Destinasi Wisata Menarik di Nepal, Tempat Berlibur Rileks dan Damai

Nepal dijuluki dengan negara seribu kuil, sehingga tak salah kalau banyak kuil yang bertebaran di Nepal khususnya Kathmandu.

Dengan ibu kota Kathmandu, kamu akan menemukan banyak sekali kuil serta bangunan dengan arsitektur yang indah serta menakjubkan.

Nepal memiliki jumlah penduduk sebanyak 26 juta dengan luas kawasan Nepal hanya 0,1% di bumi. Negara ini memiliki keanekaragaman hayati paling kaya dengan latar belakang pegunungan Himalaya.

Nepal memiliki lima musim sehingga ketika berlibur ke tempat ini, kita juga harus menyesuaikan barang bawaan yang akan kamu bawa. Dan berikut ini merupakan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat di Nepal.

 

1.   Tilicho Lake

Berwisata alam di Nepal amat sangat  menyenangkan, terbukti dengan adanya Danau Tilicho yang termasuk dalam danau paling tinggi di dunia.

Dengan ketinggian yang hampir 5.000 meter, berlokasi di Distrik Manang sekitar Annapurna Himalaya menjadi objek wisata yang pas untuk dikunjungi saat mendaki puncak Everest.

Terlebih lagi danau ini bisa melakukan aktivitas scuba diving sehingga banyak wisatawan yang menyukai kegiatan ini.

 

2.   Phewa Lake

Kalau kamu sempat mampir ke kota Pokhara sebaiknya kamu juga mampir ke Danau Phewa, tempat berlibur sekaligus mencari ketenangan.

Kamu mencari spot terbaik, datanglah saat sore atau pagi hari sekali karena kamu akan melihat bayangan Gunung Machapuchare, Dhaulagiri dan Annapurna jika cuaca sedang cerah.

Atraksi Baidam adalah hal yang paling populer dan dinanti oleh para wisatawan, selain itu kamu juga akan menjumpai banyak toko souvenir, toko buku, penginapan hingga rumah makan yang seru untuk dikunjungi para turis.

Di tengah danau, kamu akan menjumpai Tal Barahi Temple, sebuah pagoda di tengah danau dan menjadi monumen religi penting di Pokhara. Pagoda ini terdiri dari dua tingkat yang didedikasikan untuk dewa hindu yaitu Wisnu.

 

3.   Boudhanath

Boudhanath merupakan Stupa paling besar di Nepal dan di Asia yang telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979.

Berlokasi di Kathmandu, menuju ke sisi selatan sejauh 7 kilometer dan Stupa yang dianggap sebagai pusat Buddhisme Tibet yang sudah ditemukan.

Nah ketika menginjakkan kaki ke area stupa, kamu akan merasakan nuansa spiritual karena banyak biksu dari tibet yang berkeliling sambil membaca mantra.

Selain itu kamu juga bisa bersantai di sebuah rumah makan dengan gaya rooftop sambil mencicipi teh masala.

 

4.   Pashupatinath

Ke Nepal tanpa ke kuil terasa tak lengkap, apalagi Nepal dapat julukan Negeri Seribu Kuil. Nah salah satu kuil yang bisa kamu sambangi adalah Pashupatinath yang memiliki pagoda dengan dua atap.

Di dalam bagian Pagoda ada terdapat jalan sempit yang akan menggiring kamu menuju tempat suci yang dibuat untuk melihat Shivalinga dari dekat.

Disisi lain kamu bisa melihat simbol yang menghiasi pagoda yang terbuat dari tinta emas.

Terdapat hiasan artistik yang terlihat di setiap pintu kuil terutama pada kedua sisi dimana terdapat gambar sejumlah dewa-dewi seperti Ashtha Bhairava dan Apsaras.

Fungsi kuil ini sebagai tempat membakar jenazah agama Hindu. Dari semua kuil Shiva yang ada di Nepal, kuil ini adalah yang paling sakral.

 

baca juga:

Destinasi Wisata Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

 

5.   Garden of Dreams

Dulu taman ini tak begitu terawat namun berkat peran keturunan Kaiser, taman ini menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Garden of Dreams masih satu kawasan dengan istana Kaiser Mahal dan dibangun sejak tahun 1895.

Banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini untuk menikmati paviliun ansambel yang cantik dengan adanya kehadiran air mancur di bagian tengah.

 

6.   Swayambhunath

Berada di pusat kota Kathmandu, sebuah bangunan arsitektur kuno yang dinamakan Swayambhunath. Untuk menjangkau tempat ini, wisatawan harus menyusuri kuil dari sisi timur.

Kamu akan bertemu 365 buah anak tangga yang harus kamu naiki terlebih dulu. Bisa juga kamu mengambil dari sisi barat kuil dengan memakai taksi dan memilih jalan kaki ke puncak.

 

Selama perjalanan menuju tangga kamu akan banyak menemukan batu yang terdapat mantra tibet yang ditulis disana. Selain itu, di area stupa kamu akan melihat segerombolan kera liar yang berjalan atau melompat ke sana-sini untuk menangkap perhatian kamu. Spesialnya lagi kamu bisa menyaksikan pemandangan kota Kathmandu dari Stupa.

 

7.   Durbar Square

Objek wisata ini merupakan area atau plaza yang menjadi salah satu ikon kota Kathmandu. Durbar Square ini kamu akan menjumpai banyak air mancur, patung dewa dan dewi. Serta kuil yang bisa kamu kunjungi bila masih belum puas.

Uniknya, meskipun banyak gedung-gedung megah dan keren, seolah kamu ditunjukkan masa kejayaan kerajaan Kathmandu di masa lampau.

Jadi tak salah banyak wisatawan yang kesini hanya untuk melihat keunikan Durbar Square.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.