Selain terkenal dengan beragam suku dan etnis, Samarinda juga menjadi salah satu kota dengan wisata kuliner yang beraneka macam. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Ayam Cincane

Pernah mendengar hidangan yang satu ini? Ayam Cincane merupakan menu ayam kampung bakar yang dinikmati dengan tsambal tomat. Dilihat-lihat memang mirip dengan hidangan ayam pada biasanya, namun uniknya ayam ini diolah dengan bumbu-bumbu yang berbeda dan sangat khas.

Sebelum dibakar, ayam cincane akan direbus terlebih dulu dengan bumbu khusus yang akan memberikan keunikan dalam hidangan ini. Setelah itu, baru dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga berubah kecokelatan.

Kemudian, ayam dilumuri dengan sambal tomat yang nikmat. Kuliner ini biasanya dihidangkan di acara resmi seperti pernikahan.

2.    Nasi Kuning

Tak hanya Jawa, Kalimantan juga memiliki kuliner nasi kuning khas Samarinda yang harus Anda coba.

Nasi kuning ini memang mirip dengan nasi kuning pada umumnya. Nasi dimasak dengan santan dan kunyit. Setelah masak, nasi akan disajikan dengan ayam, ikan, telur, lauk kering tempe atau tambahan daging.

Di Kalimantan timur, kuliner ini biasanya dinikmati di pagi hari atau acara khusus sebagai nasi tumpeng.

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk menikmati nasi kuning khas Samarinda adalah jalan Lambung Mangkurat karena terdapat penjual nasi kuning yang buka setiap waktu.

3.    Nasi Bekepor

Hidangan yang satu ni memang cukup sulit untuk dicari, namun rasanya tentu sangat lezat.

Pantas saja banyak orang yang mencari kuliner yang satu ini. Nasi Bekepor merupakan nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, minyak sayur, dan rempah-rempah.

Kuliner ini biasanya disajikan dengan sayur gangan asam kukar, yaitu sejenis dengan sayur asem yang dilah dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur.

Salah satu tempat untuk menikmati kuiner ini adalah Rumah Makan Selera AAcil Inun yang berada di Jalan Kadrie Oening Samarinda.

4.    Amplang

Selanjutnya adalah makanan ringan tradisional khas Samarinda yang bernama Amplang.

Amplang dibuat dari campuran ikan tengiri dengan tepung kanji dan bahan lainnya yang kemudian digoreng hingga garing.

Karena menggunakan ikan tengiri, tentu saja rasanya seperti kerupuk tengiri. Snack tradisional ini biasanya dibentuk bulat kecil-kecil. Saking lezatnya, amplang banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh.

Kuliner ini banyak dijual di berbagai pusat oleh-oleh di Samarinda seperti di Jalan P Antasari No. 1, Air Hitam, Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

baca juga:

Relaksasi Berendam Bak Raja di Pemandian Dewi Sri, Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

 

5.    Sup Ikan Akmal

Akmal sendiri merupakan nama dari sebuah restoran yang cukup legendaris dan diburu oleh pendatang yang berkunjung ke Samarinda.

Tentu saja terkenal dengan rasa masakannya yang sangat lezat khususnya sup ikan dan ikan bakarnya.

Sup ikan di restoran ini disajikan saat panas dengan bumbu asam pedas. Rasanya? Sangatlah nikmat bahkan Anda bisa ketagihan selama makan di restoran ini.

Tak hanya itu, restoran ini juga menyediakan kuliner khas Kalimantan Timur yaitu amplang.

Restoran ini berada di Jalan Awang Long, tepatnya di depan Telkom.

6.    Gado-gado Kemuning

Makanan Gado-gado tak hanya ada di Jawa saja, makanan khas Betawi ini juga banyak dijual di Samarinda. Gado-gado legendaris dan paling laris manis adalah Gado-gado Kemuning.

Gado-gado ini sama seperti pada biasanya yaitu berisikan irisan sayur, telur rebus, serta bumbu kacang. Keunikannya terletak pada sambal kacangnya yang sangat lezat.

Hanya dengan 12 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati seporsi gado-gado yang mengenyangkan.

Kuliner Samarinda memang semenarik itu untuk dieksplore. Masih banyak kuliner lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Samarinda. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.