Gunung Savana Terindah di Pulau Jawa, Sudah Pernah Berkunjung?

Berbagai sektor pariwisata memang sempat terhenti sejenak karena adanya pandemic di Indonesia. Namun, memasuki masa New Normal membuat segala macam bentuk pekerjaan dapat dilanjutkan kembali. Setiap orang bisa beraktivitas dengan normal sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku.

Menatap tembok dan tembok lagi selama karantina di rumah tentu membuat banyak orang bosan dan penat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berwisata alam. Gunung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat dan kembali menyapa alam yang hijau.

Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk berkunjung ke gunung dengan sabana yang indah? Berikut 5 gunung savana terindah di Pulau Jawa yang telah didatangi banyak pendaki mancanegara. Check this out.

 

1.      Gunung Merbabu

Gunung Merbabu sering disebut-sebut sebagai rumahnya para pendaki di Indonesia. Pasalnya, gunung yang satu ini menyimpan keindahan luar biasa bahkan berbeda dari gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia.

Beberapa keindahan yang harus Anda tonton dengan mata telanjang adalah sabana indahnya yang memukau.

Gunung Merbabu yang terletak di 3 kabupaten sekaligus yakni Boyolali, Magelang, dan Semarang ini memiliki ketinggian hingga 3.145 MDPL.

Jika Anda memilih gunung ini sebagai destinasi selanjutnya, jangan kaget. Karena Anda akan berpapasan dengan para pendaki mancanegara yang juga mencintai keindahan Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu memang sangat terkenal di kalangan para pendaki dan selalu ramai oleh pendaki luar negeri.

Bahkan, pendaki mancanegara juga mengklaim bahwa gunung Merbabu memiliki sabana terbaik. Bagaimana arek-arek Jawa Tengah? Pasti bangga ya dengan kehadiran gunung eksotis yang satu ini.

 

2.      Gunung Sumbing

Selanjutnya ada Gunung Sumbing, gunung dengan posisi ke-3 yang tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggianya mencapai 3.371 MDPL.

Karena itu, para pendaki pemula tidak disarankan untuk mencicipi gunung ini. Jalurnya pun terbilang ekstrim dan terjal.

Meski begitu, gunung ini memiliki sabana tak kalah memukau dari yang ada di Gunung Merbabu. Layaknya Merapi dan Merbabu, Gunung Sumbing juga berada berdampingan tepat di sebelah Gunung Sindoro.

Jika Anda sudah terbiasa menerjang jalur pendakian, maka Gunung Sumbing bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya. Dijamin, pemandangannya membuat Anda terpukau!

 

3.      Gunung Semeru

Semeru, salah satu gunung Seven Summit di Indonesia yang patut Anda taklukkan. Gunung savana terindah di Jawa Timur ini menduduki posisi ke-4 sebagai gunung paling tinggi setelah Gunung Rinjani.

Ketinggian mencapai 3.676 MDPL tidak mematahkan semangat para pendaki untuk menaklukkan gunung savana terindah di Jawa Timur ini.

Gunung ini memiliki sejuta keindahan yang luar biasa. Sabana adalah salah satunya. Hamparan hijau yang luas ini bisa Anda temui setelah melalui bukit cinta.

Tempat ini menjadi lokasi favorit para pencinta foto yang instagramable. Yakin untuk tidak berkunjung?

baca juga:

7 Spot Selfie Andalan di Gunung Semeru Favorit Para Pendaki

 

4.      Gunung Lawu

Gunung Lawu memang terkenal akan cerita mistis dan kejadian aneh di dalamnya yang beredar di masyarakat. Namun, di mata para pendaki. Gunung Lawu adalah surga!

Bagaimana tidak? Gunung savana terindah di Jawa Timur ini menyajikan panorama yang luar biasa tak tertandingi.

Para pendaki yang telah menaklukkan gunung ini tentu akan selalu merasa rindu dengan hamparan sabana Gunung Lawu. Panorama bak candu ini harus Anda lihat secara langsung.

 

5.      Gunung Argopuro

Semeru memang masuk dalam seven summit Indonesia. Seakan tidak mau kalah, Gunung Argopuro juga menyandang gelar sebagai gunung dengan trek terpanjang di Indonesia.

Bahkan, memerlukan waktu 4-5 hari perjalanan untuk mencapai puncaknya.

Meski terkesan melelahkan, rasa Lelah tentu akan terbayarkan dengan suguhan pemandangan sabana indah di sepanjang jalan.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.088 MDPL. Cocok untuk Anda yang suka dengan trek jauh namun tidak membosankan.

Itulah gunung savana terindah di Pulau Jawa yang perlu Anda kunjungi. Cocok untuk Anda yang suka foto-foto estetik dan instagramable.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.