Di Islandia, Nyebur ke Kolam tanpa Mandi Siap-siap Diusir

 

Banyak hal yang perlu di ketahui oleh wisatawan sebelum mengunjungi suatu tempat selain daftar destinasi popular. Apakah itu budaya, tradisi atau kebiasaan dan lainnya, yang jika dipelajari dengan seksama dapat menyelamatkan wisatawan dari bahaya yang mengancam,  pemborosan uang dan rasa malu,.

Begitu pula saat bepergian ke Islandia. Meskipun negara ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan, ada beberapa hal yang harus dihindari atau mesti dilakukan oleh wisatawan jika tidak ingin terjebak dalam situasi sulit.

Berikut daftar beberapa hal yang perlu dikatahui oleh wisatawan sebelum mengunjungi Islandia, seperti yang direkomendasikan oleh penduduk setempat.

Jangan pernah tinggalkan mantel

Cuaca di Islandia dapat berubah secara drastis dalam satu hari. Misalnya, pagi cerah, sore hujan, dan turun salju pada malam hari. Bahkan pada musim dingin, seringkali terjadi badai salju.

Meskipun cuaca terlihat menyenangkan, jangan pernah meninggalkan mantel hangat di penginapan untuk kunjungan ke Gullfoss dan Geysir atau perjalanan kemanapun di Islandia.

Hindari membeli air kemasan di toko

Air keran di Islandia termasuk yang paling murni di dunia, tanpa memerlukan proses klorinisasi atau difluorinasi. Meskipun banyak wisatawan mengeluhkan air Islandia yang hampir tidak ada rasanya karena saking murninya, tetap lebih menguntungkan membawa botol reusable yang dapat diisi ulang dari air kran daripada membuang uang untuk membeli air kemasan. Selain sisi penghematan, menghindari botol kemasan juga membantu menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik yang sulit dihancurkan.

Jangan berkendara terlalu cepat

Islandia menerapkan batas kecepatan berkendara antara 30 hingga 90 km per jam dan denda yang harus dibayar lumayan besar untuk para pelanggar.

Perhatikan baik-baik batas kecepatan yang diterapkan. Berkendaralah lebih lambat jika berada di dekat area sekolah, pemukiman dan rumah sakit. Melaju 61 km / jam dalam zona 30km / jam akan sangat merugikan karena pelanggar harus membayar denda sekitar $ 550 dan SIM akan disita selama tiga bulan.

Hindari belanja di 10-11

Jika mengalami penerbangan terlambat, 10-11 mungkin satu-satunya pilihan. Namun, berbelanja di jaringan supermarket ini adalah salah satu hal yang perlu dihindari oleh wisatawan di Islandia karena termasuk yang paling mahal di seluruh negeri. Terkadang harga di toko-toko ini bisa tiga kali lebih mahal daripada di alternatif termurah.

Jangan pergi sendirian

Alam di Islandia memang sangat mempesona, tetapi ada bahaya yang mengancam dibaliknya. Tercatat setiap tahun banyak wisatawan tersesat atau mengalami kecelakaan saat hiking di daerah terpencil. Beberapa dari mereka beruntung dapat diselamatkan oleh tim penyelamat setempat, tetapi sebagian lainnya ditemukan tidak bernyawa atau bahkan tidak pernah ditemukan lagi.

Jadi, jika ingin pergi hiking di daerah terpencil di Islandia bergabunglah dengan grup dan disarankan untuk mengikuti tur dengan pemandu. Pastikan ada setidaknya salah satu staf hotel yang mengetahui kepergian kalian sehingga mereka bisa mengetahui jika sesuatu hal buruk menimpa kalian.

Jangan berenang di kolam tanpa membersihkan diri

Islandia memiliki sejumlah besar kolam renang outdoor dengan pemanas termal yang menyenangkan untuk dinikmati. Namun, ada kebijakan ketat yang mengharuskan semua perenang mandi sebelum memasuki kolam, dan ada petugas yang siap mengusir perenang yang kedapatan belum membersihkan diri.

Jika kalian malu mandi di depan orang lain, pergilah ke Laugardalslaug, kolam air panas terbesar di Reykjavik. Kolam renang ini memiliki fasilitas yang luas, termasuk beberapa kamar mandi khusus yang agak mirip kamar ganti.

Boleh memberikan tip pada pelayan

Di Islandia, memberikan tip kepada orang yang mengantarkan makanan atau minuman kalian tidak diperlukan atau dianjurkan. Para staf juga tidak mengaharapkan menerima tip karena harga layanan sudah dimasukkan dalam harga makanan dan masuk dalam hitungan gaji mereka.

Akan tetapi, jika kalian ingin memberikan tip maka mereka dengan sukacita menerimanya.

baca juga:

Menikmati Pengalaman Travelling Berkesan Seumur Hidup, Simak 9 Tipsnya

 

Jangan lupa menukarkan Krona sisa sebelum meninggalkan Islandia

Krona Islandia adalah mata uang kecil yang hampir tidak pernah diterima oleh bank di luar Islandia. Jadi, jika kalian memiliki krona Islandia kalian harus menukarnya sebelum meninggalkan negara itu kecuali jika kalian ingin menyimpannya sebagai suvenir.

Temukan bank di bandara untuk menukarkan krona sisa dengan mata uang yang lebih umum di dunia.

Bagi kalian yang merencanakan perjalanan ke Islandia, perhatikan baik-baik setiap anjuran atau larangan yang ada karena mengalami kesulitan di negara asing bukanlah perkara mudah.  Terlebih jika kalian diharuskan untuk membayar denda yang tidak sedikit jumlahnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.