Drama Tari Mak yong Di Pulau Mantang

Pulau MantangKepulauan Riau atau yang sering kita dengar dengan sebutan Kepri adalah salah satu Provinsi yang terdapat di Indonesia. Kepri berbatasan dengan negara Vietnam dan Kamboja. Sebelah Utara Negara Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat. Di arah Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi. Sedangkan, sebelah Selatan Negara Singapura, Malaysia dan sebelah Barat Provinsi Riau.

Lokasi

Pulau Mantang adalah salah satu Pulau yang terdapat didaerah perairan lepas Samudera Hindia. Desa Mantang Baru yang terletak di Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan. Yang memiliki luas wilayah 11 Ha dengan jumlah 296 KK dengan jumlah penduduk 992 jiwa. Dan untuk perbatasan wilayahnya yaitu sebelah Utara Batu Licin Kelurahan Gunung Lengkuas, sebelah Selatan Kabupaten Lingga, sebelah Barat Desa Dendun dan sebelah Timur Desa Mantang Besar.Pulau Mantang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Desa Mantang Lama, Desa Mantang Besar dan Desa Mantang Baru.

 

Masyarakat lokal

 

Masing-masing jumlah penduduknya terdiri dari 800-1000 jiwa. Dan semuanya beragama islam. Untuk mata pencaharian mayoritas sebagai nelayan. Karena  terumbu karang di Pulau Mantang adalah salah satu sumber ekonomi bagi masyarakat setempat, dari hasil laut itulah masyarakat Pulau Mantang menggantungkan hidupnya dengan profesi sebagai penangkap ikan. Tapi ada juga yang sebagian masyarakat menggantungkan hidupnya dengan bertani dan menjadi pegawai. Tapi itu hanya sebagian kecil saja.

 

Akses transportasi

Jika anda ingin berkunjung ke Pulau Mantang, anda bisa meraba-raba kira-kira butuh waktu berapa lama untuk perjalanan. Ternyata tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan pompong, dengan jarak waktu tempuh sekitar kurang lebih 45 menit dari Pelabuhan Barek Motor, Kota Kijang. Untuk perjalanan daratnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit dengan menggunakan mobil.

 

Daya tarik wisata

 

Pulau Mantang sangat dikenal sebagai kawasan wisata ombak yang cukup besar sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Pulau Mantang. Aktivitas yang Biasanya dilakukan oleh wisatawan adalah mereka tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan, jika sewaktu-waktu ombak besar datang wisatawan mulai beraksi untuk bermain papan selancar.

Baca Juga: Pantai Tanjung Tinggi, Destinasi Wisata Terpopuler Belitung

 

Selain itu Pulau Mantang juga dikenal akan terumbu karang, Pulau Mantang juga sangat dikenal dengan pertunjukan kesenian lama yaitu Mak yong. Mak yong atau Makyung adalah salah satu jenis tarian tradisional Melayu yang terdapat di Pulau Mantang lama. Dalam tarian Mak yong terdapat penggabungan antara unsur-unsur ritual yang dipertunjukkan oleh para lakon dan tarian yang  Mak yong diiringi oleh musik vokal dan instrumen. Alunan lagu, cerita dan teks percakapan yang berbau  formal menjadi pelengkap dan ciri khas dari Mak yong.

 

Tari Mak yong

 

Asal mula Tari mak yong tidak ada yang tahu pasti. Konon, tarian ini merupakan asimilasi budaya melayu dan Thailand. Pada sekitar abad 18, tarian ini merupakan tarian khusus yang dipersembahkan bagi raja-raja atau bangsawan. Namun, setelah di daerah melayu kedatangan para penjajah Eropa, tarian mak yong boleh dipertontonkan kepada masyarakat umum.

 

Pada awalnya, tari mak yong sarat dengan makna filosofis dengan muatan agama yang sakral. Tidak sembarangan penari boleh membawakan seni gerak mak yong. Namun, seiring dengan berjalan waktu, tarian mak yong berubah. Nilai-nilai agamis juga luntur dan kian merosot dengan penurunan nilai moral para penari yang konon bisa ‘dibawa pulang’ oleh pria hidung belang.

 

Mengadap Rebab

Namun, gosip murahan semacam ini tidak boleh melunturkan nilai seni tinggi yang ada di dalam seni gerak mak yong. Padahal, dari segi seni, Mak yong juga merupakan jenis drama tari melayu, pembukaan persembahan drama Tari Mak yong biasanya dibuka dengan lagu “Mengadap Rebab”. Yang kemudian diikuti dengan aksi tarian yang diiringi alunan musik. Setiap judul cerita Tari Mak yong biasanya memakan waktu 3-4 jam. Tarian drama Mak yong dibawakan oleh penari dan pemusik yang sudah profesional.

 

Mak yong sengaja disuguhkan sebagai sarana hiburan. Karena Mak yong dipercaya sebagai wujud sebelum kedatangan islam. Didalam  cerita Mak yong juga terdapat unsur upacara keagamaan. Biasanya pemeran utama pria dan wanitanya keduanya dibawakan oleh penari wanita. Sedangkan tokoh-tokoh yang lain hanya sebagai pemeran figuran seperti pegawai istana, pelawak dewa dan jin.

Instrumen Tari Mak Yong

 

Untuk perlengkapan alat musik yang digunakan untuk mengisi alunan instrumen Tari Mak yong terdiri dari gong, gendang besar, gendang kecil, rebab, canang, dan kesi. Untuk jenis-jenis cerita dalam teater Tari Mak yong mengalami beberapa tahap perkembangan. Pada awal mula cerita teater Tari Mak yong hanya menceritakan tentang Dewa muda yang berisikan asal usul Mak yong. Kemudian lambat laun cerita tersebut berkembang menjadi tujuh yang kemudian berkembang lagi menjadi dua belas cerita.

 

Tarian mak yong sangat adi luhung sebagai warisan seni dari nenek moyang yang patut dilestarikan. Jika Anda berkunjung ke Pulau Mantang, sempatkan diri untuk menonton pertunjukkan tari mak yong yang sangat memikat.

 

Dalam masa latihan para lakon Mak yong akan diajari secara totalitas mulai dari bagaimana menjadi tokoh sesuai watak. Selain itu para lakon juga akan diajari lagu-lagu mengiring teater Tari Mak yong. Seperti Pak Yong Muda, Sedayung Mak yong, Sedara Tongek, Kisah Barat, Barat Cepat.

 

Setelah mereka selesai menamatan pembelajaran dan mampu menguasai semua aspek para lakon melakukan upacara sembah guru sebagai tanda selesainya pembelajaran Mak yong. Nah, Keren kan? Tunggu apalagi, yuk berlibur ke Pulau Mantang.  Selamat Berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *