Gerbang Ikonik Terpopuler yang Bersejarah di Dunia, Wajib Foto Disini!

Beberapa negara memiliki gerbang atau gapura yang tidak hanya berfungsi sebagai jalan masuk. Tetapi, juga menjadi monumen peringatan berbagai peristiwa, terutama berhubungan dengan kemerdekaan.

Gerbang-gerbang ini menjadi saksi semangat dalam memasuki era baru hingga dibangun sangat megah. Dan saat ini gerbang-gerbang tersebut menjadi landmark terkenal di banyak negara.

Sehingga, banyak dikunjungi dan berfoto sebagai penanda bahwa pernah bepergian kesana. Yuk, kita simak beberapa gerbang ikonik yang ada di dunia dan sudah populer di kalangan wisatawan.

 

Arc de Triomphe, Perancis

francetvinfo

Gerbang ini menjadi salah satu gerbang yang populer di dunia dan menjadi landmark kota Paris sejak lama.

Dibangun pada tahun 1805 oleh Napoléon Bonaparte untuk memperingati para pahlawan negara yang berjuang untuk Revolusi Perancis dan Perang Napoleon.

Para tentara yang berhasil menang dihargai dengan berjalan di bawah gerbang Arc de Triomphe pada saat pulang dari peperangan.

Selain itu, di bawah gerbang terdapat ruang bawah tanah yang menjadi makam bagi pahlawan perang.

Gerbang ini memiliki tinggi 50 meter dan juga menjadi gerbang kemenangan terbesar kedua setelah gerbang yang ada di Pyongyang, Korea Utara.

 

Brandenburg Gate, Jerman

imgur

Berada di kota Berlin dan menjadi gerbang ikonik di dunia. Gerbang ini dibangun oleh Raja Frederick William II sebagai tanda kemenangan saat jerman masih masih bergabung sebagai Prussia di tahun 1788-1791.

Gerbang ini pernah menjadi bagian dari Tembok Berlin dan dihancurkan pada tahun 1989 setelah Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Sekarang Brandenburg Gate menjadi simbol persatuan dan kedamaian bagi Eropa.

 

Cinquantenaire, Belgia

brussels

Belgia juga mempunyai sebuah gerbang ikonik di dunia yang sudah terkenal dan menjadi bagian dari landmark penting di negara ini.

Gerbang ini adalah Cinquantenaire yang berdiri di kota Brussels. Terdiri dari tiga lengkungan dan menjadi bagian dari Juber Part.

Ditambah lagi gerbang ini sering dijadikan lokasi perayaan dan acara sepanjang tahun. Dibangun pada tahun 1880 sebagai penanda ulang tahun kemerdekaan Belgia yang ke-50.

Serta terdapat tiga museum didalamnya menambah kesan menarik untuk pengunjung.

 

baca juga:

Mirip Negeri Khayalan, 5 Destinasi Wisata di Sri Lanka yang Menghipnotis

 

Gateway of India, India

travelogyindia

Kalau kamu berkunjung ke India, jangan lewatkan untuk melihat Gateway of India dan menjadi salah satu landmark kota Mumbai yang sudah terkenal oleh wisatawan.

Gerbang ini ditujukan untuk menyambut kunjungan Raja George V dan Ratu Mary dari Inggris pada tahun 1911.

Gateway of India ini secara struktur menghadap ke Laut Arab dan berada di tepi laut Apollo Bunder dengan bergaya campuran antara Eropa, Hindu dan Muslim.

Selain itu, Gerbang ini juga sebagai tanda kemerdekaan India karena pasukan Inggris terakhir meninggalkan India melalui gerbang ini di tahun 1948, dimana secara simbolik mengakhiri masa penderitaan India dari penjajah.

 

Meridian Gate, Tiongkok

encirclephotos

Gerbang selanjutnya adalah Meridien Gate yang berada di kota Beijing. Dalam bahasa mandarin disebut dengan Wumen dan menjadi salah satu dari empat pintu menuju forbidden city.

Dibangun sekitar tahun 1407 sampai 1420 yang terdiri dari suprastruktur dari lima lingkungan yang dikenal dengan nama Five Phoenix Turrets karena dilihat secara bersamaan akan terlihat seperti Phoenix terbang.

 

Puerta de Alcalá, Spanyol

esmadrid

Berada di Kota Madrid yang ada di sebelah Taman El Retiro di pusat Plaza de la Independencia menjadi gerbang ikonik dan sering dikunjungi oleh wisatawan sehingga wajar gerbang ini menjadi landmark tersendiri.

Gerbang yang bergaya ala neoklasik ini dibangun pada tahun 1778 atas perintah Raja Charles III dan kemudian jatuh kekaisaran Romawi serta memiliki struktur monumental terdiri dari lima lengkungan.

 

Washington Square Arch, Amerika Serikat

villagepreservation

Gerbang ini mungkin tak asing lagi, karena sering muncul dalam beberapa film terkenal Hollywood dan berada di kawasan Greenwich Village di Lower Manhattan.

Awalnya bangunan ini berstruktur kayu kemudian pada tahun 1892 diganti menjadi berstruktur marmer. Gerbang ini menjadi penanda dan menghormati seratus tahun pelantikan George Washington sebagai presiden pertama di New York.

 

Patuxai, Laos

theworldtravelguy

Tepatnya di kota Vientiane dan dibangun antara 1957 dan 1968 sebagai penanda kemerdekaan. Apalagi arti nama Patuxai ini adalah Gerbang Kemerdekaan.

Dibangun dari dana yang disumbangkan oleh Amerika Serikat untuk membangun bandara. Demi mengenang jasa tentara Laos yang gugur saat perang dunia II dan perang kemerdekaan di tahun 1949.

Dibangun dengan gaya arsitektur barat dan tradisional Laos oleh arsitek Tham Sayasthsena menjadikan gerbang ini mirip dengan Arc de Triomphe Paris.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.