Jual Daging Ular Hingga Kucing, Fakta Pasar Tomohon yang Mendunia

Anda pasti sudah pernah mendengar Wildlife Photography of the Year 2020. Dari total 16 foto yang dirilis, ternyata satu diantaranya merupakan pasar Tomohon yang ada di Sulawesi Utara.

Kenapa bisa? Apa saja fakta pasar Tomohon yang masuk dalam Wildlife Photography of the Year?

Bila Anda pernah berkunjung ke Sulawesi Utara, pasar ini mungkin tidak terlalu asing. Pasalnya, foto yang diunggah memang situasi apa adanya dai pasar Tomohon.

Fotonya menunjukkan suasana pasar yang fokus pada penjual dan barang dagangannya.

Yang menarik perhatian, dagangan yang dijajakan tida biasa, melainkan ular dengan ukuran jumbo dan juga tikus!

Tak mengherankan, pasar ini memang merupakan pasar rakyat yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, dimana hal ini termasuk ular dan tikus. Keduanya memang lumrah dikonsumsi oleh warga setempat.

Hasil jepretan dari Quentin Martinez asal Prancis ini memang sudah langganan memenangi berbagai kompetisi foto. Fotografer kelahiran 1993 ini memang tertarik untuk memotret makhluk amfibi bahkan sejak kanak-kanak.

Meski pasar ini sudah lumrah di Sumatera Utara, namun nyatanya masih banyak orang yang belum tau mengenai pasar ini. Bahkan menjadi hal yang tidak biasa bagi para turis, lho! Apa saja fakta menariknya?

 

  1. Terletak di Kota Tomohon

Sesuai namanya, pasar ini berada di kawasan Kota Tomohon, tepatnya di Minahasa, Sulawesi Utara. Kota ini berhawa sejuk dan masyarakat setempat memang terbiasa melakukan perdagangan daging hewan yang tak biasa ini.

 

  1. Nama Resmi Pasar Tomohon

Ternyata, pasar ini juga memiliki nama resmi lho! Nama resminya ialah Pasar Beriman Kota Tomohon. Ketika Anda berkunjung ke Minahasa, jangan lewatkan pasar antimainstream yang satu ini, ya!

 

  1. Satwa yang Dijual di Pasar Tomohon

Dari foto yang diunggah oleh fotografer di atas sudah sangat menjelaskan bahwa ada beragam hewan yang tak biasa dijual di pasaran. Beberapa diantaranya yang bisa Anda temukan ialah anjing, kucing, kelelawar hitam atau paniki, tikus hutan, babi rusa, ular, dan biawak.

Dulunya, mereka juga memperdagangkan daging monyet. Namun kini sudah dilarang oleh Pemerintah setempat.

baca juga:

Keunikan Pasar di Belanda, Bisa Ditawar dan Jual Barang Antik yang Langka

 

  1. Perdagangan Satwa Tak Biasa

Dari beberapa satwa yang dijual pada poin ke-3, memang sungguh tidak biasa dan tidak lumrah ditemukan di berbagai pasar di Indonesia.

Bahkan, anjing dan kucing yang identitasnya menjadi hewan peliharaan kesayangan manusia saja diperjualbelikan. Hal ini sempat digugat oleh Komunitas Penyayang Bianatang.

 

  1. Asal Pasokan Daging

Tanpa diduga-duga, ternyata pasokan daging satwa yang diperjual belikan di Pasar Tomohon berasal dari luar kota, lho! BBC tahun 2017 sempat mencatat bahwa 38 persen daging kelelawar hitam di Pasar Tomohon berasal dari Sulawesi Selatan.

Sedangkan 56 persen berasal dari kota lainnya yang tersebar di seluruh Sulawesi. 6 persen sisanya berasal dari Kalimantam. Jadi, tidak semuanya berasal dari Sulawesi Utara saja, ya!

 

  1. Beragamnya Daging Jualan di Pasar Tomohon

Pasar Tomohon memang menjual bermacam daging tak biasa dan sulit disamakan dengan pasar lainnya bahkan di Indonesia.

Uniknya, persediaan daging yang diperjualbelikan akan menjadi lebih beragam dan tak biasa saat masuk di hari Sabtu dan Minggu. Bila Anda berkunjung di hari Weekend, maka berbagai daging satwa bisa mudah Anda temukan di pasar Tomohon.

 

  1. Tradisi Konsumsi Daging Satwa

Adanya pasar yang tidak biasa ini tentu didukung oleh kepercayaan dan tradisi masyarakat setempat. Memang, mengonsumsi daging satwa tak biasa ini sudah menjadi tradisi para warga Tomohon.

Tradisi ini sudah ada sejak masuknya agama Kristen dan Islam ke kawasan Sulawesi Utara. Sehingga kebiasaan ini tetap terjaga hingga kini.

 

Pasar Tomohon adalah pasar yang sangat unik. Selama tidak melanggar apapun, pasar ini tetap dapat beroperasi. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Utara termasuk kawasan Kota Tomohon, ada baiknya untuk tetap menghargai tradisi mereka dengan mempelajarinya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.