Alhamdulillah Sudah Dibuka, Ini Deretan Destinasi Wisata Jakarta yang Bisa Dikunjungi

Era New Normal menjadi salah satu jalan bangkitnya berbagai industri di Indonesia. Kota Jakarta adalah salah satunya.

Jakarta memasuki masa transisi menuju New Normal sejak pekan pertama bulan Juni. Mulai bermunculan destinasi wisata yang dibuka kembali.

Bagi warga Jakarta yang rindu berlibur setelah masa karantina, bisa berkunjung kembali ke destinasi kesayangan Anda.

Tentunya dengan mematuhi protokol Kesehatan yang diterapkan seperti memakai masker atau face shield, sering mencuci tangan, serta sedia hand sanitizer.

Apa saja destinasi wisata Jakarta yang sudah dibuka kembali? Simak berikut ini.

 

  1.       Museum Sejarah Jakarta

Museum yang satu ini berada di kawasan Kota Tua. Dengan menyimpan berbagai kisah perjalanan panjang kota Jakarta, museum ini cukup populer dan dipenuhi pengunjung terutama di bagian luar museum. Banyak orang yang bersepeda dan menjadi lokasi favorit para fotografer.

Museum Sejarah Jakarta menyimpan banyak cerita dari masa prasejarah hingga masa kini. Anda sudah bisa mengunjunginya kembali dengan tetap menjaga jarak.

 

  1.       Museum Taman Prasasti

Sebagai salah satu cagar budaya peninggalan Belanda, Museum Taman Prasasti wajib Anda kunjungi saat New Normal. Banyak koleksi prasasti nisan kuno bahkan miniatur makam dari berbagai provinsi di Indonesia dapat Anda temukan di sini.

 

  1.       Museum M.H. Thamrin

Sesuai Namanya, museum ini berisi kisah perjuangan Mohammad Husni Thamrin. Selain menjadi wisata museum, tempat ini juga menjadi saksi lahirnya lagu kebangsaan negara Indonesia, lho! Hiduplah Indonesia Raya!

 

  1.       Museum Joang 45

Museum ini menyimpan berbagai koleksi perjuangan negara Indonesia di era kemerdekaan. Berlibur sambil disuguhi rasa kagum atas jasa para pahlawan akan membangun rasa patriotisme terhadap negara Indonesia.

 

  1.       Museum Seni Rupa dan Keramik

Selain museum dengan sejarah bangsa yang mengagumkan, ada juga Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini menyimpan ratusan koleksi seni rupa hasil karya para seniman Indonesia.

Tak cuma itu, terdapat berbagai jenis keramik lokal hingga mancanegara. Menjadi lokasi favorit bagi para pecinta seni, Museum Seni Rupa dan Keramik wajib untuk Anda kunjungi.

 

  1.       Museum Wayang

Siapa yang tidak tahu museum yang satu ini? Wayang merupakan salah satu warisan Indonesia yang mendunia.

Museum ini menyimpan berbagai jenis wayang Indonesia yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Ada juga lukisan wayang unik yang menarik perhatian pengunjung.

Selain itu, Anda bisa menemukan wayang boneka dari mancanegara, lho!

 

  1.       Museum Tekstil

Museum yang satu ini menjadi salah satu Lembaga edukasi yang berperan besar dalam melestarikan tekstil tradisional khas Indonesia. Selain itu, pengelola museum ini sering mengadakan pameran, workshop, bahkan penelitian.

Museum ini dibuka kembali saat New Normal, wajib untuk Anda kunjungi!

 

  1.       Museum Bahari

Indonesia memang terkenal akan baharinya yang mengagumkan. Tentu saja ada museum yang mengukir ciri khas dari Indonesia. Museum Bahari menyimpan banyak informasi sejarah kelautan di Indonesia.

Anda dapat menemukan berbagai patung perahu hingga kapal yang ada sejak zaman kolonial Belanda.

 

  1.       Kawasan Perkampungan Budaya Betawi

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam mengenai budaya Betawi, bisa berkunjung ke Kawasan Perkampungan Budaya Betawi.

Di sini Anda bisa melihat aktivitas masyarakat Betawi di kawasan perkampungan yang sangat asri. Penduduknya ramah, jangan lewatkan kesempatan untuk bertanya-tanya pada mereka.

 

  1.   Taman Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb bukan hanya sekedar taman, melainkan tempat kreativitas seni budaya Betawi. Tempat ini menjadi ruang para seniman bahkan lokasi berkumpulnya para komunitas seni.

Lokasinya juga tak kalah asri dengan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi. Di sini Anda dapat mendapat banyak ilmu mengenai budaya Betawi.

baca juga:

Ngeri Tapi Bikin Penasaran! 10 Museum Terseram di Dunia untuk Uji Nyali

 

  1.   Taman Ismail Marzuki

Untuk destinasi yang satu ini pasti sudah tak asing di telinga Anda. Taman Ismail Marzuki merupakan pusat kebudayaan dan kesenian Jakarta dengan beragam fasilitas seni mulai dari balai pameran, teater modern, galeri, bioskop, dan fasilitas lainnya.

Museum ini banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Jakarta. Saat era New Normal pun, museum ini tidak boleh Anda lewatkan.

 

Memasuki era New Normal bukan berarti melepas segala protokol kesehatan yang biasa Anda terapkan. Ikuti aturan yang diterapkan destinasi wisata untuk menekan angka virus Covid-19. Jumlah pengunjung dibatasi agar dapat menerapkan protokol jaga jarak.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke wisata-wisata yang telah buka, pastikan tetap dalam kondisi prima dan menjaga kebersihan selama berada di luar dan dalam ruangan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.