Danau Biru, Sebiru Langit Pulau Bintan

Danau Biru – Anda penyuka danau? Jika iya, sempatkanlah berkunjung ke Pulau Bintan. Danau yang ada di Pulau Bintan sangat unik dan tiada bandingnya. Meski pulau ini di dominasi wisata yang berbau pantai dan keindahan bawah lautnya saja, jangan salah, ada yang sebiru langit loh.  Di Pulau ini ternyata ada keindahan yang tersembunyi dan jarang terdengar, karena di Pulau Bintan ini anda akan menemukan danau yang begitu mempesona. Meski tak se-terkenal Danau Kelimutu atau Toba lake namun pesona kecantikannya tak kalah dari danau-danau cantik di Indonesia lainnya. Mau tahu bagaiamana pesonanya?Yuk simak dulu sama-sama!

Lokasi Danau Biru Nan Cantik

Danau ini berada di desa Galang Batang, Kawal, km 27 Tanjung Pinang. Anda bisa memulai perjalanan dari Batam menuju pelabuhan Punggur untuk menyeberang ke Tanjung Uban dan di lanjutkan dengan perjalanan menuju ke Simpang Korindo hingga menuju ke Kawal. Dari Kawal anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 20-30 menit untuk bisa melihat cerminan langit di danau ini.

Keunikan Danau Biru

Sekilas info, dulunya Danau Biru ini bukanlah danau yang terbentuk secara alami atau seperti cerita danau yang tersohor dalam buku dongeng-dongeng loh. Danau Biru hanyalah bekas sebuah galian dari hasil pertambangan pasir yang terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam. Seperti yang diketahui bahwa kegiatan galian merupakan suatu kegiatan melakukan ekstraksi, ekskavasi atau pertambangan(wikipedia.com). Konon di sinilah tempat dilakukan  pertambangan pasir.

Proses pengalian ini dilakukan menggunakan alat berat ‘COBECO’ loh dan proses pengalian pasir dilakukan secara terus menerus, sehingga menyebabkan terbentuknya Danau Biru. Nah uniknya dari proses terbentuknya warna biru sebiru langit di danau ini dikarenakan galian pasir berada di atas tanah liat dan digali cukup dalam. Sehingga memantulkan warna biru, hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada air Danau Biru.

Dikelilingi bukit indah

Di sekeliling danau ini juga di kelilingi pasir putih berbentuk bukit. Spot di sini  indah untuk bisa diabadikan. Karena di sekitar danau juga ditumbuhi pepohonan yang hijau. Dan anda bisa melihat langsung pemandangan bukit yang berdiri tegak di Pulau Bintan. Anda bisa bawa keluarga untuk berkunjung ke danau ini dan tentunya akan membuat suasana menjadi semakin akrab.

Danau Biru ini terlihat memancarkan birunya langit, lihat saja warnanya. Anda pasti akan jatuh cinta dengan keindahan yang disuguhkan Pulau Bintan untuk anda. Sebenarnya Danau ini bukalah tempat pariwisata terkenal namun danau ini memberikan kesan keindahan yang bisa menyejukan mata.

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Menurut para ahli Phisikologi mengatakan bahwa warna biru yang terpancar merupakan warna yang stabil, memberikan lambang ketenangan, memberi kesan menenangkan pada tekanan darah, deyut nadi dan tekanan nafas

Warna biru cocok sekali untuk menenangkan pikiran . Nah, jika anda merasa lelah dengan kebisingan kota, sejenak mampirlah ke Danau Biru ini.

Kuliner khas Bintan

Nah, setelah asyik menikmati keindahan Danau Biru ini ada baiknya anda mencicipi kuliner yang pas. Anda bisa mencicipi kuliner khas Pulau Bintan, seperti Ikan Lebam, Lebam di sini bukan berarti ikannya habis beratem loh ya terus badannya lebam-lebam. Ikan Lebam ini  lebih mirip dengan Ikan Bawal. Sudah terbayangkan bagaimana lezatnya Ikan Bawal, nah ikan ini jauh lebih lezat dari ikan Bawal katanya.

Selain  bisa menikmati sensi Ikan Lebam anda juga bisa menikmati cumi bakar. Cumi bakar khas Bintan pasti punya daya tarik sendiri. Pelengkapnya, anda bisa meminum teh tari khas Melayu. Nah, jangan bingung ke mana anda bisa menemukan kuliner tersebut. Untuk menikmati makanan lezat ini anda bisa langsung meluncur dari Danau Biru menuju Akao Potong Lembu yang terletak di sekitar Tanjung Pinang. Jangan lupa mampir ya!

Semoga sedikit informasi di atas bisa menjadi tambahan daftar paket liburan anda yang menyenangkan. Jangan lupa bawa kamera, abadikan nuansa birunya danau ini.

Selamat berlibur! (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.