Danau Labuan Cermin, Sebening Kaca Kristal dengan Dua Rasa

Libur lebaran adalah waktu yang cocok buat Anda para pekerja kantoran menikmati bagaimana indahnya alam yang diciptakan oleh Tuhan. Kali ini Jari Adventure akan merekomendasikan wisata alam yang harus Anda kunjungi. Rekomendasi kami adalah danau yang begitu cantik, Danau Labuan Cermin. Keindahan telaga bening ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur, dari ibukota Kabupaten Berau akan menghabiskan waktu 6 sampai 7 jam melalui perjalanan darat.

Danau ini dinamakan Labuan Cermin karena airnya yang begitu jernih kebiruan dan mengilap layaknya sebuah cermin. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang membuat suasana semakin teduh. Dengan kejernihan airnya Anda bisa melihat penyu dan satwa air danau lainnya yang begitu jelas.

Danau Dua Rasa

Jika biasanya air danau adalah air tawar namun kali ini berbeda dengan Danau Labuan Cermin. Danau ini memiliki dua rasa yang berbeda, yaitu rasa asin dan tawar. Pada bagian atasnya Danau Labuan Cermin ini memiliki rasa yang tawar, namun ikan laut pada bagian dasar danau.

Danau ini berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi. Danau Labuan Cermin dikelilingi oleh hutan bakau dan bukit-bukit tinggi sebagai sumber air tawar di danau ini. Sebelum mengalir ke laut, air tawar ini mengalir terlebih dahulu di Danau Labuan Cermin. Oleh karena itu danau ini memiliki dua jenis air, yaitu tawar dan air asin.

Uniknya dua jenis air ini tidak tercampur menjadi satu. Mereka terlihat dipisahkan oleh lapisan serupa awan. Ikan yang hidup di keduanya juga berbeda, pada bagian atas adalah ikan jenis air tawar sedangkan pada bagian bawah adalah ikan jenis air laut. Ketebalan dari lapisan air tawar ini bisa berubah sesuai dengan pasang-surut dari air laut.

Kegiatan di Danau Labuan Cermin

Tidak hanya bisa berenang, Anda juga bisa menikmati jernihnya danau dengan ikan ikannya yang bermacam-macam dengan snorkeling. Karena airnya yang begitu jernih Anda bisa berfoto di atas perahu yang seolah-olah melayang. Jadi tak perlu editan photoshop untuk membuatnya memantul layaknya cermin.

Di sini juga menyediakan peralatan berenang dan snorkeling yang disewakan. Untuk biaya sewa pelampung dikenai biaya sekitar Rp15.000,- hingga Rp20.000,-. Sedangkan untuk alat snorkeling dikenai biaya sekitar Rp20.000,- hingga Rp30.000,- untuk 1 paket            alat snorkeling. Namun lebih baik Anda membawa peralatan snorkeling sendiri karena alat di sana masih belum lengkap dan keadaannya kurang bagus.

Rute Menuju Danau Labuan Cermin

Bagaimana cara menuju ke danau cantik ini? Untuk mencapai Danau Labuan Cermin cukuplah mudah. Jika Anda berasal dari luar Pulau Kalimantan, gunakanlah jalur udara dengan tujuan Tanjung Redep, ibukota Kabupaten Berau. Dari Berau lanjutkan perjalanan ke Kecamatan Biduk-biduk yang memakan perjalanan 6-7 jam. Anda bisa menggunakan jasa travel yang mematok harga sebesar Rp150.000,- per orang. Namun jika Anda rombongan, Anda bisa menyewa mobil dengan harga Rp900.000,-

Sampai di Dermaga Labuan Kelambu Anda harus menyewa perahu dengan harga Rp130.000,- untuk pulang perginya. Namun jika Anda bersama rombongan, harganya akan lebih murah lagi. Perjalanan dari dermaga menuju danau tidak membutuhkan waktu lama. Walaupun perjalanan yang Anda tempuh begitu jauh dan cukup merogoh kocek Anda, semua itu terbayarkan dengan pesona dari danau ini. Disarankan mengunjungi danau saat matahari sedang bersinar terik karena saat itu air akan terlihat sangat jernih.

Fasilitas dan Penginapan

Fasilitas di Danau Labuan Cermin cukup lengkap. Terdapat toilet umum dan tempat untuk berganti pakaian. Selain itu di pinggiran danau juga terdapat kayu-kayu untuk duduk sambil mencelupkan kaki ke danau. Penyewaan ban untuk berenang hingga peralatan untuk snorkeling.

Apabila menurut Anda sehari di danau ini kurang, Anda bisa menginap di sini. Ada banyak penginapan yang tersedia untuk Anda. Anda bisa menyewa penginapan di sekitar danau. Namun bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan uang, Anda bisa menginap di rumah-rumah warga loh. Harga yang ditawarkan untuk penginapan di sini bervariasi, yaitu mulai Rp50.000,- hingga Rp300.000,-.

baca juga:

Danau Sentarum, Kawasan Wisata dan Belajar Eco Friendly

***

Sudah mulai tidak sabar kan untuk menikmati indahnya danau dua rasa ditambah lagi kejernihan airnya. Begitu Anda melihat birunya danau, dijamin Anda sudah tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Ayo manfaatkan liburan panjang Anda untuk berwisata ke danau indah ini. Pastinya tidak lupa ditemani dengan agen travel yang professional dan terpercaya seperti Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *