Dago Pakar Bandung, Taman Hutan Raya Pertama di Indonesia

Bandung merupakan kota wisata serta menjadi kota yang cukup terkenal di Indonesia. Ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Bandung yang dapat menjadi pilihan Anda untuk berlibur.

Salah satu tempat wisata yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Dago Pakar Bandung. Dago Pakar Bandung adalah salah satu wisata alam yang sangat indah dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Kawasan wisata ini memiliki banyak pohon yang lebat, rindang, dan tentunya sejuk. Bahkan, Dago Pakar ini menjadi taman hutan raya pertama yang ada di Indonesia dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Kawasan hutan lindung

demholiday.com

Kawasan hutan raya ini sangatlah asri dan menenangkan. Anda akan merasa nyaman ketika melewati atau melintasi kawasan hutan lindung ini.

Ada banyak sekali tanaman dengan beragam jenis. Seluruh tanaman yang berada di kawasan ini membuat suasana menjadi lebih nyaman dan juga indah.

Udaranya sangat segar dan dapat menghilangkan stress serta penat siapa saja yang berkunjung. Dago Pakar adalah wisata alam terbaik bagi Anda yang ingin melakukan refreshing setelah melakukan pekerjaan yang padat.

Kawasan hutan Dago Pakar Bandung ini dapat kita eksplor dengan berjalan kaki. Manfaatnya adalah tubuh akan menjadi lebih segar dan fresh.

Apalagi ditambah dengan udaranya yang sangat segar. Panjang rute atau lintasan jalan di hutan Dago Pakar Bandung adalah sekitar 5 hingga 7 km.

Rute ini sangat coock digunakan untuk Anda yang menyukai jogging. Cocok pula bagi Anda yang ingin menenagkan pikiran serta menyehatkan badan.

Nikmati udara segarnya yang jarang didapatkan di kota besar

Youtube

Anda bisa saja menyusuri hutan lindung ini untuk sekedar jalan-jalan dan menikmati udara segar yang dihasilkan oleh pepohonan asri di kawasan Dago Pakar.

Selain pemandangan yang ditawarkan, Anda juga akan menemukan beberapa peninggalan serta jejak sejarah di Dago Pakar. Beberapa diantaranya adalah Goa Jepang serta Goa Belanda.

Gua ini menjadi saksi nyata dari perjuangan bangsa kita dalam melawan penjajah. Jepang dan Belanda menjadikan kawasan ini sebagai lokasi pertahan dan perlindungan dari serangan musuh.

Gua Jepang merupakan peninggalan bangsa Jepang ketika melakukan pertahanan dari sekutu. Menurut sejarah, mereka memanfaatkan masyarakat pribumi sebagai pekerjanya.

Mereka dipekerjakan secara paksa atau bisa dikatakan sebagai Romusha. Gua ini ternyata memiliki jalur yang tidak terlalu panjang dan memiliki banyak lorong di dalamnya.

Sedangkan sesuai namanya, Gua Belanda adalah bekas peninggalan Belanda saat menjajah Negara ini. Lokasi ini menjadi lokasi markas militer, penyimpanan senjata, pembangkit listrik bahkan penjara. Jadi, kapan lagi menikmati wisata alam sekaligus wisata sejarah?

Spot lokasi selfie

kabarwisata.com

Lokasi Dago Pakar Bandung kerap kali dijadikan sebagai lokasi foto-foto bahkan acara televisi. Lokasinya yang menenangkan serta indah membuat kawasan ini menjadi favorit para fotografer dan videographer.

Ternyata, Dago Pakar juga memiliki wisata terusan lainnya yaitu bernama wisata alam Maribaya.

Kawasan ini bahkan terbilang lebih indah daripada  Dago Pakar karena memiliki air terjun yang sangat memukau serta memiliki kawasan khusus air panas.

Sama halnya seperti kawasan wisata pada umumnya, kawasan Dago Pakar juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan.

Baca juga:

Tak Kalah Impresif, 5 Tempat Wisata Menakjubkan di Indonesia Ini Mirip di Luar Negeri

 

Fasilitas Dago Pakar

Booking.com

Beberapa fasilitasnya seperti Curug Dago & Batu Prasasti Kerajaan Thailand, Panggung Terbuka, Kolam PLTA Bangkok, Taman Bermain, dan yang lainnya.

Untuk mengunjungi kawasan Dago Pakar, Anda harus mengunjungi Taman Hutan Ir. H Djuanda No. 99 Dago Bandung Utara Jawa Barat.

Anda cukup merogoh kocek harga tiket sekitar Rp 11.000 rupiah saja per orangnya untuk masuk ke kawasan Dago Pakar. Anda harus mengunjungi Dago Bakar ketika jam 8 pagi hingga 5 sore setiap harinya.

Pergi setiap hari ke lokasi ini juga bisa Anda manfaatkan agar tubuh menjadi lebih segar, rileks, dan sehat dengan menghirup udara segar tanpa polusi.

***

Nikmati pesona indah dan menyejukkan hati, kawasan Dago Pakar Bandung. Taman hutan yang lestari dan menjadi tempat hunian aneka satwa dan flora.

Dapatkan pengalaman wisata yang menakjubkan bersama agen travel wisata terpercaya, Jari Adventure. Hubungi

HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.