Gunung Papandayan, Tips Pendakian Spektakuler Untuk Pecinta Alam

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung api di Jawa Barat yang sering menjadi jujukan para pendaki tanah air. Lokasi tepatnya berada di Desa Sirnajaya dan Kramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, kota yang terkenal dengan es goyobod – nya tersebut. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 di atas permukaan laut, disana terdapat beberapa kawah diantaranya Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas dan Kawah Nangklak.

Kalau anda menyukai olahraga yang satu ini, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu jika ingin mendaki ke Gunung Papandayan.

Pikirkan Masalah Transportasi

Untuk dapat menuju kesini, anda harus terlebih dahulu menuju Terminal Guntur Garut. Setibanya disana terdapat angkutan kota minibus yang mengarah ke pertigaan        Pasar Cisurupan. Kemudian anda harus menaiki mobil pick – up untuk bisa menuju     kawasan Gunung Papandayan, tapi ingat harus sabar ya! Karena angkutan umum dan       pick – up barulah akan berangkat jika penumpang penuh. Harga transportasi umum        tersebut adalah Rp 20.000  per orang. Maklum saja karena tentunya akses jalan yang        cukup sulit.

Buat Perkiraan dan Siapkan Budget

Tiket masuk ke Gunung Papandayan adalah sebesar Rp 30.000 untuk per orangnya dan belum ditambah biaya parkir kendaraan. Buat perkiraan anggaran agar semua rencana terlaksana dengan baik, jangan sampai masalah biaya justru mengangu liburan anda. Bila menggunakan kendaraan pribadi, maka biaya yang dikeluarkan tentunya akan lebih sedikit, namun jika menggunakan kendaraan umum maka jangan lupa siapkan biaya tambahan ya.

Persiapkan Segala Logistik Dengan Baik

Sebelum mendaki ke gunung, tips yang satu ini pasti harus dipatuhi. Mempersiapkan segala logistik pendakian harus dilaksanakan agar selama mendaki anda tak ambil pusing dengan masalah ketika di perjalanan karena semua perlengkapan telah tersedia. Pastikan makanan yang dibawa juga tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak, perhatikan jumlah berapa banyak orang dalam rombongan pendakian anda.

Baca juga: Gunung Galunggung, Usir Rasa Penat dan Nikmati Indahnya Alam Tasikmalaya

Jika tak ingin ribet, para pendaki bisa membeli kebutuhan pangan di Pasar Cisurupuan atau toko serba ada yang terletak dekat pasar. Beberapa warung di pos – pos pendakian juga siap mengisi perut anda sebelum melanjutkan perjalanan.

Lebih Baik Menggunakan Sepatu

Medan Gunung Papandayan cukup curam dengan jalanan licin dan berbatu, sehingga wajib hukumnya untuk berhati – hati dalam memerhatikan langkah anda. Alangkah baiknya bila menggunakan sepatu daripada sandal gunung demi alasan keselamatan. Selain lebih aman, kaki anda akan terasa lebih nyaman karena tidak akan lecet terutama untuk mereka yang masih baru pertama kali mendaki.

Gunakan Masker

Karena masih tergolong dalam gunung api, Papandayan terus aktif memproduksi gas belerang di kawah. Gas tersebut bisa saja terhirup saat akan melintasi Puncak Kawah. Bila terhirup, belerang bisa menganggu pernapasan, menimbulkan sesak napas misalnya. Oleh karena itu untuk mengantisipasinya, lebih baik menggunakan masker agar tidak terkena uap pada area belerang.

Jangan Lupa Bawa Peralatan Memotret

Jauh – jauh datang kesini ada satu hal lagi yang tak boleh anda lewatkan, yakni memotret keindahan sekitar. Garut memang terkenal berkat keindahan alamnya yang masih terjaga. Kawasan Gunung Papandayan memiliki kawah dan hutan mati yang siap memanjakan mata serta lensa kamera anda. Di area kawah, terdapat hamparan bunga Eidelweiss, cocok untuk objek foto anda karena tanaman cantik yang satu ini jarang dijumpai lho.

 —

Kawasan Gunung Papandayan kini menjadi Taman Nasional, sehingga sudah dilengkapi beragam fasilitas yang memadai. Seperti masjid, rumah makan, kolam berendam air panas hingga menara pandang. Jadi anda tak perlu ragu dan khawatir lagi untuk berkunjung kesini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *