Tubuh Sehat Pikiran Refresh! yuk Kunjungi Destinasi Wisata Olahraga Indonesia

Kini, Indonesia tengah memasuki masa New Normal. Setiap orang akan melakukan aktivitas seperti biasa dengan menegakkan aturan atau protokol Kesehatan dan kebersihan.

Berbagai instansi dan industri memulai kembali kegiatan yang sempat tertunda, termasuk pariwisata.

Dibukanya pariwisata membuat liburan Anda yang tertunda bisa dilanjutkan kembali. Biasanya, liburan diisi dengan kunjungan ke beberapa lokasi wisata.

Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam. Semua itu menjadi itinerary yang tak boleh dilewatkan.

Untuk mengisi waktu liburan yang sempat tertunda, cobalah beberapa kegiatan baru yang lebih menantang. Misalnya liburan sambil berolahraga.

Tidak ada salahnya bukan? di masa ini kita harus tetap menjaga Kesehatan, liburan sambil berolahraga? Siapa takut!

Indonesia sendiri terkenal akan kekayaan alamnya dan destinasi wisata olahraga yang menarik. Beberapa diantaranya bahkan dikenal mata dunia. Banyak event olahraga berskala internasional yang diadakan di negeri kita tercinta.

Untuk itu, simak rekomendasi destinasi wisata olahraga terbaik di Indonesia yang harus Anda kunjungi!

 

  1.       Mentawai (Berselancar)

Kepulauan Mentawai berada di Provinsi Sumatera Barat, dikenal sebagai surganya para peselancar di dunia. Sebagai salah satu destinasi olahraga selancar terbaik di Indonesia, Mentawai wajib Anda kunjungi.

Air laut yang mengelilingi pulau dengan tinggi ombak hingga 4,5 meter sangat pas untuk para peselancar. Banyak lokasi yang bisa Anda temukan. Seperti pulau Masokut, Pulau Sikakap, Pulau Siberut hingga Pulau Sipora dengan 7 spot terbaik di dalamnya.

Spot tersebut antara lain Hollow Trees, Telescopes, Mancaronies, Lance’s Left, Scarecrows dan Iceland.

Pantas saja tempat ini semakin popular dan menjadi lokasi kejuaraan skala internasional. Keren, bukan?

 

  1.       Sentul dan Galunggung (Bersepeda gunung)

Bersepeda adalah tren baru di Indonesia. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi olahraga sepeda gunung, Sentul menjadi kawasan yang tepat. Lokasi yang tak jauh dari kawasan ibu kota membuatnya mudah dikunjungi saat weekend.

SEBEX Bike Park merupakan tempat bagi mereka yang suka bersepeda gunung. Dengan trek downhill yang cukup menantang dan memacu adrenalin, nyatanya cukup aman bagi Anda yang masih pemula.

Untuk Anda yang telah memiliki skill mumpuni, cobalah trek downhill di Galunggung Bike Park Tasikmalaya. Dengan trek yang jauh lebih ekstrim akan membuat kegiatan bersepeda gunung semakin menantang.

 

  1.       Bali (Flyboard)

Pernah mendengar olahraga yang satu ini? Olahraga air dengan nama flyboard akan membuat Anda serasa terbang ke udara. Di Indonesia, Flyboard bisa Anda temui di Bali, Makassar, serta Lombok.

Bali adalah rumah bagi atraksi flyboard. Untuk mencoba Flyboard, Anda bisa mencobanya di Nusa Lembongan dan Tanjung Benoa.

Olahraga ini menggabungkan Teknik selancar, akrobatik, dan jet ski. Cocok bagi Anda yang sudah bosan dengan olahraga air yang itu-itu saja dan ingin mencoba hal baru. Memang membuat jantung berdebar, namun Anda bisa mempercayakan keamanan Anda kepada instruktur.

Untuk mencoba olahraga ini, siapkan budget sekitar Rp 1 jutaan untuk harga sewa. Bermain Flyboard hanya dengan waktu sekitar 20 menit. Meski terlihat singkat, 20 menit untuk bermain Flyboard sudah dapat memuaskan Anda.

 

  1.       Tebing Citatah, Citatah, Bandung (Panjat Tebing)

Bagi Anda yang sering melewati jalur Puncak atau Jonggol saat pergi ke Bandung, pasti tidak asing dengan Tebing Citatah.

Tebing ini menjadi salah satu spot panjat tebing terbaik yang ada di Indonesia, lho! Lokasinya tepat di kawasan Citatah, 5 km Padalarang.

Terdapat 3 tebing dengan nama yang berbeda sesuai ketinggian, seperti Tebing 125, Tebing 90, dan Tebing 48.

Untuk mencoba olahraga ekstrim ini, Anda diwajibkan membuat izin lebih dulu minimal 1 bulan sebelum hari H.

Kawasan ini masih dalam pengawasan Kopassus, itulah mengapa surat izin diperlukan. Surat izin bisa diurus ke Pusdiklatsus (Pusat Pendidikan Latihan Khusus) di Batujajar, Bandung.

baca juga:

Desa Wisata Okura dan Kawah Biru, Harus Kamu Lihat Saat Berlibur ke Pekanbaru

 

  1.       Yogyakarta (Lari Marathon)

Yogyakarta adalah salah satu lokasi yang tepat bagi Anda yang suka olahraga lari. Banyak event marathon berskala internasional digelar di Kota Gudeg ini.

Selain itu, Yogyakarta dikelilingi situs bersejarah dengan budaya yang kental sehingga menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan dunia.

Event marathon tersebut biasanya digelar di sekitar Taman Wisata Candi Prambanan. Acara ini mengajak peserta berolahraga dengan view megahnya Candi Prambanan dan hamparan hijau di sekitarnya.

Dijamin, olahraga Anda tidak akan terasa membosankan!

Itulah beberapa destinasi wisata olahraga menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Sudah menentukan destinasi yang akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.