Floating Market Lembang, Salah Satu Destinasi Wisata Favorit di Bandung

Tak usah jauh-jauh ke Banjarmasin ataupun Thailand untuk merasakan sensasi belanja ataupun makan di pasar terapung atau floating market. Ternyata, Bandung juga punya floating market yang bahkan disebut-sebut jauh lebih menarik dari kedua tempat tersebut. Kebanyakan orang tahu bahwa Bandung terkenal dengan nuansa pegunungan yang berhawa sejuk, namun masih sebagian kecil saja wisatawan yang menyadari bila ternyata Bandung menawarkan wisata-wisata yang unik dan mengasyikkan. Ya, floating market ini adalah salah satunya. Suasana yang berbeda akan Anda rasakan saat mengunjungi pasar terapung ini. Destinasi wisata Floating market ini berlokasi di daerah Lembang, Bandung Utara, tepatnya di dekat Grand Hotel Lembang.

Floating market memiliki konsep hampir menyerupai pasar terapung di Banjarmasin, yakni menawarkan keindahan pesona wisata alam dipadu dengan wisata kuliner yang mempunyai citarasa tinggi. Kemasan floating market dibuat seunik dan semenarik mungkin agar bisa menjaring jutaan wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Sejak dibuka akhir 2012 silam, salah satu tempat wisata di Lembang ini langsung menjadi pusat perhatian wisatawan. Bahkan dalam jangka waktu tiga tahun saja, floating market Lembang sudah sangat populer di seluruh Indonesia bahkan juga mancanegara. Hal ini bisa dibuktikan dari data statistik pengunjung yang terus meroket setiap tahunnya.

Untuk dapat memasuki area wisata floating market, Anda dikenakan biaya retribusi sebesar 10.000 rupiah per kepala ditambah dengan biaya parkir sebesar 5000 rupiah. Menariknya, Anda bisa menukarkan tiket parkir kendaraan dengan minuman seperti lemon tea, coffe latte atau choco latte.

Selain keunikan, floating market Lembang banyak diminati wisatawan karena dilengkapi dengan beragam fasilitas dan aneka wahana modern. Wahana di area floating market memiliki tema utama yaitu area bermain, belajar, dan kuliner. Konsep outdoor juga diterapkan di sini seperti juga pada beberapa tempat wisata lainnya di Bandung.

 

Baca Juga : Kampung Gajah Wonderland, Wisata di Bandung yang Super Lengkap

 

Selain floating market, wisatawan juga bisa menikmati wahana seperti Taman Angsa dan Taman Kelinci yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk memperkenalkan dunia satwa kepada anak-anak. Di Taman Kelinci, Anda juga bisa mengajak serta buah hati untuk memberi makan kepada hewan imut yang dibiarkan berkeliaran bebas di taman.

Ada juga wahana yang disebut dengan Kampung Leuit yang mempesona dengan suasana khas pedesaan yang diusungnya. Di kampung ini, Anda akan merasakan layaknya berada di sebuah pedesaan yang natural dengan hamparan persawahan yang hijau dan kebun buah dengan bermacam sayuran organik dan strawberry. Pengunjung bisa memetik buah sesuka hati dan langsung menikmatinya. Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing di kampung ini sebab disediakan arena khusus untuk memancing belut.  Menarik bukan?

Bila rasa lapar mendera, floating market Lembang menyuguhkan sajian kuliner yang istimewa. Mulai jajanan lokal seperti siomay, seblak, martabak mini, duren bakar, ketan bakar dan tahu lembang hingga makanan berat seperti ikan bakar, ikan goreng, sate, soto, semua lengkap tersedia di sana. Bagi yang suka menu modern ala Barat, Anda bisa langsung menuju area khusus yang dikenal dengan sebutan Rockpool. Anda bisa memesan pizza, steak maupun pasta, serta menu barat lainnya. Di area ini, Anda juga disuguhi taman miniatur kereta api lengkap dengan keindahan pemandangan alam yang tersaji dalam skala 1:24. Bagi wisatawan luar Bandung, Anda dengan mudah menemukan oleh-oleh khas Bandung di kawasan floating market, baik berupa jajanan maupun souvenir cantik.

Floating market Lembang juga menawarkan wisata keliling danau. Dengan membayar biaya sewa perahu sebesar 1000 rupiah saja Anda sudah dapat menikmati sensasi melintasi air danau yang ada di sana. Anda juga dapat menikmati serunya permainan Flying Fox, ATV, atau menyewa perahu bebek untuk berkeliling sekaligus menikmati indahnya pemandangan danau.

Bagaimanakah cara bertransaksi di floating market Lembang ini? Cukup mudah saja ternyata. Anda hanya perlu menukarkan uang pecahan 5000 dan kelipatannya dengan uang koin yang berlaku di sana. Setelah mendapatkan koin-koin ini, Anda bebas berbelanja sesuai keinginan. Jangan takut, bila masih ada sisa koin, Anda dapat menguangkannya kembali.

Selamat berlibur! (jari adventure-det)

 

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *