Gedung Tabib Kerajaan, Bangunan Kuno khas Tanjung Pinang

Gedung Tabib Kerajaan  – Bicara soal bangunan kuno nan apik di Tanjungpinang memang tiada habisnya.  Pasti selalu ada saja tempat yang sangat menarik perhatian kita salah satunya adalah Gedung Tabib Kerajaan.

Memang benar kata banyak orang untuk berwisata tidak harus selalu menikmati keindahan alam atau sekadar menikmati hidangan lezat. Kenapa bisa begitu ?

Karena ada bentuk wisata yang sudah sejak lama dilakukan masyarakat bahkan ada yang sudah menjadi bagian tradisi. Yakni wisata religi, seperti berziarah atau mengunjungi makam seorang tokoh, pahlawan, maupun melihat secara lebih dekat bangunan-bangunan yang syarat akan sejarahnya.

Bila mengunjungi  bagunan bersejarah, selain kita bisa melihat lebih dekat,kita tidak hanya mendapatkan sisi religiusnya, tetapi juga mendapat kisah dan sejarah sekaligus menikmati arsitektur situs bersejarah ini. Seperti halnya Gedung Tabib Kerajaan.

Lokasi Gedung Tabib Kerajaan

Nah seperti yang telah kita ketahui saat bahwa di pulau penyengat ini menyimpan banyak kekayaan peninggalan bersejarah. Pulau ini berukuran kurang lebih hanya 2.500 x 750 m, dan berjarak lebih kurang 35 km dari pulau Batam. Pada abad ke 18 pulau ini menjadi sangat penting dan strategis ketika meletusnya perang saudara di kerajaan Johor-Riau, antara Raja Kecik dengan Tengku Sulaiman ipar Raja Kecik dalam memperebutkan tahta kerajaan Johor, terjadi sekitar tahun 1722.

Kira kira apa saja ya yang ada di dalam gedung ini? Yuk, sekarang coba mari kita ulas tentang Gedung Tabib ini. Gedung Tabib Kerajaan dibangun dari sisa – sisa  bangunan yang terletak di Pulau Penyengat, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Propinsi Kepulauan Riau.

Puing-puing bangunan ini bertingkat dan hanya tersisa ke empat dindingnya yang telah banyak ditumbuhi oleh pohon ara.

Nah, berlanjut dari sisi bangunan gedung berupa puing – puing merupakan sisa peninggalan tempat kediaman Engku Haji Daud. Gedung ini dahulu dikenal dengan sebutan Gedung Engku Haji Daud atau Gedung Tabib Kerajaan Riau.

Engku Haji Daud

Pasti teman-teman disini banyak yang belum tau siapa Engku Haji Daud itu? Iya kan. Oke, kta akan bahas siapa Engku Haji Daud ini dia adalah seorang yang dikenal sebagai tabib kerajaan pada jaman itu. Haji Daud juga merupakan seorang tabib yang mengarang kitab-kitab pengobatan tradisional dan kitab perbintangan atau zodiak dalam bentuk syair. Kecakapan dalam meramu obat membuatnya dipercaya sebagai seorang tabib kerajaan.

Nah, perlu teman-teman ketahui bahwa bangunan Gedung Tabib Kerajaan ini terletak di tengah-tengah pemukiman masyarakat di Kampung Jambat. Lantas gedung ini dulunya tempat apa ya ?

Tempat menyimpan obat atau toko obat di masa lampau

Traveller, bahwa Gedung ini dulunya merupakan tempat tinggal tabib kerajaan. Lantas apa yang di lakukan tabib kerajaan ini di gedung seperti ini? Tabib kerajaan memakai gedung ini untuk tempat sakral  yang menyimpan banyak obat-obatan mujarab untuk penghuni kerajaan.

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Bangunan besar yang megah ini seolah menjadi saksi kemegahan dan betapa jayanya kerajaan Riau Lingga pada rentang tahun 1844. Bangunan tua yang mempunyai arsitektur Eropa modern ini berada tepat di samping komplek makam Raja Ja’far.

Kemegahan arsitektur

Gedung tengku bilik ini mempunyai kemiripan dengan gedung kampung Gelam yang ada di Malaka. Kemiripan ini terlihat dari sisi arsitekturnya kedua gedung ini menunjukkan bahwa pada masa itu sudah ada jalinan persaudaran dan kerjasama yang kuat dari kedua kerajan besar pada saat itu.

Arsitektur Gedung Tabib Kerajaan

Bangunan ini merupakan bangunan bata yang terdiri dari dua lantai. Saat ini bangunan Gedung Tabib Kerajaan sudah hancur. Sungguh sangat disayangkan sekali hanya tinggal sisa-sisa dinding dengan rangka pintu, jendela dan  di atasnya ditumbuhi pohon beringin.

Dan pada beberapa rangka pintu dan jendela masih tersisa kusen-kusen kayu. Dinding bangunan yang masih ada berukuran panjang 15,80 meter dan lebar 9,90 meter. Sedangkan untuk sekarang ini bekas gedung  banyak menarik pengunjung karena di samping peninggalan sejarah juga terletak di tengah kediaman ramai. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.