Danau Kelimutu Flores, Wisata Bermutu yang Membius dan Menenangkan Pikiran

Danau Kelimutu memang menjadi salah satu danau unik yang terkenal di dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang menjadikan Danau Kelimutu sebagai destinasi wisatanya. Danau ini terdiri atas 3 buah danau yang terdapat di puncak Gunung Kelimutu yang memiliki warna air berubah-ubah setiap tahunnya.

Keunikan ini lah yang menjadi magnet para wisatawan lokal maupun asing untuk datang dan berkunjung ke danau ini. Anda dapat mengajak teman atau keluarga Anda untuk bertamasya di lokasi ini sambil hiking dan menikmati pemandangan.

Pengunjung di Danau Kelimutu ini sangat banyak terutama pada hari-hari tertentu. Salah satunya adalah ketika malam tahun baru serta beberapa perayaan besar.

Lokasinya sangat mudah dijangkau sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk mengunjungi danau eksotis yang satu ini. Lalu apa sajakah keistimewaan yang diberikan oleh Danau Kelimutu? Mari kita simak berikut ini.

  1. Danau Tiga Warna

3 buah danau dengan warna yang berubah-ubah ini menjadi keunikan sendiri bagi seluruh pengunjung dan wisatawan.

Keunikan ini pula yang membuat danau ini menjadi mendunia akan keindahannya. Biasanya warna danau akan berubah menjadi warna hijau muda, hijau, cokelat, merah, serta biru muda. Itu dikarenakan oleh adanya perubahan endapan mineral yang terkandung di dalamnya.

  1. Pemandangan Eksotis

Bawalah kamera saat berkunjung di tempat yang eksotis ini. Pemandangan yang sangat indah di danau ini dapat membuat Anda ketagihan untuk sekedar mengambil gambar atau berfoto ria dengan keluarga. Dipastikan Anda pasti akan merasa takjub dengan lingkungan yang sangat menarik perhatian mata. Lokasi danau ini juga dipenuhi dengan pemandangan yang menarik dan menawan.

Banyak orang yang mengunjungi Danau Kelimutu selama beberapa hari bahkan ada yang lebih dari satu minggu hanya untuk menikmati pemandangan istimewanya. Suhu di lingkungan danau juga sangat sejuk yang berkisar antara 10 – 15 derajat sehingga membuat Anda nyaman dan tenang serta melupakan segala penat dan stress yang ada.

  1. Fasilitas Nyaman dan Lengkap

Meskipun Danau Kelimutu adalah destinasi wisata alam, fasilitas yang disediakan sangat menunjang Anda untuk dapat lebih nyaman.

Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pengurus wisata ini dengan baik sehingga Anda akan terhindar dari rasa bosan. Menginap untuk beberapa hari juga tidak menjadi masalah karena kenyamanan yang di berikan.

  1. Pemandangan Saat Malam

Selain pagi dan siang hari, ternyata Anda juga dapat menikmati keindahan Danau Kelimutu pada saat malam hari dengan pemandangan yang gemerlap.

Suhu saat malam hari tentu akan lebih dingin sehingga Anda harus membawa jaket agar terhindar dari kedinginan. Tempat ini menjadi lebih eksotis dengan birunya danau di sekitarnya. Anda kan disuguhi kesejukan udara serta pemandangan yang menarik dan dikelilingi oleh gerlapnya bintang di malam hari.

  1. Legenda Danau Kelimutu

Pemandangan dan keindahan yang disajikan danau ini tidak menutup kemungkinan adanya legenda yang tersembunyi di dalamnya. Ketiga danau memiliki nama serta keunikannya masing-masing. Legenda yang dipercayai oleh penduduk setempat adalah berupa warna air danau yang berubah-ubah akan melambangkan arwah atau roh yang menghuni danau tersebut.

Danau yang berwarna hijau toska, danau tersebut dinamakan Tiwu Nua Muri Kooh Fai. Danau ini adalah satu-satunya danau yang warna airnya tidak berubah-ubah. Menurut kepercayaan penduduk setempat, danau ini dihuni oleh arwah yang meninggal di usia muda.

Dan danau kedua berwarna putih kehijauan, danau itu bernama Tiwu Ata mBupu yang dipercayai penduduk setempat bahwa danau ini dihuni oleh arwah orang yang meninggal di usia tua.

Dan yang ketiga, danau ini bernama Tiwu Ata mBupu yang dipercayai sebagai tempat arwah orang-orang yang selama hidupnya pernah mencuri, membunuh, dan melakukan kejahatan lainnya.

Namun, terlepas dari legenda tersebut, Danau Kelimutu ini tetap merupakan destinasi wisata favorit yang menarik perhatian wisatawan.

  1. Destinasi Wisata Keluarga

Danau Kelimutu ini adalah salah satu destinasi wisata favorit untuk dilakukan bersama keluarga. Anda dan keluarga dapat menghilangkan stress dan melupakan sejenak hiruk pikuk perkotaan serta pekerjaan yang menumpuk.

Hari akan menjadi lebih segar dan menjadi lebih ceria. Tempat ini dapat Anda jadikan sebagai tempat melepaskan lelah di akhir pecan. Bahkan bisa pula dijadikan destinasi wisata honey moon bersama pasangan karena pemandangannya yang cantik dan indah.

Baca juga:

Tenangkan Pikiran di Gunung Kerinci

***

Liburan dan bertualang ke destinasi alam Nusantara tak akan pernah bosan rasanya. Nikmati perjalanan wisata yang menenangkan dan menentramkan hati di Danau Kelimutu bersama agen travel wisata, Jari Adventure. Kami siap mengakomodir perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.