Destinasi Wisata Solo yang Membuat Kamu Susah Move On

Solo dikenal dengan destinasi wisata budaya maupun kulinernya. Tapi siapa sangka dibalik itu semua Kota Batik ini menyimpan lanskap alam yang begitu indah yang jarang terpikirkan wisatawan ketika berada di Solo. Dengan fasilitas yang memadai, kamu bisa menikmati tempat wisata yang sudah disajikan seperti taman, bukit hingga gua bisa kamu temukan disini,

 

Nah berikut ini beberapa wisata yang ada di Solo bisa kamu jelajahi.

 

1.  Geopark Batu Seribu

Objek wisata menarik yang nggak boleh dilewatkan adalah Geopark Batu Seribu yang memiliki daya tarik melalui sumber air yang tidak pernah kering walau musim kemarau. Sumber air ini dinamakan oleh penduduk sekitar dengan sebutan Sumber Pacinan dan penamaan batu seribu karena dulunya kawasan ini merupakan perbukitan batu cadas.

 

Di area Geopark Batu Seribu ini kamu bisa menemukan kolam renang, pemandian mata air hingga panggung kesenian. Kamu akan merasa betah dan enggan pulang karena udara yang begitu sejuk dan bebas polusi.

 

2.  Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Satu-satunya taman hutan raya yang ada di Jawa Tengah sehingga tak salah kawasan ini masih sangat dijaga kelestariannya. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso bisa juga disebut Tahura Ngargoyoso.

 

Di taman ini kamu bisa menginap dengan menggunakan tenda di area perkemahan. Selain itu kamu akan disajikan pemandangan alam yang indah.

 

Meskipun masih berupa wisata alam, tempat ini masih dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti area parkir, mushola, area kemah hingga penginapan yang bisa kamu temukan disini. Maka tak heran, kalau Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso sering menjadi lokasi acara berbagai organisasi maupun sekolah.

 

3.  Grojogan Sewu

Pesona air terjun yang satu ini sudah tidak bisa ditandingi dan terpopuler di Jawa Tengah. Terletak di jalan Raya Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah ini berada di lereng Gunung Lawu sehingga tak heran kalau udaranya cukup sejuk dan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama disini.

 

Air Terjun Grojogan Sewu ini dibuka mulai pukul 06.00 – 17.00 dan disarankan untuk datang saat pagi hari karena udara masih bersih, kamu pun tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.

 

4.  Parang Ijo

Selain Grojogan Sewu, kamu juga bisa menikmati air terjun lainnya yaitu Parang Ijo di Mlinggur, Ngargoyoso, Karanganyar menuju air terjun ini kamu perlu menuruni beberapa anak tangga yang sudah dibuat oleh pengelola setempat. Air terjun ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti Jembatan, Gazebo serta gardu pandang sehingga kamu bisa menikmati lanskap pemandangan gunung Lawu.

 

Dengan fasilitas yang memadai, kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti bermain air, berenang maupun flying fox yang sudah disediakan.

 

baca juga:

Sayang Dilewatkan, Tengok Wisata Alam Terbaik di Medan!

 

5.  Bukit Sekipan

Ingin menikmati kesejukan alam perbukitan, berarti kamu harus ke Bukit Sekipan. Disana kamu akan menemukan wahana dan fasilitas wisata yang seru mulai dari Waterboom mini, mini zoo, taman bunga hingga miniatur dari berbagai negara dunia yang bisa kamu saksikan. Tak heran wisata ini sudah ramai meskipun masih tergolong baru di buka.

 

6.  Bendungan Colo

Kalau selama ini bendungan difungsikan sebagai pengontrol laju air, maka beda pula dengan bendungan Colo yang ada di Solo ini. Fungsi Bendungan ini selain digunakan sebagai pengontrol laju air bisa juga digunakan sebagai tempat foto yang cantik karena banyak deretan beton yang bagus untuk dijadikan background foto.

 

Selain berfoto, kamu juga bisa memancing di bendungan ini karena habitat ikan banyak ditemukan. Datanglah pagi atau sore hari menjelang sunset untuk menikmati pemandangan yang indah.

 

7.  Goa Gong

Ingin menikmati pesona alam yang berbeda, cobalah datang ke Goa Gong. Kamu akan melihat stalaktit dan stalakmit kokoh yang tersebar di setiap sudut gua. Didalamnya pun kamu akan menjumpai cahaya lampu berwarna-warni. Nama gong dipilih karena di dalam gua sering terdengar suara menyerupai gong.

 

8.  Taman Balekambang

Lokasi taman ini terletak di tengah kota sehingga mudah dijangkau. Apalagi taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga bisa dijadikan tujuan wisata keluarga. Bukan hanya pemandangan alam yang akan kamu jumpai tetapi juga tanaman-tanaman langka yang sengaja ditanam pada taman ini.

 

Nah itu beberapa wisata alam di Solo yang bisa kamu kunjungi. Selain menyajikan keindahan alam beberapa objek wisata juga menyediakan wisata edukasi yang pas untuk liburan keluarga.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.