Deretan Tempat Wisata di Pulau Morotai Yang Wajib Dikunjungi (Bag.2)

Satu lagi calon primadona dalam dunia pariwisata muncul dari bagian timur Indonesia. Ya, Pulau Morotai, yang terletak di kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku ini, berhasil mencuri perhatian wisatawan dengan 20-an lebih tempat wisata yang dimilikinya. Terlebih lagi, pulau seluas 2.476 km2 ini ditetapkan pemerintah sabagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas. Tak heran bila semakin banyak saja wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya menikmati keindahan alam di wisata Pulau Morotai. Setelah Pulau Sumsum, Pulau Dodola, Pulau Ngelengele dan Tanjung Gorango, berikut ulasan tentang tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat Anda berjalan-jalan di Pulau Morotai.
Batu Kopi

Lokasi Batu Kopi ada di pesisir pantai Pulau Posiposi-Rao, Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai. Batu ini sangat indah dan berdiri kokoh dihamparan pasir pantai yang putih bersih. Satu hal yang menarik dari batu ini adalah pada saat-saat tertentu batu ini dapat mengeluarkan aroma kopi padahal tidak ada tanaman kopi di area sekitarnya. Bau segar kopi ini biasa tercium antara pukul 8-10 pagi dan 3-5 sore hingga warga sekitar menganggap batu ini memiliki aura mistis. Untuk dapat menghirup aromanya, Anda harus tenang dan tidak boleh ada keributan disekitar lokasi. Bau ini biasanya hanya tercium dengan radius 10 meter dari lokasi dan tak semua orang bisa menciumnya lho. Dari ibukota Daruba, Anda bisa mencapai Batu Kopi setelah menempuh 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan speedboat. 

Pantai Gorua

Tak jauh dari Tanjung Gorango, Anda bisa berkunjung ke desa yang terkenal akan keramahan penduduknya, yakni Desa Gorua. Di tempat ini, Anda bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi sejumlah kuburan tua yang dianggap sebagai tempat sakral oleh masayarakat setempat. Tempat wisata ini juga menwarkan keindahan pantai yang berpasir putih.

 

Baca Juga : Deretan Tempat Wisata di Pulau Morotai Yang Wajib Dikunjungi (Bag.1)

Diving Spot

Salah satu aktifitas paling seru yang bisa dilakukan saat berwisata ke Pulau Morotai adalah diving atau menyelam. Tak tangung-tanggung, pulau ini mempunyai sekitar 28 diving spot yang bisa dijelajahi. Selain menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan warna-warni, diving di Pulau Morotai memberikan nilai plus yang mungkin tak ditemui di tempat lain berupa peninggalan benda bersejarah sisa-sisa Perang Dunia II yang banyak ditemukan di dalam laut sekitar Pulau Morotai. Salah satu peninggalan Perang Dunia II yang paling fenomenal adalah bangkai pesawat yang diduga jenis Bristol Beuford buatan Australia yang karam di kedalaman 40 meter. Anda juga bisa menemukan jib serta pesawat sekutu di Wawama dan Totodaku serta kapal karam di Mira. Ada juga pesawat tempur di Buho buho dekat Dodola. Sedangkan untuk lokasi taman laut bisa Anda temui di sekitar Pulau Sumsum, Ngele Ngele Besar, Koloroi, Dodola, Pulau Rao dan Lungu Lungu.   

Air Terjun Leo Leo

Tempat wisata Air Terjun Leo Leo berlokasi di Desa Leo Leo, Kecamatan Morotai Selatan Barat, Pulau Bau. Anda dapat melakukan trekking selama 40 menit untuk mencapai lokasi air terjun ini dari desa Leo Leo. Dalam perjalanan, Anda akan melewati tiga sungai kecil dan disuguhi pemandangan alam yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Jika Anda dari Daruba, Anda baru bisa sampai ke lokasi setelah sekitar 2 jam perjalanan dengan speedboat sewaan.

Air Terjun Raja

Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di desa Raja, Kecamatan Morotai Selatan Barat. Air terjun Raja memiliki beberapa tingkat. Air terjun Raja tingkat ke-1 memiliki ketinggian sekitar 2 meter dan merupakan yang paling sering dikunjungi karena lokasinya tidak begitu jauh. Bila ingin menemukan air terjun yang terindah maka Air terjun Raja tingkat ke-7 adalah jawabannya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan jarak tempuhnya sekitar 15-20 km dari air terjun tingkat ke-1. Saking jauhnya, air terjun tingkat ke-7 ini kurang diminati wisatawan. Demi kelancaran trekking, disarankan untuk meminta tolong warga setempat sebagai guide Anda ke lokasi.   

Masih banyak lho tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat Anda berlbur di Pulau Morotai. Jangan sampai terlewat membaca bagian ke-3 dari artikel Deretan Tempat Wisata di Pulau Morotai yang Wajib Dikunjungi  ini ya…(Jari Adventure – Detty)

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *