Gunung Kayangan di Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Gunung KayanganTanah Laut merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan dengan pusat pemerintahan berada di Pelaihari. Kabupaten ini menyimpan segudang potensi wisata, salah satunya adalah Gunung Kayangan. Obyek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Udara yang sejuk disertai pemandangan alam yang indah akan membuat pikiran Anda rileks. Selain itu, Anda juga dapat memanjakan lidah dengan aneka wisata kuliner khas Banjar yang ada di sana. Uraian lebih detil tentang obyek wisata Gunung Kayangan bisa Anda temukan di artikel berikut ini!

Lokasi

Gunung Kayangan berada di wilayah Desa Ambungan, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Bila dari Banjarmasin, Gunung Kayangan berjarak 55 km dan dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat dan sekitar 1,5 jam perjalanan dengan roda dua. Kondisi jalan ke obyek wisata ini pun sudah mulus beraspal. Rute yang harus ditempuh untuk mencapai Gunung Kayangan adalah Banjarmasin-Kabupaten Banjar-Kota Banjarbaru. Bila telah tiba di jalan Ahmad Yani KM 20, terdapat bundaran perempatan dan petunjuk arah ke Kota Pelaihari. Kemudian, ambil jalur kanan. Dari sini, Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 35 km lagi untuk sampai ke lokasi wisata Gunung Kayangan, yang berada di sebelah kanan jalan.

Sebenarnya, Gunung Kayangan ini bukanlah sebuah gunung melainkan hanya bukit. Namun, warga sekitar lebih suka menyebutnya gunung. Tingginya pun tidak seberapa hingga jalur pendakiannya cukup mudah. Kondisi jalan menuju puncak pun sudah teraspal dan tanjakannya terbilang landai. Bila mengedarkan pandangan ke sekitar akan terlihat hamparan perkebunan dan hutan yang menakjubkan. Di seberang nampak Gunung Keramaian yang kokoh berdiri. Udara di kawasan wisata Gunung Kayangan sebenarnya cukup sejuk dan berangin, namun akibat pembakaran lahan di sekitarnya hawanya menjadi sedikit panas. Pembakaran hutan juga menyebabkan kabut asap dan bau gosong yang tercium hingga lokasi wisata. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu kenyaman pengunjung. Oleh sebab itu, bila Anda berkunjung ke Gunung Kayangan jangan lupa sediakan masker untuk berjaga-jaga bila terjadi pembakaran hutan.

Fasilitas

Pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang berupa satu pendopo besar dan tiga pendopo kecil untuk bersantai di kawasan Gunung Kayangan. Pengunjung juga tak perlu takut kelaparan saat berada di puncak sebab ada beberapa warung yang buka mulai pagi hingga malam. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan warung-warung ini pun cukup murah, dengan rata-rata di bawah 10.000 rupiah. Es kelapa, misalnya. Pengunjung sudah dapat menikmati kesegarannya hanya dengan membayar 7.000 rupiah saja.

Sebelum di jadikan obyek wisata, Gunung Kayangan ternyata dulunya hanyalah posko pemantauan api. Tak heran bila ditempat ini ditemukan menara pemantau dengan dua tangga besi dan di puncaknya terdapat pendopo kecil tempat memandang ke sekeliling gunung. Meski sudah lama ada, tempat ini baru mulai diolah oleh pemerintah sekitar delapan tahun silam.

Tempat ritual

Selain sebagai obyek wisata, Gunung Kayangan juga sering didatangi warga yang ingin melakukan ritual khusus, terutama saat malam hari. Bila hajat warga terkabul, mereka pun meletakkan sesajen di turunan gunung. Jenis sesajen yang sering dibawa warga, seperti kopi, air putih, teh, dupa, air kembang, dan ayam hidup yang nantinya akan dilepas. Ada pula warga yang menggelar selamatan di tempat ini sebagai bentuk syukur atas terkabulnya hajat yang mereka inginkan. Kepercayaan warga di sekitar gunung memang sangat kuat hingga ritual seperti itu masih berlangsung hingga kini.

Asal mula  Gunung Kayangan

Bagaimana sampai gunung ini disebut sebagai Gunung Kayangan rupanya tak ada yang mengetahuinya secara persis. Kata kayangan sendiri mengacu pada suatu tempat yang tinggi yang merupakan tempat bersemayamnya para dewa dalam agama Hindu. Ada atau tidak kaitannya nama tersebut dengan penamaan gunung ini tak ada yang tahu. Yang jelas masyarakat sekitar sudah menyebut tempat ini dengan Gunung Kayangan sejak dahulu kala.

Menurut beberapa wisatawan yang berkunjung ke sana, Gunung Kayangan ini bagai Hollywood-nya Tanah Laut. Hal ini pastilah disebabkan karena  tulisan “Tanah Laut” dengan huruf-huruf besar yang berada di tempat tinggi, persis berada di samping pintu masuk ke obyek wisata Gunung Kayangan. Tulisan ini mirip dengan tulisan Hollywood yang ada di Califonia, AS. Karena tertutup pepohonan dan semak belukar, tulisan Tanah Laut ini sayangnya tak bisa terlihat dari jauh dan cukup sulit diabadikan dalam sebingkai foto meski dari jarak dekat sekalipun.   Kendati demikian, tak sedikit pengunjung yang senang membidik mata kameranya ke arah ikon khas Tanah Laut tersebut, apalagi jika mampu membuat meme-meme lucu seperti seolah-olah menjadi raksasa yang mendekati tulisan Tanah Laut ataupun sekadar selfie dengan menampakkan tulisan Tanah Laut.

Tips wisata ke  Gunung Kayangan

Berlibur ke tempat atau dataran tinggi, Anda patut memperhatikan beberapa hal agar liburan tidak terganggu. Seperti yang mungkin diketahui, tempat yang tinggi atau pegunungan seperti  Gunung Kayangan memiliki hawa yang dingin. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, maka liburan tentu menjadi kurang nyaman apabila jatuh sakit. Nah, coba cek tips wisata ke  Gunung Kayangan berikut agar terhindar dari hal-hal yang bisa mengganggu liburan Anda:

  1. Bawa perlengkapan

Utamakan keselamatan dan kesehatan Anda serta keluarga dengan membawa perlengkapan yang tepat. Sediakan jaket atau pakaian tebal untuk mengusir hawa dingin yang menusuk tulang agar terhindar dari kemungkinan sakit atau terkena flu. Bawa pula perlengkapan pendukung lain seperti sarung tangan, syal, kupluk dan sebagainya agar tubuh tetap hangat.

  1. Bawa obat-obatan pendukung

Jangan lupa pula untuk senantiasa membawa obat-obatan sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan atau kondisi darurat. Bawa yang simpel seperti minyak kayu putih, minyak tawon atau minyak atsiri jahe yang bisa menghangatkan badan. Jika membawa anak-anak jangan lupa pula menyediakan obat anti masuk angin agar sang buah hati tidak mudah rewel karena masuk angin.

  1. Pilih waktu yang tepat

Berlibur ke  Gunung Kayangan Anda perlu memperhatikan waktu dan kondisi. Misalnya, untuk mengejar matahari terbit atau melihat matahari terbenam, maka sebaiknya harus diperhitungkan jarak tempuh perjalanan agar bisa sampai di lokasi wisata  Gunung Kayangan tepat waktu sesuai keinginan.

  1. Perhatikan cuaca

Dalam musim hujan, berwisata ke daerah pegunungan bisa berbahaya bagi keamanan Anda dan keluarga. Pada musim hujan, bahaya yang mengancam seperti longsor, banjir, petir belum termasuk jalanan licin yang bisa menghantui keselamatan para pengunjung. Perhatikan cuaca sebelum berangkat.

  1. Kearifan lokal

Sebagai tamu alias pengunjung yang berasal dari luar daerah, para pengunjung dihimbau untuk tetap santun dan menjaga kesopanan terhadap para masyarakat lokal. Meskipun ada adat atau tradisi yang mungkin kurang Anda setujui atau tidak suka, kita tetap harus menghormati dan menjaga kesopanan sebagai tamu.

  1. Menjaga kebersihan

Wilayah pegunungan dan perbukitan Kayangan sejak lama sudah  sangat populer akan kecantikannya. Para pengunjung yang sudah tiba di puncak akan terkesima ketika melihat pemandangan ke arah bawah yang sangat memukau. Hutan yang menghijau dan asri dipadu panorama perbukitan membentang luas menyejukkan hati dan pikiran. Namun, semua itu tidak akan berguna jika para pengunjung tidak mengindahkan kebersihan. Jangan tinggalkan sampah apapun di atas  Gunung Kayangan, bila perlu bawa sendiri kantong plastik untuk sampah dan bawa turun. Jangan meninggalkan sampah apapun di  Gunung Kayangan kecuali jejak kaki, dan  jangan ambil apapun di  Gunung Kayangan kecuali foto. Keep our mount clean!

Masyarakat lokal ataupun pengunjung boleh menikmati pemandangan indah  Gunung Kayangan sepuas-puasnya ketika liburan. Tetapi, jangan melupakan kelestarian lingkungan dan kebersihan alam agar tempat wisata  Gunung Kayangan juga tetap lestari hingga anak-cucu kelak ya. Selamat berkunjung ke  Gunung Kayangan(jari adventuredet)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *