Destinasi Wisata Penang yang Wajib Dikunjungi

Pulau Penang merupakan sebuah negara bagian Malaysia yang terdiri dari Pulau Pinang dan Seberang Perai. Jadi tak ada salahnya kalau kamu memasukan Penang sebagai list liburan.

Apalagi Penang termasuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO karena berhasil melestarikan warisan dari kolonial Inggris di abad 18 maka tak heran kalau banyak yang datang ke kota ini.

 

Meskipun kaya akan arsitektur bangunan sejarah dan wisata alamnya. Penang juga terkenal dengan hidangan-hidangan menarik untuk di santap.

Dengan kuliner yang beragam membuat siapa saja enggan untuk pergi dari kawasan ini, ditambah lagi warganya yang begitu ramah dan bersahabat.

 

Berikut destinasi wisata yang bisa kamu nikmati :

 

1.   Pantai Batu Feringgi

Pantai ini paling terkenal di Malaysia, dimana banyak wisatawan datang hanya untuk menyaksikan keindahan kawasan ini. Di pantai ini kamu bisa bermain parasailing, jetski, banana boat dan berbagai macam wahana yang tersedia. Terlebih lagi kamu tidak boleh melewatkan suguhan wisata melalui air.

 

Karena ombak yang begitu tenang, banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini untuk mandi atau sekedar duduk di pasir pantai dan menikmati riuhnya angin sepoi-sepoi. Apalagi di sekitar pantai ada beberapa kios warung yang menyajikan menu makanan khas Penang

 

2.   Kek Lok Si Temple

Salah satu kuil Budha yang berusia lebih dari 1 abad dan kuil terbesar di Asia Tenggara. Dengan gaya arsitek pencampuran ornamen khas Cina (Tiongkok) sampai mengadopsi gaya kuil di Thailand.

 

Menuju kuil ini cukup mudah, kamu dapat pergi dengan transportasi umum berupa bus dari George Town. Kek Lok Si Temple tidak memungut sepeser biaya untuk pengunjungnya tapi kalau kamu ingin ke pagoda sekitar kuil, kamu harus membayar 2RM.

 

3.   Fort Cornwallis

Merupakan benteng yang berfungsi sebagai pertahanan Inggris dan beralih fungsi menjadi pusat administrasi serta telah berdiri sejak tahun 1786. Seiring berjalannya waktu, Fort Cornwallis lebih rapi lagi dan dijadikan tamana seperti saat ini.

 

Selain itu tembok ini dikelilingi taman setinggi 3 meter karena benteng ini menjadi saksi sejarah sekaligus menjadi bukti sejarah seperti kapel, penjara, meriam dan lampu kuno. Maka jangan sampai kamu melewatkan Fort Cornwallis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika di Penang. Kamu hanya perlu membayar 20 RM dan sudah dapat berwisata edukasi di tempat ini.

 

4.   Sri Mahamariamman Temple

Kuil ini merupakan kuil Hindu tertua yang berada di Penang yang berlokasi di sekitar kawasan George Town. Kuil ini terdapat ornamen kebudayaan Hindu dengan banyaknya patung dewa Hindu. Kalau kamu berkunjung ke kuil ini tidak perlu biaya tiket masuk. Jam operasional Sri Mahamariamman dimulai dari 06.30 sampai 12.00 dan mulai lagi dari 16.30 sampai 21.00 waktu setempat

 

5.   Penang Hill

Bukit Bendera bisa juga dikenal dengan sebutan Penang Hill merupakan tempat wisata yang satu kompleks perbukitan yang berada di Malaysia. Untuk mencapai puncak dari Penang Hill kamu perlu menggunakan kereta wisata yakni Penang Hill Railway seharga 15 RM untuk anak dibawah 12 tahun serta pelajar dan 30RM untuk orang dewasa. Nah kalau kamu ingin menggunakan taksi menuju Penang Hill sebaiknya kamu browsing lebih dulu biaya tarif taksi karena kebanyakan taksi di Penang tidak menggunakan argo.

 

Masih dalam kawasan Penang Hill terdapat pula museum dengan pemandangan yang indah dan suhu udara yang menyejukkan yakni Owl Museum yang berisi karya seni bertemakan burung hantu dengan berbagai bentuk dan wujud mulai dari souvenir, lukisan, patung hingga merchandise bertema burung hantu. Harga masuk Museum ini sebesar 10RM untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak gratis.

baca juga:

Tips Traveling Libur Panjang Akhir Tahun

 

6.   Pantai Tanjung Bungah

Tempat paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan salah satu paling menarik untuk melihat sunset. Di pantai ini kamu akan terhanyut dengan suasana yang menenangkan yang diiringi dengan irama ombak dan pemandangan langit penang yang berubah menjadi jingga benar-benar membawakan kita untuk sejenak lupa dengan hiruk pikuk perkotaan.

 

Nah kalau budget liburan kamu kali ini cukup banyak, tak ada salahnya kamu menginap di resor cukup mewah yang berada di Pantai Tanjung Bungah yang sering dijadikan pasangan pengantin baru untuk honeymoon.

 

7.   Pinang Peranakan Mansion

Kalau kamu termasuk orang pengagum arsitektur masa lampau atau jaman dulu, maka kamu harus mengunjungi Pinang Peranakan Mansion karena disana kamu akan melihat perpaduan gaya arsitek penang dan George Town dan kebudayaan Penang di masa lampau.

Terlebih lagi ada bangunnan megah dari dahulu kala milik seorang Kapiten Chung Keng Kwee yang masih terjaga baik, disana kamu akan menemukan koleksi barang antik dan detail arsitek rumah yang mengagumkan. Di Pinang Peranakan Mansion, kamu akan merasakan kehidupan bangsawan Peranakan Penang masa lampau.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.