Surganya Pantai, Cek Destinasi Wisata Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Terletak di paling ujung Pulau Jawa dan bergaris dengan pesisir selatan dan berbatasan dengan pacitan yang ada di sebelah barat, Tulungagung yang ada di bagian timur dan sisi utara dengan Ponorogo.

Jadi tak salah kalau Trenggalek memiliki banyak wisata alam seperti pantai, goa dan perbukitan. Nah kalau liburan kali ini kamu berencana ke Trenggalek, seperti sayang kalau kamu melewatkan destinasi berikut ini :

 

1.   Pantai Damas

Pantai indah yang dimiliki Trenggalek adalah Pantai Damas. Nuansa alam yang begitu kental dengan lingkungan asri cocok untuk kamu yang membutuhkan ketenangan.

Di sini kamu bisa berteduh dibawah pepohonan dengan menikmati keindahan pantai, apalagi kondisi alam yang masih terjaga dengan daya tarik terbesar yang dimiliki. Pantai Damas berlokasi di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo.

 

2.   Pantai Konang

Keindahan alam yang dimiliki pantai konang ini tak lepas dari garis pantai yang sangat luas ditambah lagi pemandangan alam yang disajikan mampu membius siapa saja untuk takjub dengan Pantai Konang.

Bersantai sambil menikmati pemandangan sunset sekaligus bermain di bibir pantai merupakan pilihan yang pas untuk melepaskan penat dan kebisingan kota.

 

3.   Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Dengan hamparan hutan bakau yang asri dan menawan dengan view pemandangan pegunungan serta sungai yang mengalir dengan indah menjadi daya tarik dari Hutan Bakau Pancer ini.

Ditambah lagi ada hutan bakau yang bisa kamu jelajahi di setiap sudut keindahan dengan melewati jembatan kayu. Disini kamu bisa mengekspor Pantai Cengkrong dengan menggunakan perahu yang ditawarkan nelayan sekitar pantai.

 

4.   Gunung Prongos

Terletak di ketinggian sekitar 550 mdpl dan memiliki pemandangan indah luar biasa dari atas ketinggian. Ditambah lagi ada hamparan hutan pinus yang asri dan selalu memberikan kesejukan tersendiri. Kamu bisa menikmati pesona dari gardu pandang yang selalu disertai view pegunungan.

Ada area khusus yang ditawarkan oleh Gunung Prongos yang menjadi spot favorit wisatawan yaitu tempat menempelkan gembok harapan yang diberikan nama Hope Lock yang disediakan untuk pengunjung.

baca juga:

Tips Mudah Pemotretan Antartika, Tangkap Eksposur yang Tepat dengan Bracketing

 

5.   Pantai Prigi

Perpaduan pesona pantai dengan pegunungan adalah keindahan alam yang disajikan oleh pantai prigi ini. Terletak di Kecamatan Watulimo dan terhubung dengan pantai selatan sehingga wajar kalau pantai ini memiliki ombak yang tinggi.

Di pantai Prigi bisa jalan-jalan sambil berburu spot ataupun kuliner-an makanan khas yang ada di warung pinggir pantai. Atau kamu bisa menyewa perahu sambil menikmati angin laut yang segar.

 

6.   Bukit Gembes

Trenggalek nggak hanya memiliki destinasi wisata pantai saja melainkan bukit gembes yang terletak di Kecamatan Munjungan yang menawarkan keindahan lanskap pantai dan pegunungan dari ketinggian.

Nah kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan. Saat malam, bukit ini menyajikan nuansa alam yang romantis.

 

7.   Air Terjun Songgolangit

Air Terjun ini memerlukan kekuatan fisik dengan mengunjungi tempat wisata alam. Destinasi ini mempunyai keindahan yang luar biasa namun untuk menikmati keindahannya kamu harus berjalan lumayan jauh.

Pepohonan yang memenuhi Air terjun ini semakin menambah keasrian tempat ini. Untuk waktu yang paling pas berkunjung ke Air Terjun ini  adalah saat musim hujan.

 

8.   Pantai Pelang

Pantai ini memiliki paket lengkap untuk bermain-main dengan kesegaran air alami yaitu air pantai dan air terjun.

Objek wisata ini berada di kecamatan Panggul, pantai ini menawarkan wisata yang eksotis dengan air terjun yang mengalir langsung menuju laut.

Dari bibir pantai, kamu bisa menyaksikan pemandangan biru dan pasir yang lembut sehingga sayang untuk melewatkan pantai ini.

Berada di barat Trenggalek memiliki sebuah jembatan yang menghubungkan lokasi parkir dengan bibir pantai. Di jembatan ini kamu bisa berfoto sambil menikmati pemandangan pantai.

Sebelum menuju lokasi kamu akan menemui hutan pinus di sepanjang jalan menuju pantai sehingga tidak akan bosan dan dapat menikmati segarnya udara hutan yang asri.

 

9.   Goa Lowo

Di Asia Tenggara goa ini tercatat sebagai goa paling besar dan terpanjang dengan panjang berkisar 2 Km dan masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan.

Uniknya, di pintu masuk goa terdapat patung unik berupa patung ratu dengan sayap kelelawar di belakangnya. Goa ini memiliki penyebutan tersendiri dari warga yaitu Sri Ratu Lowo karena menyimbolkan Ratu dari semua kelelawar yang ada di goa Lowo Trenggalek.

Ketika memasuki mulut goa, kamu akan takjub dengan keindahan dan panorama yang ada di dalam goa ini. Tinggi langit-langit goa yang berkisar 20-50 meter yang menjadi pemandangan pertama kali dilihat. Lebar dari ruangannya pun tak cukup besar dengan bentuk dinding goa yang beraneka ragam.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.