Daftar Tempat Wisata yang Ada di Pulau Morotai (Bag. 4)

Terletak di ujung utara Kabupaten Halmahera Utara, Pulau Morotai berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah Utara, Laut Halmahera di sebelah Timur, Selat Morotai di sebelah Selatan dan Laut Sulawesi di sebelah Barat. Pulau ini sangat terkenal akan kaitan sejarahnya dengan Perang Dunia II dan tentu saja karena memiliki panorama alam dan pantai yang mempesona. Tak hanya wisatawan lokal, turis asing pun banyak yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati deretan tempat wisata yang ada di sana. Lebih dari 20 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkelana ke pulau ini. Berikut adalah referensi tambahan tentang tempat wisata yang ada di Pulau Morotai yang sayang bila dilewatkan. 

Pulau Kokoya

Sekitar 30 menit dari Kota Daruba, Anda bisa singgah di Pulau Kokoya. Pulau ini tidak berpenghuni. Namun, panorama pasir putihnya tak kalah indah dengan pulau-pulau lain yang ada di Pulau Morotai. Saat melakukan Island Hoping, jangan lupa mampir ke pulau ini ya…

Pantai Rorasa

Tempat wisata ini bisa Anda jumpai di sekitar Desa Buho Buho, Pulau Morotai. Selain keindahan landscapenya, pantai Rorasa memiliki batu karang yang cukup besar yang berada tak jauh dari bibir pantai yang menjadi ciri khas sendiri dari pantai ini.

Pulau Kolorai

Jika ingin berkunjung ke desa wisata, Pulau Kolorai merupakan salah satu tempatnya. Di sini, Anda bisa mengamati kegiatan masyarakat setempat dan mengetahui lebih dalam tentang kehidupan mereka. Pulau ini juga memiliki pantai yang sangat indah. Anda bisa melihat Pulau Dodola dari sana. 

Air Kaca

Satu lagi tempat wisata yang mengandung nilai sejarah adalah Air Kaca. Berada di Wamama, Kabupaten Morotai, Air Kaca berfungsi sebagai mata air vital bagi pasuka AS pada masa Perang Dunia II. Jenderal Mac. Arthur juga diberitakan sering mandi di tempat ini dan konon kabarnya dia bisa melihat ramalan perang saat mandi di Air Kaca. Disebut Air Kaca karena memiliki mata air yang sebening kaca dan bila jarum dijatuhkan maka kita bisa melihat jarum tersebut di dalam air. Namun, kini airnya tak sebening dulu. Secara turun temurun, Air Kaca dipercaya memiliki penunggu gaib yang berwujud seorang lelaki dan seorang wanita. Air Kaca juga dipercaya membawa berkah, seperti menyembuhkan berbagai penyakit dan sebagai obat kemandulan. Lokasi wisata Air Kaca bisa Anda tempuh melalui perjalanan darat sekitar 5 menit dari Kota Daruba. Wisata ini berjarak sekitar 1 km dari tempat wisata sejarah lain yaitu Landasan Pitu.

 

Baca Juga : Tempat Wisata Yang Ada di Pulau Morotai (Bag.3)

 

Museum Trikora & Perang Dunia II

Anda dapat menemukan kedua museum ini di Kota Daruba. Museum Trikora dibangun untuk mengenang pasukan Trikora dalam operasi pembebasan Irian Jaya (Papua). Banyak wisatawan asing terutama dari Amerika dan Australia mencari jejak leluhurnya di Pulau Morotai dan tak jarang mereka menemukan peninggalan leluhurnya tersimpan di museum Perang Dunia II. Di desa Daruba, Anda juga bisa menemukan museum mini milik Muklis Eso yang banyak menyimpan peninggalan Perang Dunia II.

Tank Amphibi  

Tak jauh dari Kota Daruba, tepatnya di Desa Gotalamo, Anda bisa menemukan beberapa kendaraan amphibi peninggalan Sekutu saat Perang Dunia II. Meski sudah terlihat keropos, tank tua ini masih mampu menarik minat pengunjung karena nilai sejarah yang dimilikinya.

Army Dock dan Navy Base

Bekas peninggalan Perang Dunia II yang berupa Army Dock dan Navy Base bisa Anda temukan di Desa Pandanga yang dulunya menjadi markas militer Angkatan Darat dan Angkatan Laut Sekutu dalam perang Pasifik di Morotai. Antara 1944-1945, lokasi ini memiliki peran yang sangat penting hingga dibangun juga instalasi infantri, rumah sakit, zeni tempur dan lima dermaga laut. Puing-puing bekas pelabuhan militer juga dapat Anda temukan di lokasi ini.    

Pulau Tabailenge

Tak jauh dari Desa Bere Bere, Anda bisa menemukan sebuah pulau yang indah yang dikenal dengan nama Pulau Tabailenge atau Tabailengi. Hanya dibutuhkan waktu perjalanan 15 menit saja ke pulau ini dari desa Bere Bere. Perjalanan ke pulau bisa Anda tempuh dengan menyewa kapal penduduk. Sesampai di Pulau Tabailenge, Anda bakal betah menikmati hamparan pasir putih di pesisir pantai dan melakukan berbagai aktifitas pantai menarik lainnya.   

Demikian ulasan tentang tempat wisata yang ada di Pulau Morotai. Semoga liburan Anda di pulau ini menyenangkan. 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.