Curug Pangeran Beri Sensasi Mandi Raja Sunda

Curug PangeranBuat rekan traveler yang tinggal di Jakarta, pasti tahu dong bagaimana kondisi jalanan ibukota sehari-hari yang tidak pernah lepas dari macet.

Belum lagi rutinitas pekerjaan yang membuat stres mudah menghinggapi pikiran dan memicu jenuh.

Jangan sampai hal ini mempengaruhi produktifitas kerjamu, dengan berwisata di akhir pekan atau ambil jatah cuti.

Tidak perlu jauh-jauh merencanakan liburan, karena daerah di sekitar Jakarta punya banyak destinasi wisata yang bisa dipilih.

Salah satunya Kota Bogor yang menawarkan banyak pesona alam yang asri dan alami, seperti aneka Curug yang banyak dijumpai di sini.

Kebanyakan air terjun berada dalam satu lokasi, yaitu di kawasan Taman Nasional Gunung Salak. Sebut saja Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu.

Sayangnya, untuk mencapai area curug terkadang dihalangi dengan perbukitan yang terjal atau jaraknya yang cukup jauh dengan areal parkir.

Buat yang tidak punya banyak waktu untuk menghabiskan hari libur, bisa mengarahkan tujuan ke Curug Pangeran.

Akses Lokasi

Tak sulit menemukan lokasinya jika rekan traveler menggunakan kendaraan pribadi. Cukup keluar dari pintu tol Sentul Selatan dan pacu kendaraan menuju Jalan Sholeh Iskandar,Tanah Sareal, Bogor.

Lanjutkan perjalanan hingga ke terminal Bubulak, lalu ambil kanan ke arah Ciampea. Lokasi tepatnya ada di Salak Endah, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Hanya dengan membayar biaya amsuk 15 ribu rupiah, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang masih jarang tersentuh peradaban.

Tapi kini tempat ini mulai populer karena foto-fotonya yang bertebaran di sosial media. Setelah sampai di area parkir yang disediakan, pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter untuk mencapai lokasi air terjun.

Jangan takut capek, karena jalan setapak yang ada telah tertata baik dengan dasar bebatuan. Belum lagi sepanjang jalan akan dihibur oleh pemandangan yang sangat indah dan hawa khas pegunungan.

Baca Juga:

Serunya Berwisata di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor

Dari kejauhan, suara gemuruh ala air terjun sudah terdengar membuat langkah kaki tanpa terasa makin cepat karena ingin segera melihat Curug Pangeran.

Air terjun ini memang tidak setinggi yang lainnya, hanya sekitar enam meter saja. Tapi hal ini justru jadi hal yang unik dan istimewa karena pengunjung dapat menantang adrenalin dengan terjun langsung dari tebing menuju kolam.

Di bawah air terjun terdapat kolam bentukan alam yang didasari batu-batuan dan berisi air yang sangat jernih dan besar.

Walau tidak terlalu besar dan dalam, rekan traveler dapat menghabiskan waktu dengan berenang, bermain air, atau sekadar mengambil foto selfie dengan berbagai pose. Capek menikmati kesegaran airnya, pengunjung dapat duduk-duduk di atas batu-batu alam yang berukuran cukup besar.

Bisa juga menikmati bekal yang sudah dibawa sendiri, asal jangan lupa membawa kembali sampah agar tidak mengotori obyek wisata alam yang masih asri ini.

Tips Wisata Ke Curug Pangeran

Buat Anda yang punya jiwa petualang, di sekitar Curug Pangeran juga disediakan camping ground. Di sini, rekan traveler dapat mendirikan tenda yang sudah dibawa dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman di langit malam yang dihangatkan oleh api unggun.

Tidak membawa tenda? Jangan khawatir, ada juga pilihan penginapan yang ditawarkan oleh warga sekitar bagi pengunjung yang masih ingin lebih lama menghabiskan liburan di sini.

Supaya liburan ke Curug Pangeran terasa menyenangkan dan memberikan kenangan tak terlupakan, lebih baik berangkat sedini mungkin untuk mencapai lokasinya.

Terlalu siang kemungkinan pengunjung yang datang cukup banyak sehingga kurang leluasa menikmati pemandangan dan air terjunnya.

Selain itu, cuaca Bogor pun masih sering berubah, menjelang sore biasanya akan turun hujan yang bikin suhu udara terasa makin dingin.

Selain itu hindari datang ke Curug Pangeran di musim hujan, karena meningkatkan risiko terpeleset saat berjalan di atas jalan bebatuan.

Jangan lupa untuk membekali diri dengan makanan. Karena di sini jarang terdapat penjual makanan dan minuman, untuk menghilangkan rasa lapar dan haus.

Begitu juga dengan pakaian ganti, karena dijamin tidak ada pengunjung yang bisa menahan diri untuk ikut nyemplung menikmati kesegaran air di Curug Pangeran.

Penasaran dengan keindahan Curug Pangeran ini? Yuk rencanakan berlibur ke sini secepatnya ya! (jari adventure – det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *