Desa Wisata Pujon Kidul, Romantisme Cafe Cinta di Tengah Hamparan Sawah

Wisata pedesaan bisa menjadi alternatif untuk berlibur bagi warga perkotaan yang ingin menghirup udara segar dan juga menikmati pemandangan alam. Salah satu solusinya adalah jalan-jalan ke Desa Wisata Pujon Kidul yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur.

Dari Kota Malang perjalanan menghabiskan waktu hingga satu setengah jam sedangkan dari kota Batu memerlukan waktu setengah jam. Desa Pujon Kidul memiliki udara yang segar dan Hawa yang cukup dingin dengan suhu berkisar 15oC.

Perkembangan wisata di desa ini maju pesat mendapat kucuran dana desa dari pemerintah pada 2015. Seiring berjalannya waktu desa ini pun berani mendeklarasikan diri sebagai desa wisata.

Seluruh kegitan potensi yang ada di desa ini dijual menjadi satu paket wisata, seperti mengadakan kegiatan-kegiatan wisata yang melibatkan seluruh masyarakat yang tinggal di Desa Pujon Kidul ini.

Terdapat 3 Dusun di desa Pujon Kidul yang menawarkan keunikan masing-masing. Dusun Kranjan salah satunya yang memiliki wisata sawah.

Tarif Tiket Masuk

Untuk masuk area sawah wisatawan dikenakan biaya Rp8.000,00 per orang yang Rp5.000,00 nya bisa ditukarkan dengan makanan atau oleh-oleh.

Sebagai besar warga di sini membuka usaha seperti persewaan alat transportasi yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan. Pekerjaan yang utama masyarakat di sini adalah bertani.

Usaha penopang pariwisata ini juga dapat menyerap tenaga kerja untuk sawah seluas 50 hektar yang ditanami berbagai macam sayuran. Para petani Dusun Krajan biasanya memasarkan hasil bumi ke Karangploso Malang, namun kini kebun sayur mereka juga dibuka bagi wisatawan.

Namun lebih daripada itu keberhasilan pengelolaan desa Pejon Kidul tidak lain karena keberhasilannya berinovasi mengenai nilai wisata itu sendiri, yaitu Cafe Sawa Pujon Kidul. Cafe ini merupakan area pertama yang dikembangkan di desa ini.

Cafe ini juga menjadi ikon Desa Wisata Pujon Kidul. Selama tahun 2018 saja laba bersih Cafe sawah mencapai 1 miliar rupiah. Pada hari biasa pengunjung Cafe sawah sekitar 500 orang, tapi pada akhir pekan bisa mencapai 2000 orang. Banyak keunikan yang akan membuat para pengunjung terkagum-kagum saat berada Cafe Sawah Pujon Kidul.

Makanan Khas Gondes dan Sambal Ikan Klotok

Setelah mengelilingi sawah pengunjung dapat menikmati hidangan khas di Cafe Sawah Pujon Kidul. Gondes atau Tumis labu siam yang disajikan dengan sambal Ikan Klotok yang digoreng dan dicampur dengan tumisan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, pete, dan sambal terasi memberikan cita rasa labu siamnya masih keras. Demikian juga ikan klotoknya yang gurih sangat mantap dinikmati di sini.

Selain itu terdapat banyak menu makanan lain yang dapat pengunjung nikmati seperti nasi jagung, ayam goreng, dawet, nasi goreng, lalapan dan lain sebagainya. Para pengunjung yang datang bersama rombongan bisa pesan prasmanan dengan masakan ala perdesaan.

Harga menu makanan di Cafe ini cukup murah mulai dari Rp. 10.000,00. Dan yang pasti, semua jenis makanan diambil langsung dari alam, sehingga tidak hanya enak di mulut, tapi makanan tersebut sudah pasti makanan yang sehat.

Romantisme Cafe Cinta

Cafe Sawah Pujon Kidul yang ditata dengan kosep ala perdesaan ini menjadi sorotan banyak pengunjung. Karena khas pemandangan desa yang asri, pemandangan persawahan, dan gunung Dorowati yang tampak dari lokasi Cafe Sawah Pujon Kidul ini. Bagi kaum muda, tempat ini dinamakan sebagai “Cafe Cinta” karena tempatnya yang romantis dan dapat memperindah para kaum muda yang sedang kasmaran.

Spot-Spot Cantik untuk Berselfie

Cafe Sawah Pujon Kidul Malang juga menawarkan spot-spot cantik memukau. Keharmonisan berfoto bersama keluarga atau berfoto mesra bersama pasangan dengan romantis sangat cocok jika menggunakan latar berupa hamparan sawah yang masih hijau.

baca juga:

Ada Kapal Pinisi Seharga 2 Milyar, Mendamba Pesona Bulukumba yang Jelita

Menunggangi Kuda

Jalan-jalan di area sawah tapi dengan sensasi yang berbeda dengan menunggangi kuda. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp100.000,00 saja.

Bagi pengunjung yang ingin menginap disediakan tinggal di Homestay. Para pengunjung dapat mengakhiri jalan-jalan di kampung ini dengan menyaksikan matahari terbenam sambil naik kuda.

Jam operasional Cafe Sawah Pujon Kidul adalah setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 19.00. Adapun untuk khusus akhir pekan (Sabtu-Minggu) Cafe Sawah Pujon Kidul buka hingga pukul 22.00.

Untuk sampai ke Cafe Sawah Pujon Kidul dapat berangkat dari Kota Malang kemudian ke arah Batu. Setelah melalui daerah Payung, pada pertigaan patung sapi/Coban Rondo masuk ke Gang Beringin.

Terus mengikuti jalan sejauh 4 km hingga mendapati sekolah satu atap. Dengan demikian perjalanan sudah dekat dengan Cafe Sawah Pujon. Dengan berjalan 300 meter memasuki gang di sebelah kanan jalan, maka tibalah sudah ditujuan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.