Asyik Banget buat Plesiran! Destinasi Wisata Mojokerto yang Menawan

Jika berlibur ke kawasan Jawa Timur, mungkin nama Malang lah yang sering disebut. Padahal, masih banyak kota-kota lainnya di Jawa Timur yang menyajikan keindahan dari destinasi wisatanya. Salah satunya, destinasi menawan di Mojokerto.

Mojokerto terkenal sebagai lokasi yang sempat menjadi pusat kerajaan Majapahit. Hal ini membuatnya semakin pantas dan layak sebagai tujuan liburan Anda selanjutnya.

Tak melulu soal situs sejarah, ada berbagai wisata alam menawan yang harus Anda datangi di Mojokerto.

Apa saja rekomendasi destinasi wisata menawan di Mojokerto? Simak berikut ini ya!

 

  1. Coban Canggu

Air terjun yang satu ini berada di kaki Gunung Welirang, tepatnya di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Terbayang kan betapa sejuknya Coban Canggu?

Alam yang sangat mempesona serta pepohonan rimbun yang asri membuat tempat ini begitu menenangkan.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, Anda perlu menuruni anak tangga cukup jauh. Sepanjang jalan, Anda dapat beristirahat sejenak di gazebo.

Cukup dengan 10 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat mengunjungi air terjun cantik ini. Coban Canggu buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

 

  1. Petung Sewu

Destinasi selanjutnya ialah Petung Sewu yang berada di Taman Hutan Raya Raden Soerjo, di Gunung Arjuna. Hawanya sangat sejuk lengkap dengan deretan hutan hijau yang membuat siapapun betah.

Ada berbagai spot foto yang instagramable, salah satu yang paling ramai ialah gardu pandang berlatarkan hutan hijau yang asri. Setiap pengunjung hanya diberikan waktu berfoto selama 10 menit saja.

Bagaimana dengan tiket masuknya? Tak perlu khawatir, hanya 10 ribu rupiah saja, lho! Petung Sewu buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

 

  1. Puncak Watu Jengger

Ingin mendaki namun masih pemula? Destinasi yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Puncak Watu Jengger berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto.

Cocok untuk Anda yang masih pemula dalam melakukan pendakian. Bukit ini memiliki akses yang cukup mudah.

Keindahan alamnya tak kalah dengan gunung-gunung lainnya. Dijamin, akan membuat Anda terkagum-kagum.

Puncak Watu Jengger buka setiap hari 24 jam dan dibandrol tiket dengan harga 10 ribu rupiah.

 

  1. Ranu Manduro

Ranu Manduro sempat viral di awal-awal tahun 2020, hingga sering disebut sebagai surga tersembunyi di Mojokerto.

Wisata ala mini dulunya merupakan lokasi penambangan yang kini telah ditinggalkan. Terdapat sisa galian yang terlihat seperti danau sehingga menambah kesan estetik.

Untuk berkunjung ke sini, Anda bisa datang saat musim hujan. Karena, suasana hijau asri dan alaminya akan lebih terasa, rerumputan juga lebih subur.

Gunung Arjuna sebagai latarnya membuat panoramanya semakin gagah.

 

  1. Petirtaan Jolotundo

Taman pemandian yang berada di kompleks Candi Jolotundo telah dipercaya sudah berdiri sejak 997 Masehi dan sempat digunakan sebagai pemandian para raja dan ratu pada jaman Kerajaan Majapahit.

Pancuran air di Petirtaan Jolotundo terlihat unik karena bertingkat. Hal ini mengartikan Jolotundo, yang berarti pancuran bertingkat. Kolam berisi ikan membuat suasana semakin indah.

 

baca juga:

  1. Gunung Penanggungan

Suka berkemah? Gunung Penanggungan bisa menjadi lokasi liburan Anda selanjutnya. Gunung yang disebut-sebut miniature Gunung Semeru ini lengkap dengan hamparan bebatuan yang cukup luas dan bisa dimanfaatkan sebagai camping ground.

Sangat disarankan untuk pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi. Namun, lanskap alamnya tak mau kalah dari destinasi menawan lainnya.

 

  1. Air Terjun Watu Ondo

Kini kita beralih ke air terjun yang sangat unik, sebab, di sini terdapat 2 air terjun serupa yang berhadapan. Menyuguhkan ketenangan, alam memukau, serta air yang tak terlalu deras.

Air Terjun Watu Ondo juga menyediakan berbagai spot foto unik seperti gazebo dan ornament hati.

Air terjun ini berada di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Mojokerto dan buka setiap hari di jam 8 pagi hingga 5 sore. Tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah saja, kok!

 

  1. Maha Vihara Mojopahit

Untuk melihat patung Buddha kini tak harus jauh-jauh ke Kamboja atau Thailand, karena Mojokerto memiliki destinasi serupa.

Patung Buddha tidur ini panjangnya mencapai 22 meter serta tinggi 5 meter dan lebar 6 meter.

Kilauan emasnya terpancar dan terlihat dari kejauhan. Bangunan utamanya terlihat sangat unik dengan arsitektur seperti Joglo.

Bahkan, patung ini menduduki posisi ketiga yang terbesar di dunia setelah Thailand dan Nepal.

 

Masih banyak rekomendasi destinasi menawan di Mojokerto, Jawa Timur. Mana dulu yang akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.