Siapkan Kamera HP, Ini Destinasi Wisata di Bondowoso yang Instagramable

Kamu ingin berkunjung ke bondowoso untuk liburan tahun ini? Kalau ya, berarti kamu harus mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan kami jabarkan tentang keindahan alam Bondowoso yang sayang untuk dilewatkan.

Kekayaan alam Bondowoso ini berbentuk perbukitan, air terjun sampai mata air yang indah dan segar yang akan menyambut liburan kamu. Selain itu tempat ini akan menjadi spot instagramable dan menarik.

 

1.   Air Terjun Kembar Pakem

Konon katanya air terjun ini membuat awet muda dan mengembalikan kita menjadi muda jika mandi di bawahnya.

Air Terjun Tancak kembar ini terletak di Kecamatan Pakem dan sekitar 25 km ke arah barat dari kota Bondowoso. Dengan ketinggian 900 Mdpl tepat di bawah lereng pegunungan Argopuro dan sekitar gedung 15 lantai.

Butuh tenaga ekstra untuk mencapai lokasi ini sehingga dibutuhkan jiwa dan tenaga anak muda untuk medan yang cukup curam.

Meskipun begitu kamu akan mendapatkan sesuatu yang indah dan membuat siapa saja terpesona akan keindahan air terjun ini.

 

2.   Puncak Piramid

Puncak Piramid ini masih menjadi bagian dari Gunung Argopuro dan menawarkan pemandangan yang elok dengan view puncak pesona Argopuro dan alam bondowoso yang menawan.

Mulai dari aliran sungai, alam yang asri, hutan pinus dan kebon kopi yang akan menyambut kamu ketika berada di Puncak Piramid.

Untuk menuju puncak ini kamu harus menuju ke desa paling ujung yaitu dusun Renggano, Kelurahan Curahdami.

 

3.   Lanskap mengesankan dari Bukit Mahadewa

Moment yang paling diburu setiap wisatawan adalah menikmati sunrise. Nah di Bondowoso pun ada tempat yang pas untuk menikmati momen ini yaitu Bukit Maha Dewa.

Dimana kamu bisa melihat matahari terbit di pagi hari dan saat malam hari kamu akan dipertontonkan suasana kota dengan gemerlap lampu kota.

Selain itu kamu juga akan melihat beberapa pegunungan yaitu di sebelah barat ada Gunung Piramida, di sebelah timur kamu bisa menikmati indahnya Gunung Raung yang menjadi paku alam Pulau Jawa.

 

4.   Dam istimewa ala Sampean Baru

Bendungan air yang satu ini memiliki keistimewaan yang menarik, selain sebagai penyuplai air untuk wilayah Bondowoso. Dam air ini memiliki zona pemecah arus air yang mampu memberikan spot selfie yang instagramable.

 

5.   Surga tersembunyi di Kawah Wurung

Salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Bondowoso yaitu Kawah Wurung yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, hijau dan penuh keindahan serta keajaiban alam yang akan membius siapa saja untuk melihatnya.

Dengan lanskap perbukitan dan kawah yang unik akan memberikan keunikan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke Kawah Wurung.

baca juga:

Jarang Diketahui, Pantai Menakjubkan Indonesia yang Dibawah Radar Pelancong

 

6.   Air Terjun Blawan

Konon katanya air terjun ini menjadi tempat semedi Damarwulan sebelum melawan Minak Jinggo. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang berwarna kekuningan dan mengeluarkan asap yang berasal dari belerang Gunung Ijen. Sekitar air terjun Blawan ini terdapat pemandian air panas yang bisa melancarkan peredaran darah dan menyembuhkan penyakit kulit.

 

7.   Kawasan Labeng Seng

Kalau kamu bertanya kepada penduduk sekitar dengan sebutan Kawasan Labeng Seng mungkin tak banyak yang tahu tapi kalau kamu menyebut Kawah Ilalang Bondowoso, pasti hampir semua tahu daerah yang dimaksud. Daerah kawasan di tengah perbukitan hijau yang indah dengan dipenuhi ilalang yang tumbuh subur dengan menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah.

 

Pemandangan ini seolah mengajak kamu untuk menyaksikan lambai-lambaian ilalang yang terkena hembusan angin dan tak lupa juga panorama Gunung Ijen dan Gunung Raung yang mendukung tarian untuk para tanaman ilalang ini. Pilihlah bulan Desember hingga Februari untuk mendapatkan waktu terbaik.

 

8.   Air terjun miniagara

Tak perlu jauh ke Niagara untuk menikmati air terjun yang indah. Kamu bisa melihat versi mini dari niagara yang ada di Bondowoso, tepatnya di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol.

Kamu akan disuguhi dengan enam aliran air terjun yang menyatu ke satu aliran utama.

 

9.   Stonehenge Van Java di Batu Susun Sosor

Tak perlu datang ke Inggris untuk melihat Stonehenge. Kamu hanya perlu ke Bondowoso untuk melihat susunan batuan yang mirip Stonehenge.

Namun, batu ini memiliki julukan dari masyarakat sekitar dengan nama Betoh So’on yang diambil dari bahasa warga setempat.

Berarti Betoh (batu) dan So’on yang berarti di sunggi atau membawa barang yang ditaruh di atas kepala.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.