Gunung Galunggung, Usir Rasa Penat dan Nikmati Indahnya Alam Tasikmalaya

Gunung GalunggungBuat yang ingin mencari tujuan wisata untuk menghilangkan stres, sejuknya hawa pegunungan dan keindahan alam dari ketinggian dapat menjadi alternatif wisata yang menenangkan. Jika Anda berdomisili di Jawa Barat, cukup beruntung karena memiliki beberapa pilihan obyek wisata. Jika Bandung terkenal dengan wisata Tangkuban Perahu-nya, maka Tasikmalaya popular dengan Gunung Galunggung.

Gunung api aktif

Termasuk gunung berapi yang masih aktif, Gunung Galunggung merupakan tempat favorit bagi pengunjung yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Berada pada ketinggian 2167 meter di atas permukaan laut, kawan gunung ini menempati areal seluas kurang lebih 120 hektar, di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Berada terletak sekitar tujuh belas kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya, terdapat tiga alternatif akses menuju obyek wisata Gunung Galunggung. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan transportasi umum untuk menuju ke kawasan wisata ini. Jalur pertama yang bisa ditempuh dari arah Kota Tasikmalaya adalah dari Indihiang hingga ke Sukaratu, yang kedua dari perempatan Pesantren Cipasung lalu belok ke arah kanan. Sedangkan yang disarankan adalah melewati Cisayong.

Rute transportasi

Jika Anda berasal dari Kota Jakarta, butuh waktu sekitar tujuh hingga delapan jam, untuk sampai di kawasan wisata Gunung Galunggung, baik dengan menggunakan mobil pribadi atau bus. Oleh karena itu disarankan untuk memulai perjalanan di malam hari, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan tepat di pagi hari.

Gunung Galunggung memiliki dua spot menarik untuk dikunjungi, yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau dengan air kehijauan yang cantik dan pemandian air panas. Untuk dapat masuk ke area obyek wisata Gunung Galungung, setiap pengunjung akan dikenai retribusi sebesar enam ribu lima ratus. Sedangkan jika ingin melanjutkan perjalanan menuju kawahnya yang terkenal, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar dua ribu rupiah dan biaya parkir.

Panorama alam

Untuk menuju kawah yang berada di puncak gunung ini, para wisatawan tidak perlu bersusah payah mendakinya, karena tersedia ratusan anak tangga hingga sampai ke puncaknya. Dalam perjalanan menuju kawah tersebut, pengunjung tidak merasakan rasa capek. Karena disuguhi panorama alam yang luar biasa, seperti hutan Ericaceous dan hutan Montane. Selain itu, hawa udara sejuk khas bikin tubuh terasa segar saat menghirupnya dalam-dalam.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Selain menggunakan tangga, terdapat jalur kedua menuju ke puncak Gunung Galunggung. Mulai perjalanan menuju ke jalur pembuangan air, dari pintu masuk kawah Anda cukup membelok ke arah kiri. Panorama alam yang disajikan di jalur ini dianggap lebih indah dan menawan, serta ada prasasti pembuangan air yang dapat dilihat. Sayangnya warung-warung di sini lebih sedikit, sehingga pengunjung wajib membawa perbekalan berupa makanan dan air minum yang cukup.

Sungai dan danau di sekitar lokasi Gunung Galunggung

Selain sibuk mengabadikan momen-momen pesona alam Gunung Galunggung, saat cuaca cerah Anda dapat menyaksikan sungai-sungai yang mengalir dari Gunung Galunggung. Ada beberapa aktivitas alam yang dapat dilakukan di sini, misalnya kawah Gunung Galunggung terkenal sebagai tempat memancing. Karena terdapat habitat ikan warna-warni yang bisa ditangkap. Danau berair dingin itu juga tidak mengeluarkan bau belerang yang menyengat seperti gunung berapi lainnya.

Di tengah-tengah kawah terdapat sebuah gugusan pulau kecil, yang di atasnya terdapat bendera Indonesia yang berkibat dengan gagahnya. Pinggiran danau ini juga menjadi tempat favorit untuk membuka tenda. Jangan khawatir dengan perbekalan yang menipis, karena di area tersebut banyak terdapat warung makanan yang menyajikan makanan, kudapan, dan minuman hangat.

Fasilitas pengunjung

Selain fasilitas memancing dan berkemah, Gunung Galunggung ini juga memiliki pemandian air panas dimana para pengunjung dapat berendam dengan membayar tiket sebesar lima ribu per orang. Anda dapat memilih menikmati air panas di sungai atau kolam air panas buatan. Jika ingin melihat curug atau air terjun yang tidak kalah indahnya, pengunjung diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar sepuluh ribu rupiah. Jangan melewatkan kesempatan untuk membeli aksesoris dan oleh-oleh bagi kerabat atau keluarga di rumah.

Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi liburan akhir pekan atau ingin menghilangkan kepenatan dan stres, bersama keluarga atau teman-teman. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *