Ganas dan Menantang! 8 Ombak Pantai Terbaik di Indonesia Untuk Pecinta Olahraga Selancar

Olahraga selancar saat ini tengah digandrungi oleh para kawula muda milenial yang dikenal menyukai tantangan. Gelombang ombak yang datang silih berganti menerjang lautan, ditambah derunya angin seolah menjadi tunggangan yang ideal mengarungi lautan berbekal papan selancar.

Di Indonesia sendiri olahraga selancar memang sudah dikenal luas sejak beberapa dekade silam. Bahkan, ada sejumlah pantai – pantai di seluruh Nusantara yang didapuk sebagai ombak pantai terbaik se-dunia versi atlit dan organisasi olahraga selancar. Salah satunya seperti Banyuwangi, Bali, dan pantai – pantai lain di seluruh Indonesia.

Bila Anda termasuk penyuka olahraga selancar, memilih pantai untuk berlibur sudah menjadi salah satu keharusan. Apalagi ombak pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombaknya terkenal ganas, tinggi menjulang dan memiliki tingkat kesulitan istimewa yang akan menambah skill peselancar.

Berikut adalah 10 pantai di Indonesia yang dikenal cocok untuk olahraga selancar:

1. Pantai Sorake, Sumatera Utara

Kegilaan ombak Pantai Sorake memang sudah kondang. Bisa mencapai ketinggian 10 – 15 meter. Itulah sebabnya bagi pesurfer pemula atau tahap belajar harus ekstra hati – hati. Selain itu di bulan Juni – Agustus atau musim panas, banyak turis asing yang datang ke sini.

2. Pulau Sipora Mentawai, Sumatera Barat

Berhadapan dengan Samudera Hindia, gulungan ombak yang panjang bergulung – gulung membuat pantai di Pulau Sipora disukai para pesurfer. Selain itu, pasirnya begitu putih dan halus yang menakjubkan. Menjangkau lokasi ini bisa menaiki kapal motor dari pusat kota Padang.

3. Pantai Tanjung Setia, Lampung

Ombak yang tinggi dan panjang juga bisa dijumpai di Pantai Tanjung Setia. Lokasinya masih tersembunyi dan relatif sepi. Hanya saja pada saat akhir pekan atau hari liburan, tingkat kunjungan wisatawan terlihat melonjak drastis. Banyak penginapan di sekitar pantai, sehingga untuk menikmati pemandangan indah pantai yang lebih lama tidak akan kerepotan.

4. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Ombak Tujuh berada di Sukabumi, Jawa Barat. Keunikan ombak yang datang bersusun – susun hingga terkadang tujuh tingkatan membuatnya ideal untuk olahraga selancar.

Baca juga:

Mengagumkan! 7 Pantai Terindah di Jogja Untuk Liburan Akhir Pekan

 

5. Pantai Plengkung, Jawa Timur

Siapa yang tak kenal Pantai Plengkung di Banyuwangi Jawa Timur? Pantai ini menjadi langganan pesurfer Internasional yang ingin merefresh otak dengan menunggang ombak spektakuler. Pantai Plengkung dikenal memiliki ombak yang tingkat kesulitannya cukup tinggi dan hanya pesurfer profesional yang bisa melaluinya. Kawasan ombak pantainya bahkan dikenal dengan area G-Land karena mirip seperti huruf G.

6. Pantai Uluwatu, Bali

Bagi yang rekreasi ke Bali, cobalah olahraga selancar di Pantai Uluwatu. Selain keindahan alam yang dramatis, ombak besar dan tempat persewaan papan selancar mudah dijumpai. Jangan terburu – buru pulang, tunggu sampai senja untuk menyaksikan panorama elok matahari terbenam di balik cakrawala pantai.

7. Pantai Bangko-bangko, Nusa Tenggara Barat

Sudah pasti deburan ombak yang besar dan bergelombang menyambut para wisatawan yang ingin menaklukkan ombak Pantai Bangko- bangko. Bagi yang tidak bisa surfing, bisa menjelajahi kawasan hutan mangrove dan wisata sejarah, di mana ada sebuah benteng kolonial Belanda yang unik dan menguji nyali.

8. Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Nihiwatu Resort sudah tak perlu ditanya lagi. Menjadi salah satu resort terbaik di dunia, para peselancar pun bisa menemukan surganya di sini. Ombak yang ganas dan berkejar – kejaran sangat ideal untuk menghabiskan waktu liburan.

Selain itu, pantai ini terkesan eksklusif, sehingga hanya tamu resort saja yang bisa memasuki area pantai. Jadi, tidak perlu khawatir berdesakan dengan pengunjung lain saat musim puncak liburan.

***

 

Tak peduli apakah Anda pecinta selancar atau wisatawan umum, ombak di pantai – pantai tersebut memang sangat layak untuk disaksikan. Gulungan gelombang yang datang silih – berganti menyentuh bibir pantai, seolah membawa berbagai beban dan masalah di pikiran sejenak menghilang ke tengah lautan luas.

Sepulang berlibur ke pantai, bisa dipastikan pikiran akan terasa lebih jernih, bahagia dan siap untuk beraktivitas lagi.

Jangan lupa, kemana pun liburan Anda, pastikan sudah mempersiapkan liburan secara profesional bersama agen travel wisata, Jari Adventure yang berpengalaman dan terpercaya selama lebih dari 10 tahun melayani perjalanan wisata ke seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *