Jalan-jalan Turki, Kemana Aja? Ini Destinasi Favoritnya

Destinasi wisata di Turki nggak hanya melulu objek wisata sejarah, namun juga ada objek wisata pantai dan pedesaan yang bisa kamu jadikan destinasi wisata.

Sebelum kita bahas objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat di Turki. Ada baiknya kita mengenal sekilas soal Turki.

Turki adalah negeri dua dunia, dimana satu bagian yang luas terletak di benua Eropa dan bagian lainnya berada di benua Asia.

Nama Thrace disematkan untuk bagian yang berada di Eropa dan bagian yang ada benua Asia dinamakan Anatolia.

Jadi nggak salah kalau Turki memiliki julukan satu negara seribu rasa. Apalagi Turki memiliki 2 situs dari 7 keajaiban dunia.

Yaitu, Kuil Artemis di Ephesus dekat Izmir dan Makam Halicarnassus di Bodrum. Kedua situs ini berasal dari zaman Yunani kuno sejak abad ke-2 SM.

Turki memiliki sistem transportasi yang terbilang unik karena ada beberapa potongan harga yang disesuaikan dengan status maupun umur kita.

Misalnya, kita naik kereta dan berumur dibawah 26 tahun maka kita akan mendapatkan diskon 20 persen. Dan berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi

 

Hagia Sophia

medium

Bangunan bersejarah di Turki yang menyimpan sejuta cerita. Bangunan bekas masjid ini, Dulunya Hagia Sophia merupakan sebuah gereja yang dibangun oleh konstantinus.

Sehingga wajar kalau Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur Bizantium yang indah.

Arsitektur dari Hagia Sophia ini terlihat mencolok dan disusun rapi sehingga tampak begitu megah.

Dengan satu kubah besar dan delapan kubah kecil, jadi tidak berlebihan kalau tempat ini seperti istana di Negeri Dongeng.

Pada bagian dalam Hagia Sophia, tepatnya di lantai dasar, kamu akan terpesona dengan keindahan pilar-pilar penopang Hagia Sophia yang kokoh dan sudah berdiri sejak 15 abad.

Selain itu, pada bagian kubah terlihat perpaduan yang tidak biasa yaitu kaligrafi Allah dan Muhammad.

Pada bagian depan ada mimbar yang dijadikan sebagai tempat imam memimpin shalat saat Hagia Sophia digunakan sebagai masjid.

 

Topkapi Palace

askideas

Tempat wisata menarik di Turki yang bisa melihat secara langsung tongkat Nabi Musa AS dan beberapa barang peninggalan Baginda Rasullah SAW.

Topkapi juga dikenal dengan sebutan Topkapi Sarayi yang terletak di Kota Istanbul dan tak jauh dari Hagia Sophia & Blue Mosque yang menjadi satu kesatuan dari Old City Istanbul.

Dikelilingi oleh benteng sepanjang 5 kilometer dengan luas 70 hektar menjadikan Istana Topkapi terluas kedua di dunia setelah Istana Versailles di Perancis.

Pintu masuk istana ini bak gerbang benteng yang berhias dengan kaligrafi Syahadat di atas pintu dan juga Tughra, sejenis monogram, cap atau tanda tangan Sultan Utsmaniyah.

 

Baca juga:

Terapi Sehat Air Panas Gunung Pancar

 

Pamukkale

blogspot

Pamukkale dalam bahasa Turki berarti Kastil Kapas karena berada di kawasan Denizli yang memberikan pemandangan bak di negeri dongeng.

Dengan panjang 2.700 meter, lebar 600 meter dan tinggi 160 meter sehingga wajar menjadi primadona ketika berada di Turki.

Terbentuk dari 17 sumber air panas yang bergabung menjadi satu dengan suhu yang mencapai 35 derajat celcius sampai 100 derajat celcius.

Kandungan air panas yang membeku dan membentuk air terjun beku menambah daya tarik dari Pamukkale.

Selain dimanfaatkan untuk terapi berbagai macam penyakit, biasanya pengunjung yang datang memanfaatkan air panas sebagai tempat spa dan terapi.

 

Cappadocia

kimkim

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menempuh sekitar 12 jam dari kota Istanbul dengan mengendarai bus.

Disini kamu bisa menaiki balon udara yang sudah terkenal dan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengelilingi kota batu kuno.

Kamu akan merasa berada di luar angkasa dengan keindahan planet yang berbeda. Perpaduan pemandangan lembah, ngarai dan juga perbukitan mendominasi temoat wisara ini.

Uniknya lagi setiap wisata di Turki terbuat dari pahatan bebatuan baik bangunan rumah, gereja dan restoran.

 

Galata Bridge

What To Do in Istanbul, Istanbul Daily City Tours

Salah satu dari jembatan yang melintasi teluk Golden Horn di Istanbul. Jembatan ini menghubungkan kota tua Istanbul dengan bagian Istanbul yang modern.

Jembatan ini terbagi menjadi dua yang pertama atau tingkat atas digunakan untuk lintasan mobil dan pejalan kaki.

Pada bagian bawah jembatan digunakan sebagai tempat kuliner yang menawarkan hidangan laut. Di sini pengunjung juga bisa berpetualang di sekitar jembatan Galata, terdapat sebuah tangga yang menghubungkan jembatan atas dan bawah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.