Dua Tempat Menarik di Teluk Bakau

Teluk bakau  – Kalau bicara tentang destinasi wisata di Pulau Bintan, serasa nggak ada habisnya. Masih dengan Beach hopping [Penyuka Pantai], penyuka snorkeling tentunya. Destinasi wisata Teluk Bakau ini wajib masuk dalam daftar liburan anda. Eitz, tunggu dulu! Bukan berarti yang nggak suka pantai nggak boleh nambah daftar perjalanan liburan ke tempat ini.

Boleh banget tentunya. Karena apa?Agar supaya mengenal dan tahu bahwa Indonesia punya alam yang cantik sekali. Dan selain itu pantai atau dalam bahasa inggrinya beach ini dapat memberikan dapat yang baik untuk memberi pengaruh ion negatif pada tubuh kita. Anda yang takut berenang bisa mencoba bermain voly pantai, bersepeda atau mencari spot cantik untuk berfoto-foto.

Lokasi Teluk Bakau

Menjelajahi tempat wisata yang penuh dengan keasrian hutan bakau yang menyejukkan mata dan pikiran ini, Anda terlebih dahulu dapat menghubungi penyedia jasa agen travel wisata yang sudah berpengalaman untuk mengatur segala kebutuhan transportasi menuju Teluk Bakau.

 

Sebenarnya, sudah ada beberapa moda transportasi seperti perahu boat atau perahu motor untuk mengantar para penumpang dari Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Teluk Bakau. Namun, tentu saja setelah sesampainya di lokasi wisata Teluk Bakau, para wisatawan harus bersusah-payah sendiri untuk mencari tempat menginap, tempat makan atau melakukan tur wisata secara swadaya. Lebih praktis jika Anda menghubungi agen travel wisata, kan?

 

White Sands Island  di Teluk Bakau

Anda yang suka snorkeling bisa mencobanya di sini. Di White Sands Island sangat cocok, anda bisa melihat Ikan Nemo yang lucu loh.Untuk bisa ke lokasi cantik ini anda menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit dan untuk masuk ke White Sands Island anda bisa membeli tiket terlebih dahulu. Ada beberpa paket yang bisa anda pilih tentunya.Nah, setiap penggunjung yang datang ke sini wajib menggunakan lifejacket saat menyeberang menuju White Sands Island.

Akomodasi teluk bakau

Jika anda ingin menginap di White Sands Island jangan khawatir meski pengelola tidak memberikan fasilitas penginapan dalam bentuk rumah-rumah permanen, tetapi mereka menyediakan tenda-tenda yang bisa disewa. Ajibkan?Anda benar-benar bisa menikmati alam. Selain bisa snorkeling anda juga bisa mencoba olahraga memancing loh, tentunnya pada lokasi-lokasi tertentu.

Anda bisa menimkmati keindahan White Sands Island sambil duduk di Gazebo yang telah disediakan atau sekedar berbaring santai di hammock yang disediakan gratis. Nah, di sini sejuk banget loh.

Yang perlu diingat jika berkunjung ke White Sands Island anda harus menjaga kebersihan. Karena di sini pengelola sangat menjaga kebersihan setempat, selain itu barangsiapa yang membuang samaph sembarang akan di denda sebesar 1 juta rupiah. Nah, ini bukan tentang seberapa besar denda tapi tentang bagaimana komitmen kita menjaga lingkungan agar tetap cantik dan bersih.

Padang Lamun di Teluk Bakau

Sekedar info, lamun ini merupakan tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang mampu hidup diair asin, mamu berkondisi normal dalam keadaan terbenam dan mempuyai sistem perakaran jangkar yang berkembang dengan baik dan menjadi salah satu indikator pencemaran air lau. Di Teluk Bakau ini terdapat 5 genus dan 2 famili (Jurnal Biomassa Padang Lamun di Bintan).Nah, Teluk Bakau ini merupakan salah satu kawasan di Pulau Bintan yang memiliki keanekaragamaan Lamun.

 

Pada dasarnya padang lamun tidak hanya terdapat di Teluk Bakau. Namun juga di Telok Sebong, Desa Malang Rapat dan Tanjung Berakit. Hal ini dikarena Pulau Bintan meupan kawasan yang ditunjuk menjadi tempat konservasi. Namun di bagian Timur Pulau Bintan inilah Lamun banyak tumbuh.  Keren bukan? Yuk sama-sama dijaga.

Lamun ini sangat penting bagi ekosistem kehidupan laut. Selain sebagai tempat perkembangbiakan ikan-ikan. Seperti udang penyu, teripang/timun laut, ikan duyung dan lain-lain. Lamun juga melindungi mangrove  dan daratan dari gelombang laut serta erosi.

Menikmati panorama lamun di teluk bakau, akan semakin cantik tatkala datang ketika sang surya tengah terbenam. Semburat keemasan yang menerpa permukaan air laut akan menciptakan pemandangan yang menakjubkan mata.

Nah, bagaimana menarik bukan?Semoga informasi tentang di atas bisa menjadi rujukan anda untuk berkunjung ke Teluk Bakau. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *