Damainya Pesisir Teluk Gurita, 5 Destinasi Wisata Hits di Atambua yang Harus Dijelajahi

Indonesia terkenal akan keberagamannya yang luar biasa. Mulai dari suku, budaya, hingga bahasanya. Setiap daerahnya juga memiliki keunikan masing-masing.

Ada banyak sekali potensi wisata yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Atambua.

Atambua sendiri adalah ibu kota dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Kota ini berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Uniknya, Atambua menyimpan banyak sekali pesona wisata yang tak kalah menarik dengan wisata-wisata di daerah terkenal lainnya seperti Bali atau Lombok.

Kota ini memiliki kondisi budaya, antropologis, serta geografis. Banyak sekali pilihan wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur atau singgah ke Kabupaten Belu. Apa saja destinasi wisata hits yang ada di Atambua? Simak berikut ini.

1.    Teluk Gurita

Wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Teluk Gurita. Jaraknya hanya sekitar 18 km dari kota Atambua. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan mempesona yang masih sangat alami dari zaman dulu hingga kini.

Airnya yang tenang bisa membuat suasana hati juga menjadi lebih tenang. Teluk ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang menawan. Bisa dibayangkan betapa indahnya Teluk Gurita?

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata ini. Salah satunya adalah memancing di Teluk Gurita.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu sambil memancing di danau konkas yang letaknya tak jauh dan masih terhubung dari Teluk Gurita.

2.    Pantai Atapupu

Nama-nama wisata di Atambua memang sangatlah menarik. Dari teluk, kini kita beralih ke wisata pantainya. Pantai Atapupu adalah pantai yang juga sering dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih dan Pantai Sukaerlaran.

Sesuai Namanya, pantai ini diselimuti oleh pasir pantai yang putih lengkap dengan pepohonan bakau yang asri dan rindang.

Di sini Anda dan keluarga bisa bermain air dengan bebas. Apalagi air lautnya cukup dangkal dengan pasir yang begitu halus sehingga tidak perlu khawatir untuk berlarian di pinggiran pantai.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya sunset yang romantic di pantai ini saat sore hari. Nikmati indahnya pemandangan alam yang mengelilingi Pantai Atapupu.

3.    Kolam Susuk

Pernah mendengar istilah susuk? Namanya memang begitu unik untuk menjadi nama wisata. Kolam Susuk sangat terkenal di Atambua apalagi namanya yang begitu menarik perhatian.

Keunikan dari kola mini terletak pada warna airnya yang tampak putih saat terkena pantulan cahaya matahari dengan tanah yang berwarna keputihan di dasar. Pemandangannya semakin terlihat indah ketika langit sedang berawan.

Selain itu, kolam Susuk juga dikelilingi oleh panorama sabana yang hijau dan danau berair jernih. Pemandangan yang sangat menenangkan ini wajib untuk Anda datangi.

Apalagi ketika Anda dan keluarga sedang jenuh dan penat dari suasana perkotaan.

baca juga:

Siapkan Dompet Tebal, 6 Destinasi Dunia untuk Penggila Belanja

 

4.    Pantai dan Bukit Tuamese

Selain Pantai Atapupu, ada juga pantai lainnya yang tak kalah menarik yaitu Pantai Tuamese. Pantai ini terletak tak jauh dari Kota Atambua.

Pemandangannya sangat indah dan asri. Apalagi pantainya masih sepi dari pengunjung dan bersih sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dan lelah.

Tak jauh dari lokasi Pantai Tuamese, ada gugusan perbukitan nan eksotis yang bisa Anda kunjungi. Bahkan dialiri oleh perairan biru dan hijaunya perbukitan.

Pemandangan pulau-pulau yang alami dan cantik bisa Anda lihat dari sini. Tentu saja, pengalaman di kawasan Tuamese tidak boleh Anda lewatkan.

5.    Pantai Motadikin

Pantai Motadikin merupakan salah satu ikon wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Belu. Pasir pantainya yang putih bersih serta pepohonan kelapa yang hijau adalah salah satu dari keindahannya.

Selain menikmati indahnya pemandangan, tempat ini juga sangat mengasyikkan untuk berenang atau berjemur di pinggir pantai.

Birunya air laut terlihat menawan dari pinggiran pantai. Beberapa tambak ikan terlihat cukup jelas dari kejauhan sehingga memberikan visual yang eksotis dan berkesan.

Tak cukup itu, ombak samudera hindianya yang menantang tentu membuat pantai ini menjadi lokasi favorit surfing yang bisa Anda coba.

Dari ke-5 wisata Atambua di atas, mana dulu yang ingin Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.