Dekat dan Hemat, Nikmati 8 Cantiknya Destinasi Wisata di Malaysia

Selain Singapura, negara yang paling dekat dengan Indonesia adalah Malaysia. Negara ini juga termasuk negara yang popular untuk destinasi wisata para pelancong termasuk dengan Indonesia.

Malaysia tak jauh dari Indonesia, sama-sama memiliki keberagaman wisata seperti cagar budaya, wisata alam, hingga kota besar seperti Kuala Lumpur.

Ada banyak wisatawan asal Indonesia yang memili Malaysia sebagai tujuan wisatanya. Salah satunya karena destinasinya yang beragam. Budget untuk berkunjung ke Malaysia juga lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Untuk Anda yang tinggal atau sedang travelling ke Malaysia, simak beberapa destinasi wisata menarik Malaysia berikut ini.

1.    Kepualauan Perhentian

Kepulauan Perhentian merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pelancong serta backpacker, terutama pulau terkecilnya yaitu Perhentian Kecil.

Kenapa? Karena kepualauan ini merupakan spot snorkeling dan menyelam yang sangat bagus.

Pasirnya juga halus sehingga sangat nyaman untuk berlama-lama sambil bermain pasir. Selain itu, aka nada pesta meriah di malam hari.

Beralih ke pulau dengan ukuran yang lebih besar, Perhentian Besar juga sering dikunjungi turis yang ingin menghabiskan waktu Bersama keluarga dan pasangan. Air lautnya yang biru terlihat eksotis.

Untuk menuju ke kedua pulau di Kepulauan Perhentian Anda harus menaiki speedboat. Kedua pulau akan ramai di puncak liburan sehingga akomodasi mungkin sulit ditemukan.

2.    Melaka

Selanjutnya ada Melaka yang kini masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Melaka merupakan wisata yang sangat unik karena penuh akan situs bersejarah. Letaknya agak jauh di selatan Penang.

Di sini Anda akan menemukan Benteng A Famosa serta Gereja Kristus. Jangan lupa untuk berwisata kuliner seperti hidangan sate celup, masakan Nyonya, serta bola nasi ayam yang mungkin tidak mudah ditemukan di Indonesia.

Kunjungi Jonker Street Nigh Market dan wisata kuliner lainnya.

3.    Penang

Penang George Town merupakan salah satu kota yang masuk dalam Kota Warisan Dunia oleh UNESCO. Di sini Anda dapat melihat indahnya arsitektur serta budaya yang unik.

Ada juga berbagai bangunan era colonial yang masih berdiri hingga kini. Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyusuri tempat bersejarah di kota ini mulai dari Bukit Penang, Kuil Ular, Kuil Kek Lok Si, War Chaiyanabgalaram, Gurney Drive, dan yang lainnya.

Selain itu, ada juga wisata kuliner yang wajib Anda coba seperti hidangan Penang Rojak, Pasembur, Char Kway Teow, hingga yang lainnya.

4.    Lembah Danum – Sabah

Jika Anda ingin lebih dekat dengan alam Malaysia, maka tujuan pertama adalah Lembah Danum di Sabah.

Lembah Danum adalah kawasan konservasi yang berada di dalam hutan dipterocarp dataran rendah yang kini berusia 130 juta tahun.

Anda bisa melihat indahnya keragaman hayati yang luar biasa. Jika beruntung, bisa saja Anda bertemu dengan orang utan, gajah kerdil, hingga macan tutul mendung.

Yang paling unik adalah pemukiman manusia yang hanya sedikit sehingga lingkungan lebih alami.

Di sini Anda dapat melakukan trekking di hutan ditemani pemandu berpengalaman, safari malam, serta mengunjungi situs pemakaman kuno Kadazan-Dusun.

baca juga:

Menyepi Segarkan Hati, Yuk, Eco-Wisata ke Hutan Pinus Mangunan Jogja

 

5.    Taman Nasional Taman Negara

Taman negara merupakan permata hijau dari Malaysia denga luas mencapai 4.300 kilometer persegi dengan membentang melintasi hutan hujan purba, beberapa hutan tertua di dunia, serta sungai yang berkelak-kelok.

Bisa terbayang bagaimana luasnya taman ini?

Taman ini diangkat menjadi Mekkah-nya Ekowisata Malaysia. Anda akan melewati jembatan tali berayun, jalan di jalan setapak dengan penuh pohon dan hewan liar yang mungkin tidak mudah ditemukan di tempat lainnya.

6.    Tanah Tinggi Cameron

Tanah Tinggi Cameron merupakan tujuan utama bagi para pelancong dan masyarakat Malaysia yang penat akan kehidupan perkotaan seperti Kuala Lumpur.

Daerah ini terletak di perbukaan dengan museum Dataran, perkebunan teh, serta tempat menarik lainnya. Bahkan, daerah ini juga menjadi rumah dari titik tertinggi Malaysia yaitu Gunung Brinchang.

Lakukan aktivitas hiking Bersama teman dan kerabat di sini.

7.    Kuala Kangsar

Kuala Kangsar merupakan ibu kota kerajaan yang memiliki arsitektur menakjubkan untuk dijelajahi.

Kota ini cukup tenang dengan banyak istana yang bisa dikunjungi seperti Istana Iskandariah, Istana Kenangan, serta Galeri Sultan Azlan Shah.

8.    Gua Batu – Selangor

Wisata alam lainnya adalah Gua Batu yang terletak di Selangor, Malaysia. Wisata ini termasuk situs keagamaan terpenting di Malaysia.

Setiap tahunnya, ribuan pengikut agama Hindu akan naik ke kuil tempat pemujaan untuk Dewa Hindu.

Ada juga patung Murugan yang berdiri di kompleks utama kuil. Gua Kapur dulunya dihuni oleh suku asli daerah tersebut.

Selain menjadi kawasan wisata dan festival keagamaan, Gua Batu juga menjadi situs panjat tebing serta eksplorasi gua karena di dalamnya terdapat banyak spesies tumbuhan dan hewan gua.

Itulah destinasi wisata Malaysia yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Menarik, bukan? Selamat berlibur ke Negeri Jiran Malaysia!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.