Gedung Mesiu, Saksi Perjuangan Bangsa Melayu Tanjung Pinang

Di Pulau Penyengat Tanjung Pinang, terdapat sebuah bangunan bercat kuning, berdinding tebal (kira-kira lebih dari 40 cm), memiliki kubah, berjendela kecil dan disetiap jendelanya berjeruji yang disebut  Gedung Mesiu atau Gudang Mesiu. Hmm dari ciri-ciri bangunannya sudah ketebak betapa mengerikannya bangunan ini.

 Lalu untuk apakah arti dari mesiu sendiri ? Lalu untuk apa juga bangunan ini dibangun ? Penasaran dengan jawaban pertanyaan diatas. Nah Yuk lanjut baca.

Tujuan Dibangun Gedung Mesiu

Mesiu ini artinya adalah bahan peladak biasanya berbentuk bubuk, terbuat dari campuran belerang, arang dan kalium nitrat yang membakar sangat cepat. Berguna sebagai bahan pendorong pada senajata api atau  kembang api. Dan untuk jawaban pertanyaan ke dua

Bangunan ini berguna untuk tempat penyimpanan obat bedil (senapan angin) pada masanya,  dan termasuk sebagai salah satu Benda Cagar Budaya. Mungkin itulah sebabnya gedung ini memiliki dinding yang teramat sangat tebal, tidak lain untuk melidungi masyarakat sekitarnya dari bahaya. Seperti : kebakaran atau ledakan.

Lokasi

Gedung Mesiu tepatnya berada di daerah Bukit Kursi Pulau Penyengat Tanjung Pinang Propinsi Kepulauan Riau. Oleh Pemerintah Daerah Tanjung Pinang, di depan Gedung Mesiu dibuat sebuah papan bertuliskan :

“Pada masa Kerajaan Riau dahulu, bangunan yang berdinding tebal, memiliki kubah bertingkat, jendela kecil, dan berjeruji besi ini digunakan sebagai gudang tempat penyimpanan Mesiu (Obat Bedil)”

1.      Fungsi Gedung Mesiu Pada Zaman Dahulu

Sebelum Pulau Penyengat dijadikan suatu negeri, tempat ini dijadikan tempat pertahanan oleh Raja kecil. Oleh karena itu, di daerah ini ditemukan gudang tempat penyimpanan senjata. Letak gudang ini tidak jauh dari Bukit Kursi Pulau Penyengat. Kondisi Gudang mesiu disebut juga sebagai gedung obat bedilmenurut informasi bangunan gedung mesiu ini ada empat buah, tetapi yang lainnya telah musnah, sekarang hanya tinggal satu buah saja.

2.    Keistimewaan Gedung Mesiu

Gedung Obat Bedil sekilas terlihat kokoh dan tebal. Gedung ini sengaja didesain khusus agar tahan dari pengaruh cuaca lembab dan basah. Untuk itu, mulai dari pondasi sampai atap bangunan dibuat menggunakan beton dan ukuran dinding dibuat melebihi ketebalan bangunan biasa. Sehingga, bubuk mesiu yang tersimpan didalam bangunan tetap terjaga. Pada sisi kanan dan kiri gedung dilengkapi dengan jendela kecil yang dipasang jeruji besi. Pada zaman dahulu, jendela tersebut berfungsi untuk memberi cahaya masuk kedalam bangunan.

3.    Gudang Mesiu

Untuk perusahaan dagang seperti retailer (eceran) penyimpanan barang persediaan di ruangan toko tidak dapat dilakukan sebanyak penyimpanan barang di gudang, penyimpanan barang di toko hanya untuk sejumlah persediaan yang diperkirakan cukup untuk melayani kebutuhan konsumen atau pelanggan yang datang ke toko tersebut.

Untuk menyimpan barang-barang di gudang perlu dilakukan pengaturan secara baik. Dengan demikian, penyimpanan barang di gudang perlu menempuh suatu prosedur tertentu. Misalnya saja suatu perusahaan menyusun prosedur penyimpanan barang di gudang dengan tahapan sebagai berikut :

Proses penerimaan barang.

Barang dikelompokkan sesuai jenisnya. Barang yang baik dikirim ke gudang tetap dengan macam gudang berdasarkan jenis barang yang disimpan dengan surat pengantar khusus yang berisi nama, jenis, spesifikasi, harga dan instruksi cara penyimpanannya. . Setiap barang yang datang dimasukkan dahulu ke gudang ementara (temporary warehouse) untuk diperiksa sesuai aktur atau bukti kirim.

Barang yang tidak memenuhi syarat diretur kepada perusahaan pengirim disertai surat retur.

 Penyimpanan Barang Barang ke Gudang Tetap

  1. Semua barang yang masuk dicatat dalam kartu gudang (buku gudang). Setiap jenis dicatat pada satu kartu. Kartu gudang ini berfungsi untuk mencatat barang masuk dan keluar. Barang-barang yang diterima di gudang ini disusun dan disimpan sesuai:

– jenis/spesifikasi

– intruksi cara penyimpanan.

  1. Pemeriksaan fisik dilakukan oleh kepala gudang dan jumlahnya dicatat dalam pembukuan khusus untuk memudahkan pengendalian/ pengontrolan.

Ngomong- ngomong tentang Plot Bubuk Mesiu pada 1605 ialah rencana peledakan Gedung Parlemen di LondonInggris. Orang-orang yang merencanakannya ingin membunuh anggota parlemen, bersama dengan Raja James I. Orang-orang itu merasakan hal yang sama seperti kebanyakan orang di Inggris saat itu, membenci raja. Namun rencana ini terbongkar oleh raja dan orang-orang yang merencanakannya diadili dan digantung.

Orang masih memperingati Plot Bubuk Mesiu dalam Malam Guy Fawkes tiap 5 November di Britania Raya dan Afrika Selatan. Mereka melemparkan bahan peledak dan mercon, dan membuat api besar (disebut api unggun) untuk memperingati terbongkarnya rencana itu. Hiii Serem ya… (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *