Wonderful Paradise! Destinasi Wisata Super Prioritas dari Pak Jokowi, Apa itu?

Adanya pandemi di tahun 2020 membuat banyak dampak ke berbagai sektor, salah satunya sektor pariwisata Indonesia sendiri.

Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo akhirnya merencanakan sebuah pengembangan untuk 5 destinasi wisata super prioritas.

Rencana ini dibahas dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas yang digelar di Istana Negara pada bulan Juli lalu hingga muncullah 5 destinasi wisata super prioritas.

Destinasi wisata super prioritas termasuk dalam program 10 Bali Baru oleh Presiden Jokowi yang telah direncanakan pada awal pemerintahan.

Pengembangan ke 5 destinasi tersebut bahkan mencapai 9,35 triliun rupiah dan anggaran tambahan sebanyak 6,3 triliun rupiah. Seluruh anggaran digunakan untuk pembangunan dan pengembangan ke 5 destinasi wisata.

Apakah Anda mengetahui apa saja ke 5 destinasi wisata ini? Simak pembahasannya berikut ini.

 

  • Danau Toba

eljohnnews

Destinasi Danau yang satu ini merupakan danau alami terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba menyimpan banyak sekali keindahan alam, terutama lokasinya yang berada di kaldera Gunung Berapi Super.

Selain itu, Danau yang menyimpan sejarah melegenda ini memiliki Panjang mencapai 100 kilometer, dengan lebar 30 meter dan kedalaman hingga 1600 meter. Ketinggian permukaannya sekitar 900 meter dan berada di tengah pulau Sumatera Utara.

Bicara soal destinasi wisata super prioritas, pemerintah setempat mendukung penuh adanya program ini. Pihak pemerintah mengembangkan tempat ibadah, aksesibilitas kendaraan, mendirikan hotel serta restoran di Kawasan Danau Toba.

Selain itu, pemerintah ingin mengembalikan alam asri Danau Toba serta memperkuat budaya 7 etnis yang bisa Anda jumpai di sekeliling Danau Toba. Etnis ini membuktikan betapa beragamnya Indonesia.

 

 

  • Borobudur

airpaz

Siapa yang tidak mengenal salah satu dari 7 keajaiban dunia ini? Borobudur merupakan kuil Buddha atau candi terbesar yang ada di dunia, dan menjadi salah satu monumen Budha terbesar di dunia.

Borobudur berada di Kawasan Magelang, Jawa Tengah. Legenda yang beredar mengatakan bahwa candi ini dibangun saat masa pemerintahan wangsa Syailendra di tahun 800-an silam, tepatnya mereka ialah pengikut agama Buddha Mahayana.

Selain menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia, Borobudur masih tetap digunakan untuk berbagai acara ziarah keagamaan, apalagi pengikut agama Buddha dari lokal maupun mancanegara berdatangan untuk memperingati Trisuci Waisak.

Pemerintah akan meningkatkan tingkat kebersihan, mempromosikan kunjungan Borobudur, serta menggelar event internasional.

 

 

  • Mandalika

grid.id

Lombok memiliki sejuta pesona yang masih tersembunyi, salah satunya Mandalika, Lombok Tengah. Wilayah seluas 1.036 hektar yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini diharapkan dapat mengangkat sektor pariwisata yang ada di NTB.

Itu karena Mandalika memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi, apalagi pesona pantai dan alam bawah lautnya yang menarik.

Di tahun 2021 ini, Mandalika akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor Internasional yakni MotoGP.

Pemerintah dan beberapa pihak lainnya akan mengembangkan Mandalika dalam bentuk pembangunan restoran, hotel, rumah sakit, serta perlindungan kepada wisatawan. Perlindungan ini dilakukan karena Kawasan NTB termasuk dalam Kawasan rawan bencana.

 

baca juga:

 

  • Labuan Bajo

wisato

Keindahan alam Labuan Bajo memang tak perlu diragukan lagi. Labuan Bajo, NTB menyuguhkan keindahan yang luar biasa, terutama garis pantainya yang istimewa. Landscape nya yang menawan mata membuat destinasi ini pantas masuk dalam destinasi super prioritas.

Tak hanya itu, Anda juga wajib mengunjungi destinasi wisata Labuan Bajo yakni interaksi Bersama Komodo. Anda bisa melihat cara mereka makan, berinteraksi, serta hidup dengan lingkungannya.

Pemerintah telah berupaya untuk mempromosikan Labuan Bajo seperti penerbangan langsung dalam negeri serta mancanegara, bahkan telah menetapkan Labuan Bajo sebagai wisata halal dunia.

 

 

  • Likupang

 

Likupang masuk dalam list destinasi wisata super prioritas. Pemerintah mempersiapkan strategi pembangunan dengan menyiapkan hotel, restoran, serta destinasi wisata laut.

Selain itu, pemerintah tengah mengupayakan untuk membangun penerbangan internasional langsung menuju Bandara Sam Ratulangi.

Likupang memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Landscape yang menawan serta biota laut yang menarik membuat Likupang harus Anda kunjungi.

Itulah ke 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia yang harus Anda ketahui. Manakah yang sudah pernah Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.