Deretan Tempat Wisata di Kepulauan Seribu Yang Menarik Untuk Dikunjungi (Bagian 1)

Tempat wisata Kepulauan Seribu– Warga Jakarta banyak mengeluh akibat suasana kota yang panas dan penuh polusi. Tak mengherankan bila melihat kondisi ibukota yang semakin padat penduduknya. Jadi, setiap kali ada kesempatan untuk berlibur, mereka memilih segera meninggalkan Jakarta dan mencari tempat wisata dengan nuansa alam yang indah dan masih alami.

Jarak rupanya menjadi faktor utama warga Jakarta dalam menentukan tempat liburan hingga mereka kebanyakan memilih tempat wisata di sekitar Jawa Barat. Ternyata, mereka kini bahkan tak perlu jauh-jauh lagi ke Jawa Barat sebab di sekitaran Jakarta juga menawarkan tempat wisata yang mempesona, yakni Kepulauan Seribu.

Ya, Kepulauan Seribu merupakan gugusan mutiara yang sering tak disadari keberadaannya oleh warga Jakarta. Padahal di kawasan ini terdapat beberapa pulau cantik yang tak kalah dengan pulau-pulau di Indonesia timur.

Kepulauan Seribu ini dikenal pula dengan sebutan  Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Kawasan seluas 108.000 ha. ini meliputi kawasan konservasi dan wisata. Penasaran dengan pulau-pulau cantik yang dimiliki Kepulauan Seribu yang bisa Anda jadikan tempat wisata bersama keluaraga atau pasangan? Berikut ulasannya.

Pulau Tidung

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung. Dengan pesona laut biru yang ditawarkan, pulau ini menjadi favorit para wisataan. Pulau ini terdiri dari dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang keduanya dihubungkan dengan jembatan panjang yang oleh warga sekitar dinamakan jembatan cinta. Dari dermaga Muara Angke, Pulau Tidung bisa ditempuh dalam 3 jam perjalanan. Karena keindahannya, pulau ini sering digunakan oleh beberapa agen perjalanan untuk menawarkan paket wisata.   

Pulau Semak Daun

Tak kalah indah dengan Pulau Tidung, Pulau Semak Daun juga sangat populer di kalangan wisatawan. Anda bisa datang ke tempat wisata ini bila yang Anda cari adalah keheningan suasana dan juga keindahan kehidupan bawah laut. Pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir putih yang indah.

Karena tak berpenghuni, Pulau Semak Daun bisa Anda jadikan pilihan untuk melepaskan diri dari segala penat dan hiruk pikuknya Jakarta . Dengan mendirikan tenda dan bermalam di sini, Anda akan mendapatkan ketenangan yang Anda dambakan. Menikmati keindahan alam bawah laut dengan cara ber-snorkeling ataupun diving juga juga bisa membantu mengurangi stress yang Anda rasakan. Namun, Pulau Semak Daun tak di sarankan bagi Anda yang tak bisa bermalam di alam bebas karena tidak ada penginapan di pulau kecil ini. Jadi wajib hukumnya membawa tenda dari rumah bila Anda ingin bermalam di pulau ini.

 

Baca Juga : Paket Tur Wisata Kepulauan Seribu

 

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka juga menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Kepulauan Seribu yang wajib Anda kunjungi. Tak hanya kesenangan, Anda juga akan mendapatkan ilmu bila berkunjung ke pulau ini. Anda bisa menikmati suasana liburan laut yang menyenangkan dengan melakukan berbagai aktifitas yang menarik. Anda juga bisa belajar tentang penyu sisik karena di pulau ini terdapat tempat pelestarian penyu sisik yang termasuk jenis penyu langka. 

Pulau Bira

Bila Anda suka dengan kealamian maka Pulau Bira lah tujuan wisata Anda. Pulau ini belum banyak dikunjungi wisatawan hingga masih terjaga kemurnian alamnya dan juga suasananya. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke dan transit di Pulau Pramuka sebelum mencapai Pulau Bira. Meski perjalanan menuju ke sana tak cukup mudah, semua akan terbayar saat Anda menjejakkan kaki di Pulau Bira.

Pulau Bira memiliki alam bawah laut yang sangat mempesona yang bisa Anda nikmati dengan ber-snorkeling dan diving. Anda juga bisa menikmati panorama sunset yang indah di pulau ini dengan duduk-duduk manis di seputar dermaga. Di pulau ini, Anda bisa menginap di beberapa rumah kayu dengan gaya vintage.     

Pulau Pari

Pulau Pari kini bisa Anda jadikan salah satu tujuan wisata di Kepulauan Seribu karena sudah mulai banyak agensi wisata yang memasukkan pulau ini dalam daftar paket liburan mereka. Tak bisa dipungkiri bahwa pulau ini memiliki keindahan yang tak dapat Anda temukan di tempat lain.

Pulau Pari menawarkan pantai berpasir putih yang sangat elok yang bisa Anda susuri dengan berjalan santai bersama pasangan hingga timbullah suasana yang begitu romantis. Anda juga bisa diving, snorkeling dan melakukan kegiatan pantai menarik lainnya. Tak hanya itu, Anda bisa melihat budidaya rumput laut di pulau ini.Tahukah Anda, bila Pulau Pari juga dijadikan sebagai pusat pelelitian kelautan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Tertarik dengan tempat wisata bernuansa pulau yang ditawarkan Kepulauan Seribu? Kelima pulau di atas semoga bisa menjadi referensi liburan Anda bersama keluarga maupun pasangan tercinta. Jangan lupa untuk mengikuti ulasan selanjutnya tentang tempat wisata lainnya di Kepulauan Seribu yang bisa disinggahi untuk liburan Anda. Selamat berlibur!  (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.