Goa Terawang, Salah Satu tempat wisata Paling Diminati di Blora

Wisata Indonesia memang selalu menarik untuk di perbincangkan sebab hampir di seluruh wilayah nusantara memiliki tempat wisata yang menjadi daya tarik para wisatawan. Salah satu kawasan wisata yang banyak diminati para wisatawan karena keanekaragamannya bisa ditemukan di Blora, Jawa Tengah.  Bicara tentang pariwisata di Blora, ada satu tempat wisata yang menjadi favorit warga Blora yaitu Goa Terawang. Penasaran seperti apa sih goa ini hingga bisa menjadi salah satu tempat wisata paling diminati di Blora. Yuks, kita simak ulasan di artikel ini.

Goa Terawang  terletak di Jalan Todanan-Blora, Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Lokasi goa ada di tengah-tengah hutan jati di atas milik Perhutani KPH. Perjalanan menuju goa sangatlah menyenangkan karena Anda bisa menikmati keindahan hutan serta hembusan angin yang  sepoi-sepoi.

Pohon-pohon jati berjajar rapi di sepanjang kanan dan kiri jalan berbukit di pegunungan Kapur Utara. Nampak pula ladang-ladang penduduk yang ditanami jagung juga cabai menambah kesegaran pemandangan mata. Rumah-rumah penduduk dengan atap tinggi khas bangunan Jawa dengan tembok kayu pun tak kalah menarik diperhatikan di sepanjang perjalanan menuju lokasi goa.

Begitu mencapai pintu gerbang tempat wisata, Anda bisa melanjutkan ke lokasi Goa Terawang dengan berjalan kaki. Suasana siang yang seharusnya terikpun tak bakal terasa karena keberadaan hutan jati yang menyejukkan. Di sisi kiri jalan, Anda akan menemukan sebuah tempat bermain untuk anak-anak. Di sini anda bisa puas mengajak si kecil bermaian sebelum akhirnya tiba di lokasi Goa Terawang.

Goa Terawang ini ternyata tak satu-satunya goa yang ada di kawasan wisata ini yang memiliki luas sekitar 13 hektar sebab masih ada goa-goa yang lain yang bisa dikunjungi. Tapi sementara ini fokus saja dulu ke Goa Terawang.  Goa Terawang  terbentuk karena adanya endapan batu kapur yang berumur kira-kira 10 juta tahun.

Sebelum tiba di mulut goa, Anda harus menyusuri anak tangga sepanjang 15 meter. Goa ini berbentuk memanjang dan di dalamnya terdiri dari lima goa yang saling menyambung. Goa yang terluar diberi nama Terawang 1, begitu seterusnya sampai Terawang 5 yang ada di bagian terdalam. Goa Terawang memiliki total kedalaman sekitar 500 meter.

Anda bisa menemukan beberapa lubang alami di langit-langit goa dengan lebar bervariasi.Dari lubang-lubang inilah sinar matahari bisa masuk ke dalam goa, dan nama Terawang pun akhirnya diambil. Karena keindahan cahaya matahari yang menerobos ke celah-celah atau lubang goa inilah yang membuat Goa Terawang begitu populer dan diminati oleh wisatawan. Cahaya yang masuk ini dapat menimbulkan efek yang luar biasa indah laksana malaikat yang turun dari langit. Selain itu, dengan adanya cahaya alami ini Anda bisa mengamati kondisi dalam goa lebih jelas. Tak perlu bantuan senter, Anda bisa melihat detail-detail dinding goa yang khas serta stalaktit dan stalakmitnya yang indah bisa diamati dengan leluasa. Meski ada beberapa sisi gelap dalam goa, Anda tetap bisa menyusuri ke dalaman goa dengan nyaman.

Diluar segi keindahan alam, celah yang ada di Goa Terawang ini juga bermanfaat untuk ventilasi udara lho. Bayangkan saja seandaianya tak ada sirkulasi udara dari celah-celah tersebut, pasti udara di dalam goa akan terasa pengap terutama saat dipadati pengunjung. Dari lubang dan celah tersebut Anda juga bisa melihat pohon-pohon jati dan pohon lainnya yang tumbuh di atas goa.

Namun, luobang-lubang atau celah-celah goa ternyata juga memiliki efek yang kurang bagus dari segi kebersihan. Selain cahaya, daun-daun dari pohon yang tumbuh di atas goa bisa dengan bebas jatuh ke dalam goa dan akibatnya banyak tumpukan daun kering di dalam goa. Anyway, jika rajin dibersihkan tumpukan daun-daun kering ini tak bakalan menganggu. Jadi, kerja sama antara pengelola dengan petugas kebersihan sepertinya harus ditingkatkan lagi nih.

Untuk mencapai tempat wisata Goa Terawang, Anda yang dari Semarang bisa mengambil rute lewat Purwodai dan Wonosari kemudian menuju ke Kunduran, Blora, dan belok kiri di pertigaan di depan Puskesmas Kunduran lanjut lagi sekitar 8 km. Anda yang dari Blora bisa mengambil arah ke pertigaan pertigaan Pasar Ngawen, lalu belok ke kanan menuju lokasi sejauh sekitar 10 km dengan melewati Japah, Padaan, dan Ngapus.  Bagi Anda yang memilih transportasi umum, Goa Terawang bisa di tempuh dengan angkutan umum dari Semarang atau Blora kemudian turun di Puskesmas Kunduran. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan minibus jurusan Blora – Todanan.

Selamat bersenang-senang di Goa Terawang, Blora ini ya. Jangan lupa berfoto di lokasi bersama keluarga, sabahat dan kerabat sebagai kenang-kenangan. (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.