Derawan, Pulau Menawan Bak Syurga di Kalimantan Timur

Indonesia memiliki satu pulau dengan pantai terbaik yaitu Kepulauan Derawan yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur.

Butuh 2 jam perjalanan darat dari Bandara Berau lalu dilanjutkan dengan 30 menit penyebrangan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Kepulauan Derawan terdiri dari berbagai pulau cantik dan keunikan wisatanya sendiri-sendiri.

Kepulauan Derawan ini memiliki julukan Pristine Island karena termasuk kawasan yang masih terjaga keasriannya. Kawasan ini termasuk 15 wilayah yang dilakukan sistem DMO atau Destination Management Organization.

Awalnya Kepulauan Derawan ini termasuk sebuah desa administratif namun oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diubah menjadi desa wisata sehingga mampu mendongkrak perekonomian.

 

Belanja Souvenir dan Berkenalan dengan Penduduk Setempat

Berbelanja souvenir khas Derawan merupakan moment yang tidak boleh dilupakan dan terlewatkan karena harga yang murah. Mulai dari 50 ribu semua yang dijual disini merupakan hasil warga Suku Bajo. Selain itu kamu juga bisa ngobrol dengan mereka karena warga suku bajo sangat ramah-ramah.

 

Tidur nyenyak ditemani suara ombak di penginapan apung Derawan

Kamu ingin liburan ke Maldive tapi masih terbentur dengan budget? Tenang liburan saja dulu ke Derawan lalu menginaplah di penginapan Apung Derawan. Kamu akan merasakan sensasi bermalam di pinggir pantai yang terdapat di Kepulauan Derawan.

Apalagi Derawan dikenal dengan penginapan-penginapannya yang berada diatas permukaan air laut yang mampu memberikan pengalaman tersendiri saat liburan ke Derawan.

 

Wisata air laut di Pulau Maratua

Salah satu pulau di gugusan kepulauan Derawan yang terkenal dengan keindahannya adalah Pulau Maratua. Pulau berpasir putih ini dikelilingi laut berwarna tosca kerap menjadi buruan pecinta fotografi untuk foto-foto yang instagramable.

Ditambah lagi kamu bisa menemukan banyak titik-titik snorkeling yang indah serta ada Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban yang bisa kamu jelajahi saat berada disana.

 

Berpetualang di Goa Maratua

Walaupun dinamakan Goa, namun objek wisata ini hanya memiliki bibir goa yang terbentuk vertikal dengan bagian dalam yang dipenuhi air sehingga tampak seperti danau atau kolam.

Untuk menuju tempat ini kamu ada dua pilihan yaitu lewat darat melalui Maratua Resort yang berjarak 7 jam atau naik Speedboat yang hanya menempuh jarak selama 15-20 menit. Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, berenang lalu menjelajahi eksotisme dari Goa Haji Mangku.

 

Berenang bersama Ubur-ubur di Pulau Kakaban

 Daya tarik utama dari Pulau Kakaban adalah banyaknya habitat ubur-ubur air tawar yang tidak memiliki sengat yang menjadi penghuni danau ini. Berenang dengan ubur-ubur akan sejenak melupakan keluh kesah saat berada di kota apalagi kamu tidak akan bisa menikmati sensasi ini ketika sudah meninggalkan Derawan.

 

Menyelam di Goa Bawah Laut “Blue Light Cave”

Kepulauan Derawan terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya sehingga menawarkan berbagai titik menyelam yang diburu oleh para penyelam seluruh dunia. Salah satu spot favorit penyelam dunia adalah “Blue Light Cave” sebuah goa bawah laut yang sangat menakjubkan.

Selain itu kamu bisa menjelajahi spot-spot selam yang menjadi buruan seperti Shark Point yang terkenal dengan hiu-nya, Coral Garden yang menghadirkan keindahan ragam terumbu karang, Tuturuga Poin, Snapper Point dan berbagai alternatif lokasi menyelam lainnya.

baca juga:

Jangan Lupa Pakai Masker! Ide Liburan Saat Long Weekend yang Berkesan

 

Kawasan Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki

Selain menyelam yang bisa kamu ekspor dari wisata Derawan ini adalah datang ke kawasan konservasi penyu yang ada di Pulau Sangalaki. Salah satu pulau yang berada di kawasan Kepulauan Derawan, apalagi pulau ini menjadi lokasi bertelurnya Penyu.

Dan kalau kamu beruntung, kamu akan melihat kegiatan pelepasan tukik-tukik atau penyu kecil yang baru menetas ke lautan.

 

Berenang di Danau Labuan Cermin

Wisata Derawan yang tak kalah menariknya adalah Danau Labuan Cermin, Iyap sesuai dengan namanya objek wisata ini terkenal dengan kejernihan airnya bak cermin.

Untuk mencapai danau ini kamu harus menempuh sungai yang ditumbuhi rimbunnya bakau, namun kamu tidak akan menyesal setelah melakukannya karena setelah berenang di Labuan Cermin yang jernih mampu mengembalikan kesegaran kembali pikiranmu.

 

Kulineran Khas Derawan

Hal paling penting dari semuanya ketika singgah di Kepulauan Derawan adalah mencicipi beragam kuliner khas dari Derawan.

Disini kamu bisa menikmati ragam olahan seafood yang enak dan unik khas Derawan seperti tehe-tehe, olahan ketan yang dimasak bersama santan dan pandan dengan menggunakan cangkang landak laut.

Selain itu kamu bisa menikmati kerang laut yang diasinkan dan dikeringkan khas Derawan yang biasa disebut Kima-kima.

Jangan lupa mencicipi buah Elai yang merupakan buah khas Kepulauan Derawan yang memiliki bentuk seperti durian namun memiliki cita rasa yang khas.

 

Jadi tak salahkan kalau liburan selanjutnya, kamu mencantumkan Derawan sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewati.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.