Berkunjung ke Gunung Bamega (Kotabaru), Kalimantan Selatan

Kotabaru – Lagu “Kotabaru gunungnya Bamega” sepertinya sudah akrab di telinga orang Indonesia. Ya, lagu ini berasal dari Kotabaru, sebuah kabupaten yang termasuk dalam wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Di bagian utara, Kotabaru berbatasan dengan Kabupaten Pasir, kalimantan Timur, sedangkan di sebelah selatan dengan Kabupaten Tanah Bumbu dan Laut Jawa.

Lokasi

Di sebelah barat, wilayah Kotabaru berbatasan dengan Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Tanah Laut, dan sebelah timur berbatasan dengan Selat Makasar. Dari ibukota Kalsel, Banjarmasin, Kotabaru dapat ditempuh sekitar 9 jam perjalanan ditambah dengan perjalann laut menggunakan kapal feri lebih kurang 45 menit lamanya. Akses jalan menuju Kotabaru bisa dibilang lancar namun kurang bersahabat terutama di musim penghujan karena sering terjadi banjir yang dapat menghambat perjalanan. Dibalik perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan menuju Kotabaru, daerah ini ternyata menyimpan obyek wisata-obyek wisata yang menawan. Ulasan lebih jauh tentang Gunung Bamega, sebutan lain untuk Kotabaru ini, dapat Anda temukan dalam artikel berikut ini.

Rute transportasi

Perjalanan menuju Kotabaru, Kalimantan Selatan dapat ditempuh lewat jalan udara bila Anda ingin menghemat waktu. Namun, tentu saja tiket yang ditawarkan tidaklah murah. Di Kotabaru sendiri terdapat sebuah landasan pesawat terbang yang dikenal dengan sebutan Stagen. Tarif pesawat menuju kota ini masuk dalam golongan flat artinya meski lebaran tiket pesawat ke Kotabaru tidak mengalami kenaikan. Selain lewat udara, Kotabaru juga dapat ditempuh lewat jalan darat dengan menggunakan transportasi umum, seperti bus. Dari terminal Pal 6 Banjarmasin, tarif bus dipatok sebesar 65 ribu rupiah dan itu sudah termasuk ongkos penyeberangan. Jalur yang ditempuh adalah Pelaihari – Kintap – Satui – Pagatan – Batulicin sebelum menyeberang dengan feri. Perjalanan panjang ke Kotabaru memang melelahkan tapi Anda akan terhibur dengan pemandangan alam yang menawan yang bisa dinikmati dari atas kendaraan yang Anda tumpangi.

Saat melewati Pagatan, misalnya, Anda akan disuguhi keindahan pesisir laut yang indah. Setelah melewati jalanan kecil yang berkelok-kelok, sampailah di Batulicin dan bus pun diparkir di atas kapal feri untuk menyeberang. Daripada kepanasan di dalam bus, Anda sebaiknya turun dan menikmati semilirnya angin laut dari atas kapal. Setelah kurang lebih 45 menit, sampailah Anda di Kotabaru. Namun, untuk mencapai pusat kotanya, Anda harus menempuh perjalanan lagi selama kurang lebih satu jam dari pelabuhan. Kotabaru merupakan daerah pegunungan hingga jalan yang dilalui pun berkelok-kelok dan menanjak khas daerah pegunungan. Bus yang Anda tumpangi akan berhenti di terminal dan Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju daerah Semayap. Angkot di daerah ini tarifnya sekitar 5 ribu rupiah, bisa dibilang dua kali lipat tarif angkot di Banjarmasin. Cukup mahal memang karena biaya hidup di Kotabaru sendiri sudah terkenal sangat tinggi.

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Pesona Keindahan Kotabaru

Pemandangan alam di Kotabaru sangatlah indah dengan latar belakang Gunung Bamega yang menjulang. Meski tergolong daerah pegunungan, Kotabaru juga berada dekat dengan pantai. Di bagian dataran tinggi, rumah-rumah penduduk terbuat dari beton , sedangkan yang berada di daerah rawa-rawa kebanyakan rumah penduduk dibuat dari papan. Di sela-sela bukit di Kotabaru, Anda juga dapat menjumpai tanah-tanah pekuburan. Struktur alam yang unik yang dimiliki Kotabaru ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Obyek wisata Gunung Bamega

Terdapat beberapa obyek wisata yang menarik di Gunung Bamega, salah satunya adalah Siring Laut. Obyek wisata ini berupa tempat makan di udara terbuka yang lokasinya dekat dengan laut. Jadi, sambil menikmat hidangan, Anda dapat melihat hamparan laut lepas yang ada di sana. Kebanyakan warung makan yang ada di Siring Laut adalah warung tenda. Tempat wisata lain yang ada di Kotabaru adalah Sarang Tiung yang berupa pantai indah. Pantai ini tepatnya berada di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalsel. Air laut di pantai ini sangat jernih dengan pasir yang berwarna coklat. Di sekitar pantai terdapat pondok-pondok yang disediakan untuk para wisatawan agar mereka dapat menikmati keindahan pantai dengan nyaman. Ombaknya relatif tenang hingga pantai ini menjadi pilihan utama warga sekitar untuk berlibur ke sana terutama saat akhir pekan.

**

Bagi para pecinta petualangan, pergi menjelajah ke luar negeri atau ke dalam negeri bukan lagi sebagai hobi, tetapi merupakan kebutuhan untuk mencari kepuasan dan rekreasi pikiran. Akan tetapi, karena terbentuk dana yang tidak sedikit, terkadang beberapa orang yang hobi bertualang mengurungkan niat untuk mengeksplor keindahan obyek wisata.

Nah, tahukah Anda, ternyata bertualang ke seluruh dunia, bisa dilakukan dengan tanpa bujet besar. Inilah yang kerap dilakukan oleh para petualang backpacker. Hanya berbekal tas ransel atau tas punggung, mereka menjelajah ke berbagai benua dengan modal yang minim. Seperti apa tips-tips yang perlu diperhatikan agar bisa bertualang dengan bujet minim? Baca terus ya…

Berburu tiket murah

Petualangan yang sudah direncanakan dengan bujet tertentu tidak boleh melupakan masalah tiket pesawat yang murah. Cobalah untuk rajin-rajin mengecek situs-situs travelling secara aktif agar bisa mendapatkan diskon atau promo yang sangat menguntungkan. Beberapa promo bahkan membanting harga pesawat hanya sekitar Rp 100.000 untuk tujuan ke negara di Asia. Tiket murah kerap digelar saat menjelang perayaan hari raya nasional seperti Tahun Baru, Natal atau pada awal liburan sekolah. Selain itu, pada musim penghujan, tiket murah juga kerap digelar untuk menaikkan animo masyarakat yang tidak suka bepergian di saat musim hujan.

Bergabung komunitas

Banyak biaya yang bisa ditekan selama berlibur ke luar negeri, salah satunya adalah ongkos untuk menginap. Tidak perlu repot memesan hotel apabila Anda memiliki kenalan atau teman yang bergabung dalam komunitas backpacker. Tentunya, mereka sudah paham kondisi Anda yang memiliki dana minimalis. Tidak hanya itu, beberapa backpacker juga sudah mempersiapkan keperluan seperti tenda untuk membuka tenda untuk sekadar meluruskan punggung atau beristirahat. Yang penting, Anda bisa tidur agar memulihkan kondisi tubuh untuk melanjutkan perjalanan berkeliling dunia.

Kemas dalam satu tas

Sebagai seorang backpacker, tas punggung atau ransel adalah harta satu-satunya yang ia miliki. Selama perjalanan entah itu naik pesawat, kapal laut, bus atau moda transportasi lain, tas ransel akan selalu dipeluk dan menjadi barang bawaan kesayangan. Di dalam satu tas ransel sebaiknya mampu memuat keperluan sehari-sehari secara lengkap. Misalnya, baju ganti, peralatan mandi, makanan, tenda dan lain-lain.

Selama bertualang kemungkinan Anda akan pergi jauh dari rumah lebih dari satu minggu. Ransel dirasa akan menjadi pilihan tempat mengemas yang tepat. Pilih yang ukuran 15 liter. Satu tips yang berguna bagi para traveler adalah mengemas baju ganti dengan cara digulung. Sebaiknya bawa jenis baju yang tidak mudah kusut seperti polyester, kaos, dan lain-lain.

Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah alat-alat komunikasi seperti notebook atau cukup membawa ponsel pintar, baterai cadangan atau power bank, charger, dan peralatan mandi.

Untuk memudahkan Anda membawa barang-barang berharga seperti dokumen atau surat-surat identitas, paspor, uang, ponsel, dan lain-lain, bawa tas selempang kecil agar lebih mudah membawa ke-mana-mana.

 

Naik moda transportasi umum

Bagi para petualang, tidak lengkap rasanya tanpa mencoba jenis angkutan umum di suatu daerah. Misalnya, di daerah Medan, angkutan kota atau angkot di sana disulap seperti sebuah diskotik laju. Sound system menggema dengan desain mobil yang futuristik seolah memang sengaja dibuat agar para penumpang merasa tertarik dan nyaman selama perjalanan.

Atau tuk-tuk di Thailand, atau Bajaj di India, semua jenis angkutan transportasi umum memberikan sensasi berbeda selama petualangan. Bahkan di Eropa sendiri, kebanyakan masyarakat lebih menyukai naik kereta api, tram, atau bus umum. Selain bisa menekan biaya transportasi di negeri orang, Anda juga bisa merasakan kenyamanan yang tidak kalah dengan ketika naik transportasi yang mahal seperti sewa mobil pribadi dan lain-lain.

Bocoran tips dari para petualang yang sudah ‘profesional’ alias terbiasa wara-wiri backpacking ke luar negeri, Anda perlu rajin-rajin browsing untuk mencari tiket transportasi yang murah-meriah. Pada waktu tertentu, atau low season, naik kapal pesiar dari Swedia ke Finlandia yang biasanya 200 euro sampai 250 euro bisa dibanting harga menjadi hanya 50 euro. Bahagianya lagi, perjalanan ini ditempuh selama 3 hari 2 malam, sangat lumayan untuk berlibur ke Eropa dengan biaya murah.

**

Bagaimana Anda mulai tertantang menjajal jadi petualang? Selamat berlibur di Gunung Bamega, Kalimantan Selatan! (jari adventure-det img Kabupaten Kotabaru)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.