Festival Lembah Ijen dan 10.000 Kopi Gratis! 11 Agenda Banyuwangi Festival Oktober 2019 yang Spektakuler

Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata yang semakin populer setiap tahunnya. Hal ini berkat berbagai festival menarik dan semarak yang diadakan di Banyuwangi sepanjang tahun.

Tahun ini, Banyuwangi menggelar serangkaian agenda festival besar dengan tajuk “Majestic Banyuwangi Festival 2019”.

Festival ini diadakan langsung dari Kementrian Pariwisata RI yang hendak mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata mancanegara.

Telah berlangsung sepanjang tahun ini, berikut agenda Majestic Banyuwangi Festival untuk bulan Oktober 2019.

1. Festival Kuntulan Caruk (5 Oktober)

Bulan Oktober akan dibuka dengan Festival Kuntulan Caruk di Banyuwangi. Kuntulan Caruk sendiri merupakan salah satu jenis seni budaya yang telah berkembang di daerah ini dan menjadi ciri khas Banyuwangi.

Kesenian ini memadukan berbagai unsur tarian, musik hadrah, dan lagu-lagu bernuansa islami.

Dalam festival ini, berbagai grup Kuntulan dari sekolah-sekolah di Banyuwangi akan tampil dan berkompetisi dengan kreasi mereka masing-masing.

2. Festival Gandrung Sewu (12 Oktober)

Masih mempromosikan kesenian khas Banyuwangi, berikutnya ada Festival Gandrung Sewu. Dalam festival ini, anda akan menyaksikan penampilan kolosal dari ribuan penari diiringi dengan musik Gamelan Osing.

Tarian yang ditampilkan dalam festival ini menggambarkan rasa syukur warga Banyuwangi atas hasil panen yang melimpah.

3. Festival Lembah Ijen 10 (12 Oktober)

Festival Lembah Ijen merupakan festival yang selalu digelar di Banyuwangi setiap bulannya. Diselenggarakan untuk  melestarikan dan mempromosikan keindahan Gunung Ijen.

Ada atraksi menarik yang ditampilkan dalam acara satu ini. Saksikan sendratari Meras Gandrung yang digelar di Taman Gandrung Terakota.

4. Festival Ngopi Sepuluh Sewu (12 Oktober)

Di Desa Adat Kemiren, Banyuwangi, terdapat perkebunan kopi yang rimbun dan subur. Kegiatan ngopi bersama telah menjadi tradisi untuk menjalin interaksi sosial antar masyarakat Banyuwangi.

Festival Ngopi Sepuluh Sewu merupakan festival minum kopi yang diadakan pada malam hari. Tersedia 10.000 kopi gratis yang dibagikan dalam acara ini.

Festival ini diadakan untuk menunjukan keramahan warga Banyuwangi dalam menyambut para turis untuk berlibur di lokasi tropis satu ini.

baca juga:

Pesona Republik Ceko, Ragam Wisata Indah yang Tersembunyi

 

5. Festival Band Remaja (18 Oktober)

Banyuwangi sangat mendukung perkembangan dari generasi muda mereka dengan mengadakan berbagai macam kompetisi tingkat sekolah.

Salah satu kompetisi yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober ini adalah Festival Band Remaja. Dalam festival ini, anda bisa melihat bakat bermusik para remaja di Banyuwangi.

6. Santriprenuer Festival (20 – 22 Oktober)

Santriprenuer festival merupakan acara untuk mewujudkan program pemerintah Indonesia dalam mendukung para santri dengan kemampuan wirausaha.

Festival serupa juga telah diadakan di berbagai kota di Indonesia. Untuk bulan Oktober Banyuwangi akan mengadakan festival yang inspiratif satu ini.

7. Banyuwangi Writers Festival (20 Oktober)

Banyuwangi Writers Festival merupakan salah satu festival yang cocok untuk anda yang memiliki hobi menulis.

Dalam festival satu ini, anda bisa belajar berbagai teknik dan tips seputar dunia menulis dari narasumber berkualitas. Festival ini telah sukses diselenggarakan sejak tahun lalu.

8. Festival Gending Osing (26 Oktober)

Satu lagi festival yang rajin diselenggarakan di Banyuwangi adalah Festival Gending Osing. Festival ini merupakan acara pertunjukan seni musik Osing yang telah menjadi salah satu kekayaan budaya orang Banyuwangi.

Selain dibawakan dalam aransemen tradisional, anda juga bisa menikmati alunan musik Osing dalam genre dangdut, pop, hingga rock.

9. Banyuwangi INT’L BMX (26 – 27 Oktober)

Kegiatan bersepeda merupakan salah satu acara yang memiliki banyak agenda di Banyuwangi. Pada bulan Oktober ini pun akan diselenggarakan acara Banyuwangi INT’L BMX. Anda bisa menyaksikan para atlet sepeda BMX beraksi dalam festival ini.

10. Festival Anak Soleh (29 – 30 Oktober)

Festival Anak Soleh merupakan salah satu acara yang mendukung perkembangan anak-anak Banyuwangi dalam aspek keagamaan, khususnya untuk anak-anak umat Muslim.

Dalam festival ini akan diadakan berbagai cabang lomba seputar kegiatan beragama tingkat Sekolah Dasar.

11. Traditional Market Festival (30 Oktober)

Untuk menutup agenda festival di Banyuwangi pada bulan Oktober, anda bisa berbelanja di Traditional Market Festival.

Di festival ini anda bisa menemukan berbagai barang hingga kuliner khas di Banyuwangi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.