Danau Biru, Sebiru Batu Safir Samudera

Danau Biru – Bila menyebut nama Bintan pasti yang tergambar dalam benak Anda adalah pulau yang memiliki keindahan pintai yang menakjubkan serta resort yang menawarkan beragam fasilitas mewah. Namun, pulau yang terletak di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Tanjungpinang, Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, ini ternyata memiliki surga tersembunyi yang berupa sebuah danau cantik bernama Danau Biru. Anda pasti penasaran dengan obyek wisata yang satu ini bukan? Nah, sebelum berkunjung ke Danau Biru di Bintan sebaiknya Anda simak ulasan tentang obyek wisata yang sangat menarik ini dalam artikel berikut!

Obyek wisata Danau Biru tepatnya berlokasi di Galang Batang Warna di Pulau Bintan. Danau cantik ini sebenarnya bukanlah danau alami yang terbentuk dengan sendirinya akibat proses alam. Namun, danau ini awalnya merupakan bekas galian tambang pasir dan terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam. Karena keindahannya yang luar biasa, Danau Biru ini pun menarik banyak perhatian wisatawan meski sebenarnya danau ini bukanlah sebuah tempat wisata. Hingga kini, kawasan danau masih merupakan tempat penambangan pasir yang masih aktif.

Sejarah Nama Danau Biru

Danau Biru memiliki air berwarna biru terang bahkan lebih biru dari langit yang terkadang masih tercampur dengan warna putih awan atau bahkan kelabu. Bahkan saat cuaca cerah, warna air di danau ini terlihat memancarkan warna biru muda yang sangat indah seolah Anda sedang memandangi hamparan lautan yang jernih. Itulah sebabnya obyek wisata di Bintan ini disebut dengan Danau Biru.  Keindahan warna air danau inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke lokasi. Tak hanya mempunyai warna air yang menawan, pemandangan di kawaan wisata ini pun sangat indah. Sekeliling danau dihiasi dengan beberapa bukit pasir yang merupakan tambang warga yang masih aktif.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Tentang Festival Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat

Di luar keindahan alamnya, Danau Biru belum didukung fasilitas yang memadai karena memang tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata. Belum ada hotel-hotel mewah ataupun restoran-restoran yang mnyajikan menu bertaraf internasional. Meski begitu, bagi wisatawan yang ingin berwisata ke tempat ini tak perlu terlalu risau karena di kawasan Pulau Bintan tersedia beberapa penginapan serta rumah makan yang siap menyambut para wisatawan yang datang ke sana.

Akses menuju Danau Biru

Danau Biru merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Pulau Bintan. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda dapat melalui Batam karena jarak antara Pulau Bintan dan Batam tidaklah terlalu jauh. Bila menggunakan kapal ferry atau speedboat, Anda hanya butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan. Sesampai di Batam, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Punggur dan kemudian menyeberang dengan menggunakan speedboat ke Pelabuhan Tanjung Uban.

Dari Pelabuhan Tanjung Uban, perjalanan dilanjutkan kembali menuju ke Simpang Korindo hingga ke arah Kawal. Sekitar 2 kilometer sebelum pertigaan Kawal, lokasi Danau Biru sudah dapat dilihat oleh para wisatawan. Bila Anda menyukai jalur cepat, Anda dapat memilih rute menuju Pantai Trikora. Bila telah sampai di pertigaan sebelum Pantai Trikora, Anda dapat bertanya ke warga sekitar arah menuju lokasi Danau Biru. Cukup mudah bukan?

Pesona Danau Biru

Danau Biru yang elok di Bintan ini tak henti-hentinya menarik perhatian para wisatawan untuk berduyun-duyun berlibur di sana. Kebanyakan dari para wisatawan yang datang ke lokasi hanya sekedar ingin berfoto dan menggunggah hasilnya ke akun-akun media sosial mereka. Apapun tujuan mereka, Danau Biru memang memiliki keindahan yang luar biasa yang sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.

Setelah puas berkeliling danau, Anda pasti merasa sangat lapar dan ingin mencicipi masakan khas Bintan, seperti  gonggong (siput laut), ikan lebam sejenis ikan bawal, cumi bakar dan pastinya teh tarik khas Melayu. Makanan dan minuman khas Bintan dengan citarasa yang mantap dapat Anda temukan di salah satu tempat makan khas sea food yang recommended yaitu Akao Potong Lembu. Kebetulan, tempat makan tersebut tidak terlalu jauh lokasinya dari Tanjungpinang.

Tertarik untuk berkunjung ke Danau Biru di Bintan? Jangan lupa ajak serta keluarga atau sahabat tercinta untuk menikmati keindahan danau bekas galian pasir ini ya…Selamat Berlibur!

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *