Asyiknya Berinteraksi dengan Alam, 10 Ide Destinasi Ekowisata 2021

Pada tahun 2021 ini, diperkirakan akan ada beberapa trend wisata baru. Salah satunya ialah Ekowisata. Ekowisata merupakan sebuah kegiatan wisata yang memanfaatkan wawasan lingkungan serta mengutamakan banyak aspek.

Mulai dari pemberdayaan social budaya dan ekonomi, pembelajaran, Pendidikan, serta konservasi alam.

Sepanjang masa pandemi ternyata tak seluruhnya buruk. Meski sempat membuat berbagai sector terpuruk, namun ternyata ada jalan keluar dari seluruh masalah. Seperti alternatif wisata baru yang aman dari penyebaran virus Corona. Salah satunya ekowisata.

Ekowisata sangat disarankan pemerintah, tak hanya bertujuan untuk Kesehatan namun juga mendorong sumber daya masyarakat dan juga alam.

Inilah destinasi ekowisata Indonesia yang memberikan sensasi liburan dan interaksi dengan alam. Simak berikut ini:

  1. Tangkahan – Sumatera Utara

Bila Anda berkunjung ke Sumatera Utara, Anda bisa berwisata ke Tangkahan. Di sini Anda dapat menjumpai gajah liar, panorama hutan alami yang mengesankan, sungai dengan air jernih dan udara yang segar.

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, mulai dari river tubing, berkemah, trekking, serta memandikan gajah-gajah yang pastinya sangat seru.

 

  1. Taman Nasional Tanjung Putting – Kalimantan Tengah

Taman Nasional seluas 415 hektar ini memiliki beberapa ekosistem yang akan Anda temui. Ekosistem tersebut terdiri atas hutan hujan tropis, hutan tanah kering, hutan bakau, hutan sekunder, hutan pantai, hutan rawa air, serta dataran rendah.

Selain itu, Anda bisa menjumpai kucing hutan, lutung merah, kancil, bekantan, beruang, bahkan lebih dari 200 jenis burung, lho!

Taman Nasional Tanjung Putting tak hanya menjadi destinasi ekowisata, namun juga pusat rehabilitasi orang utan. Terdapat sekitar 30.000 orang utan yang hidup di sini.

 

  1. Taman Nasional Komodo – Nusa Tenggara Timur

Lokasi Taman nasional ini tak hanya menjadi habitat dari Komodo saja, melainkan rumah untuk ratusan spesies hewan seperti kadal, tikus Rinca, kerbau, ular, kelelawar buah, babi hutan, rusa Timor serta lebih dari 40 spesies burung.

Taman Nasional Komodo terdiri atas 3 pulau besar, diantaranya Pulau Komodo, Pulau Rinca, juga Pulau Padar.

 

  1. Taman Nasional Way Kambas – Lampung

Bila Anda berkunjung ke sini, Anda bisa melihat pertunjukan gajah, lho! Taman Nasional Way Kambas juga tak hanya menjadi rumah bagi beberapa spesies hewan darat, namun juga keberadaan beberapa hewan yang hampir punah serta dilindungi seperti badak sumatera dan harimau sumatera.

 

  1. Raja Ampat – Papua Barat

Raja Ampat terkenal akan keindahan lautan biru nya, panorama alam bawah laut yang memukau, serta dikelilingi oleh perbukitan yang menantang.

Banyak wisatawan yang memilih raja ampat sebagai destinasi liburan mereka. Tak hanya suguhan alam yang istimewa, biota laut yang hidup di sana juga tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya, lho!

 

baca juga:

Spa Terbaik di New York untuk Lepas Penat dan Relaksasi

 

  1. Kawah Ijen – Jawa Timur

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan fenomena langka Kawah Ijen yakni api biru. Fenomena yang biasa disebut blue fire ini hanya ada 2 saja di dunia, yakni Islandia dan yang satu lagi di Kawah Ijen Indonesia.

Blue Fire tercipta dari terbakarnya gas sulfur yang terpapar udara. Fenomena ini semakin terlihat menakjubkan saat langit mulai merah-jingga pada pagi hari.

 

  1. Taman Nasional Gunung Leuser – Aceh

Taman nasional yang satu ini menjadi habitat bagi flora dan fauna yang jarang ditemui alias langka, seperti siamang, kucing hutan, harimau sumatera, kambing hutan, dan badak sumatera.

Biasanya, wisatawan memilih untuk menaklukkan Gunung Leuser. Mendaki gunung ini membutuhkan waktu sekitar 10-14 hari perjalanan.

 

  1. Pulau Nusa Penida – Bali

Meskipun tergolong pulau kecil, namun Nusa Penida memiliki daya tarik yang besar, lho! Di sini Anda bisa melihat pasir putih dan pantai yang eksotis, serta pemandangan tebing di bagian selatan dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Ada beberapa destinasi popular Nusa Penida, seperti Banah Cliff, Saren Cliff, dan Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida.

 

  1. Taman Nasional Bunaken – Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken terkenal akan terumbu karangnya yang indah. Di alam bawah lautnya dihuni puluhan jenis ikan cantik yang bisa Anda temui.

 

  1. Desa Wisata Tembi – DIY

Hiruk pikuk kota yang membuat penat dapat Anda atasi dengan berkunjung ke Desa Wisata Tembi di Yogyakarta. Anda bisa menghirup udara segar dengan landscape pemandangan hijau dan merasakan budaya local yang masih alami.

Ada juga Museum Rumah Budaya Tembi yang bisa Anda kunjungi untuk melihat banyak benda pusaka khas Jawa.

 

Berkunjung ke destinasi ekowisata 2021 bisa mengurangi kerinduan Anda untuk traveling setelah berbulan-bulan di rumah saja. Dari 10 ekowisata di atas, manakah yang ingin Anda kunjungi lebih dulu?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.