Dijuluki Destinasi Terbaik Dunia, Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Sri Lanka

Jika Indonesia dijuluki Negara Maritim dan Agraris, Sri Lanka memiliki julukan sebagai tanah serendipity. Di tahun 2019 tepatnya, negara ini menjadi destinasi terbaik di dunia oleh versi Lonely Planet.

Dari julukannya saja, Anda pasti sudah menebak betapa menariknya tempat-tempat yang dimiliki oleh Sri Lanka sendiri.

Selain wisatanya yang begitu menawan, Sri Lanka juga memiliki tapak tilas bangsawa Bugis bahkan telah terukir sebagai bagian sejarah Sri Lanka.

Penasaran apa saja hal menarik yang dimiliki oleh negara yang satu ini? Check this out!

1.    8 Situs Sejarah sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Sri Lanka memiliki banyak sekali situs sejarah. Dulunya, Sri Lanka adalah jalur perdagangan antar negara, bahkan mencapai benua. Negara ini memang pernah disinggahi oleh bangsa Arab, Belanda, Portugal, hingga Inggris.

Penampakan alamnya juga sangat indah bahkan masih terikat dengan situs keagamaan. Pantas saja negara ini memiliki banyak sekali situs sejarah yang menarik di mata wisatawan.

Sekitar 8 dari sekian banyak situs sejarah Sri Lanka bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Salah satunya adalah Sigiriya. Spot yang satu ini berupa benteng batu yang telah berdiri sejak abad ke-8, sekaligus menjadi wisata popular yang ada di Sri Lanka.

2.    Masakan Campuran 6 Negara

Ketika Anda berkunjung ke Sri Lanka, maka Anda tidak boleh melewati wisata kulinernya. Anda bisa mendapatkan berbagai makanan keseharian yang berasal dari 6 negara.

Mulai dari Arab, Persia (Iran), Portugal, India, Inggris, dan Belanda. Anda akan dikenyangkan oleh nasi kebuli hingga kari ayam di sini!

3.    Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Sri Lanka adalah destinasi paling tepat jika Anda adalah seorang penggemar teh. Negara ini bahkan menjadi negara penghasil teh terbesar di dunia, lho! Bawalah banyak teh sebagai buah tangan Anda ketika pulang ke rumah.

Selain kebun teh, Anda juga wajib berkunjung ke Museum Teh Ceylon yang lokasinya hanya sejauh 4 km di selatan kota suci Kandy.

Museum ini adalah spot yang tepat untuk menikmati teh yang nikmat sekaligus belajar sejarah teh di Sri Lanka.

baca juga:

Membelah Gunung dan Berkelok, Ini 7 Jalan Terindah di Indonesia

 

4.    Tempat Terbaik Berwisata Safari di Asia

Ingin berwisata safari? Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika. Anda bisa berkunjung ke Sri Lanka, tepatnya di Taman Nasional Yala.

Bagi Anda yang menggemari satwa liar, maka di sinilah tempatnya. Ada beragam satwa liar yang dilindungi di sini, mulai dari singa, gajah, macan tutul, dan berbagai satwa lainnya.

5.    Puncak Adam

Pernah mendengar Puncak Adam? Puncak Adam berada di area indah Bukit Negara di bagian selatan. Bisa dibilangs ebagai kiblat bagi berbagai kepercayaan di Sri Lanka hingga lebih dari seribu tahun lamanya.

Di agama Buddha, puncaknya dikenal dengan nama Sri Pada yang berarti jejak suci. Tempat ini diyakini telah ditinggalkan Buddha saat ia menuju surga.

Untuk umat Hindu, mereka mengatakan jika puncak ini adalah jejak Dewa Siwa. Berbeda lagi dengan umat Kristen yang meyakini puncak ini sebagai jejak Adam ketika diusir dari Taman Eden.

6.    Tidak Semua Bangunan Bertuliskan “Hotel” adalah Penginapan

Uniknya, restoran maupun bar di Sri Lanka memiliki embel-embel tulisan hotel. Tidak semua yang bernama hotel itu berfungsi sebagai penginapan.

Menurut masyarakat Sri Lanka, hal ini adalah suatu yang keren sekaligus trik untuk menarik wisatawan berkunjung.

7.    Masjid Agung Kolombo

Masjid Agung Kolombo adalah salah satu lokasi yang wajib Anda datangi. Dulunya sempat terbengkalai karena invasi, namun mengalami perbaikan saat Inggris berkuasa di Sri Lanka.

Ketika masa invasi inggris, semua yang tinggal di Sri Lanka diperlakukan secara adil sesuai haknya.

Bangsawan Bugis bernama Muhammad Balangkaya adalah arsitektur dari pembangunan masjid ini. Ia meminta agar masjid ini lebih diperbesar dan direnovasi menjadi 2 lantai dengan rancang darinya.

Inilah asal dari tapak tilas bangsawan Bugis di Sri Lanka. Mengesankan, ya!

Setelah membaca beberapa hal menarik mengenai Sri Lanka di atas, apa Anda berniat menjadikan negara ini sebagai destinasi selanjutnya? Apalagi biaya travelling di Sri Lanka bisa dibilang cukup murah, lho!

Tunggu apalagi? Selamat travelling!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.