Terapi Sehat Air Panas Gunung Pancar

Gunung PancarPadatnya aktivitas harian yang dijalani terkadang membuat tubuh merasa lelah dan kurang fit. Ketimbang bergantung pada obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimiawi, ada baiknya mencari solusi kembali ke alam. Salah satu terapi yang sering dimanfaatkan adalah berendam dalam air panas yang kaya mineral, untuk memulihkan kebugaran tubuh.

Lokasi Gunung Pancar

Tidak perlu jauh-jauh, rekan traveler cukup memacu kendaraan menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, tempat ini hanya berjarak 45 kilometer dari Jakarta.

Pengunjung dapat mengambil rute perjalanan masuk jalan tol ke arah Bogor, yang dilanjutkan ke tol Snetul City dan ambil arah kanan menuju jalan Sentul Raya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 kilometer, Anda akan menemukan bundaran lalu belok kiri. Sekitar 600 meter ambil belokan kanan ke Jalan Babakan Madang hingga menemukan papan penunjuk arah ke lokasi air panas.

Baca Juga:

Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Setelah menyusuri jalan yang kondisinya relatif baik, walau sedikit menanjak dan berliku, sampai juga di gerbang Taman Wisata Gunung Pancar. Rekan traveler akan disambut dengan pemandangan hutan pinus di sekelilingnya, sahut-sahutan suara burung dan serangga, serta hawa sejuk khas pegunungan.

Untuk memasuki kawasan hutan lindung dan konservasi alam yang dikelola PT Wana Wisata Indah ini, pengunjung dikenai tiket masuk dan biaya parkir yang sangat terjangkau. Setelah melewati kawasan hutan pinus yang cukup instagram-able, rekan traveler akan disambut gerbang Air Panas Gunung Pancar, di mana Anda harus membayar karcis masuk dan biaya parkir yang sanggup menampung banyak kendaraan.

Fasilitas di sekitar Gunung Pancar

Mencapai lokasi air panas memang mengharuskan pengunjung berjalan kaki, yang dimanfaatkan warga sekitar untuk mendirikan kios-kios yang menjual souvenir, makanan, dan buah-buahan. Hanya butuh beberapa menit untuk mencapai kolam air panas. Ada dua kolam umum yang disekat dengan tembok dan seng setinggi 1-2 meter, dan diperuntukkan terpisah bagi laki-laki dan perempuan. Air panas dialirkan lewat pipa-pipa, sehingga menjamin kesegaran dan kealamiannya.

Selain kolam umum, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan kolam keluarga, yang dapat digunakan untuk 3 hingga 4 orang. Kondisinya lebih bagus daripada kolam umum, karena tatanan batu kali yang menyusun dinding kolam. Bedanya, kolam hanya akan diisi air panas saat ada penyewa, sehingga tidak perlu takut berendam dengan sisa air pengunjung sebelumnya. Ada enam kolam yang disediakan, dengan tarif 100 ribu rupiah per jam.

Khasiat berendam air panas Gunung Pancar

Buat yang pertama kali mendatangi Pemandian Air Panas Gunung Pancar, biasanya akan merasa kaget dengan suhu air yang cukup tinggi. Semakin mendekati pancuran, semakin panas airnya. Disarankan untuk memasukkan tubuh secara bertahap, agar tidak “kaget” dan terhindar dari pusing. Apabila merasa kepanasan, keluarkan diri dari kolam dan merebahkan tubuh di sisi kolam untuk mengembalikan suhu tubuh.

Asyiknya lagi, tidak sekadar berendam dalam air panas kaya mineral saja lho. Di sini, pengunjung juga dapat memanfaatkan jasa pijat, lulus, dan masker. Pengelola Pemandian Air Panas Gunung Pancar telah menyediakan masker belerang dan lumpur alam yang dibungkus kecil-kecil, dan dipatok seharga 15 ribu per plastik. Untuk biaya terapi, baik pijat, lulur, maupun masker, memang tidak ada biaya khusus, hanya memberikan uang tips sepantasnya bagi para pekerja.

Terapi kesehatan air Gunung Pancar

Selain membuat tubuh terbebas dari rasa lelah dan pegal-pegal, di sini juga disediakan jasa terapi air panas bagi penderita penyakit stroke dan penyakit lainnya. Tidak heran banyak orang berbondong-bondong memanfaatkan akhir pekan dan libur nasional untuk bersantai dan menyembuhkan tubuh. Bahkan ada juga yang berlangganan datang ke sini, karena telah merasakan manfaatnya, mulai dari tubuh yang lebih bugar, menghilangkan asam urat, dan mengatasi varises.

Secara teori, berendam dalam air panas yang berasal dari pegunungan dan panas bumi memang memberikan manfaat bagi kesehatan. Sensasi suhu yang hangat dan menyegarkan saat berendam akan membuka pori-pori kulit sehingga dapat mengeluarkan keringat sebagai detoks atau mengeluarkan racun-racun jahat dari dalam tubuh.

Air panas Gunung Pancar, Sembuhkan penyakit gatal

Tak cukup itu, kandungan berbagai mineral di dalam sumber air panas seperti sulfur juga dapat membunuh bakteri atau kuman karena bersifat antiseptik, itulah mengapa sebabnya banyak orang yang memiliki penyakit kulit seperti alergi atau gatal-gatal bisa sembuh jika berendam di dalam air panas dari sumber mata air alami pegunungan.

**

Buat rekan traveler yang punya keluhan kesehatan, tidak ada salahnya mencoba melakukan relaksasi di pemandian Air Panas Gunung Pancar. Ajak juga seluruh anggota keluarga atau teman-teman untuk menghabiskan hari libur di kolam air panas di tengah kawasan hutan pinus ini. Selain alami, lokasinya pun cukup dekat, dan murah. Tunggu apalagi, segera kunjungi tempat wisata ini! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *