Gak Repot Tukar Uang, Belanja ke 5 Negara Ini Bisa Pakai Uang Rupiah

Travelling ke luar negeri pastinya tidak akan lengkap tanpa berbelanja oleh – oleh. Nah, hal mungkin agak rumit dalam hal ini adalah masalah tukar mata uang. Tak jarang, pelancong harus bersiap mengantongi beberapa uang tunai dalam mata uang negara yang akan dikunjungi agar bisa membayar uang tip untuk sopir, bellboy atau pemandu wisata.

Namun, di 5 negara ini ternyata mata uang asal Indonesia bisa diterima sebagai alat pembayaran lho. Karena mereka menerima Rupiah, transaksi atau wisata belanja, pastinya akan terasa lebih mudah dan nyaman. Mau tahu negara mana saja yang menerima Rupiah untuk alat pembayaran? Berikut ini nama – nama negaranya:

1. Madinah, Mekah dan Jeddah (Arab Saudi)

era-m.us

Jumlah jemaah haji asal Indonesia yang senantiasa mendominasi kloter di setiap tahun atau pun ketika umrah, membuat tiga kota penting di Arab Saudi tersebut memberlakukan uang rupiah sebagai alat pembayaran. Tidak hanya itu saja, kebanyakan pedagang di toko – toko besar ataupun pedagang kaki lima pandai berbahasa Indonesia. Tawar – menawar barang ataupun bercakap – cakap frasa sederhana akan terasa lebih menyenangkan karena para pedagang menyambut pelancong asal Indonesia dengan lebih “antusias” ketimbang pelancong lain. Selain uang Rupiah, kebanyakan toko juga menerima uang dollar Amerika. Jadi, saat berbelanja oleh – oleh sebanyak apa pun, tidak repot menukar uang. Cukup memakai uang rupiah yang kita miliki dan kegiatan memborong terasa lebih asyik, kan!

2.Perbatasan Malaysia

bp.blogspot.com

Di perbatasan Indonesia dan Malaysia juga kerap terjadi transaksi jual – beli barang kebutuhan sehari – hari ataupun oleh – oleh. Dari segi bahasa, Malaysia dan Indonesia tidak terlalu signifikan perbedaan bahasa sehari  – hari. Selain itu, untuk berbelanja juga cukup mudah. Karena kebanyakan toko – toko souvenir di perbatasan ini mau menerima uang rupiah. Pasalnya, pembeli atau langganan mereka juga sering berasal dari warga perbatasan di Indonesia.

Bila Ringgit di dalam dompet sudah mulai menipis, tidak perlu khawatir. Keluarkan saja mata uang rupiah yang kamu miliki untuk membeli aneka buah tangan yang diinginkan. Seperti cokelat, kaos, gantungan kunci dan sebagainya. Di samping Rupiah atau Ringgit, toko – toko ini juga bersedia dibayar dengan uang Dollar.

Baca juga:

Asyik, Ini 4 Tempat Wisata di Riau yang Murah dan Instagenik Buat Liburan

 

3.Perbatasan Papua Nugini

Kawasan negara Papua Nugini memiliki bentang alam yang mempesona. Selain pulau – pulau yang masih virgin, kawasan pantainya juga masih asri. Tidak salah jika liburan berikutnya, menunjuk Papua Nugini sebagai negara jujukan. Nah, karena lokasi negara ini berada di dekat Papua. Maka, kebanyakan toko – toko di Papua Nugini mau menerima uang Rupiah sebagai alat tukar. Terutama masyarakat yang ada di daerah Merauke yang kerap membeli barang – barang kebutuhan sehari – hari di daerah Sota, Papua Nugini, dan begitu pula sebaliknya.

Meski berada di perbatasan negara masing – masing, namun kedua hubungan masyarakat saling bertoleransi dan menghormati. Di sisi timur ada sebuah menara pengawas yang berada di Papua Nugini. Jadi, saat kita tepat berdiri di perbatasan ini, maka tubuh kita akan berada di antara dua negara yang berbeda.

4.Hatyai, Thailand

Kota yang berada di perbatasan Malaysia dan Thailand ini sungguh unik. Karena menerima mata uang Rupiah untuk alat pembayaran jual – beli. Usut punya usut, ternyata mayoritas turis di Hatyai adalah warga negara asal Malaysia dan Indonesia. Oleh karena itu, selain mata uang Baht, gerai – gerai ritel dan toko souvenir juga mau menerima uang Ringgit dan Rupiah.

Bahkan, para pedagang pun fasih bercakap – cakap bahasa Melayu yang masih ada beberapa persamaan dengan kata – kata dari kamus bahasa Indonesia.

Untuk berbelanja oleh – oleh dari Hatyai. Pelancong bisa membeli olahan madu khas dari Thailand. Tak cukup itu, di sini juga banyak disediakan menu makanan halal bagi traveller muslim asal Malaysia dan Indonesia.

5. Perbatasan Timor Leste

Setelah lepas dari Indonesia, negara Timor Leste tidak menjadi “kacang yang lupa kulitnya”. Jual – beli masih bisa dilakukan dengan alat tukar Rupiah. Bahkan, di Timor Leste mengakui 3 mata uang untuk alat transaksi. Seperti Rupiah, Centavo Coins dan Dollar Amerika.

***

Nah, gak repot lagi menukar uang rupiah jika berkunjung ke 5 negara – negara tersebut. Liburan berjalan makin asyik dan menyenangkan. Selamat berbelanja oleh – oleh dari Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *