Curug Ngumpet Keindahan Tersembunyi di Lereng Salak

Curug NgumpetKota Bogor yang dapat ditempuh dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, merupakan surga wisata bagi warga yang berdomisili di ibukota. Ada banyak atraksi wisata yang dimiliki kota hujan tersebut, tapi kebanyakan menjual alamnya yang masih asri dan terkenal eksotik. Salah satu tujuan wisata yang banyak dicari pecinta alam adalah curug-curug yang banyak tersebar, terutama yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sering dianggap kalah pamor dengan air terjun kembar, Curug Cigamea, Curug Ngumpet kini mulai dikenal karena banyaknya pengunjung yang mengabadikan momen berlibur di lokasi tersebut. Buat pendaki gunung, Curug Ngumpet atau yang disebut juga dengan Curug Kondang, ini menjadi penghilang lelah saat mendaki Gunung Salak yang terkenal sulit ditaklukkan. Keunggulan air terjun ini memang bukan pada derasnya air atau tingginya tebing curug. Hanya memiliki ketinggian 40 meter, Curug Ngumpet justru terkenal oleh kebeningan air yang mengisi kolam alami di bawahnya.

Lokasi Curug Ngumpet Yang Ngumpet

Walau namanya Curug Ngumpet, lokasinya jauh dari anggapan sulit atau tersembunyi. Hanya berjarak 2 kilometer dari Curug Cigamea, rekan traveler dapat memanfaatkan kendaraan umum maupun menggunakan kendaraan pribadi.  Jika memakai angkot, mulailah perjalanan dari Terminal Baranangsiang Bogor, lalu lanjutkan perjalanan menaiki angkutan umum ke Bubulak, Cibungbulang, dan berakhir ke Gunung Picung. Teruskan dengan bantuan ojek menuju untuk masuk Wisata Gunung Salak Endah.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rekan traveler dapat memarkirkan kendaraan lalu mencapai curug ini dengan berjalan kaki. Dari area parkir, hanya perlu 10 menit melewati jalan setapak yang terbuat dari tatanan batu yang tersusun rapi. Jalannya pun juga tidak terbuat dari tanah liat, sehingga memperkecil kemungkinan pengunjung terpeleset saat turun hujan. Di sekitar air terjun juga disediakan saung-saung, yang dapat digunakan rekan traveler untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan hijau yang terhampar memanjakan mata.

Tiket masuk ke Curug Ngumpet

Pengelolaan Curug Ngumpet ini masih dipegang oleh warga sekitar, sehingga tiket masuk yang dikenakan sangat terjangkau, hanya 7 ribu rupiah. Walau dikelola secara swadaya, penduduk sangat menjaga kealamian dan keasrian alam sekitar air terjun. Rugi rasanya jika melewatkan kesempatan datang dan menikmati keindahan pemandangan air terjun berair jernih, pepohonan hijau, dan bunga warna-warni yang mekar memanjakan mata.

Baca Juga:

Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Selain duduk-duduk di bebatuan besar sekitar air terjun, rekan traveler akan tergoda menceburkan diri ke kolam berair bening. Saking beningnya, batu-batu kecil yang menyusun dasarnya terlihat sangat jelas. Tapi pengunjung diharapkan tetap berhati-hati karena adanya cekungan di bawah air terjun, sehingga dapat menarik pengunjung ke bawah dan berisiko tenggelam. Jika dirasa kurang pandai berenang, ada baiknya menghindari kolam yang cukup dalam, dan sekadar bermain air di pinggirnya saja.

Spot foto di Curug Ngumpet

Jangan lupa untuk memanfaatkan latar belakang curug yang indah ini, demi hasil foto yang instagram-able. Saking indahnya, Curug Ngumpet ini juga jadi lokasi favorit para fotografer yang mengabadikan keindahan air terjun yang jatuh menyentuh kolam. Begitu juga calon pasangan yang akan menikah, dapat memanfaatkan keindahan alam ini untuk menghiasi foto pre-wedding.

Puas bermain air dan merasakan titik-titik air yang sejuk menyentuh kulit. Tidak ada salahnya bersantai di atas bebatuan sambil menikmati bekal yang dibawa. Bebatuan yang dihiasi luut berwarna hijau kecoklatan menambah sisi eksotis Curug Ngumpet. Jika pengunjung datang di waktu yang tidak terlalu siang atau saat cuaca cerah, maka kabut air yang terbawa oleh hembusan angin makin menambah keindahan nuansa alam air terjun.

Melihat keindahan alam yang ditawarkan Curug Ngumpet. Spot wisata yang satu ini wajib dikunjungi saat berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Agar keindahannya tetap terjaga, traveler diharapkan ikut mempertahankan kebersihannya.  Dengan tidak merusak alam yang ada di sekitar air terjun serta tidak membuang sampah sembarangan. Sayang rasanya jika kawasan secantik ini menjadi kurang nyaman karena tumpukan sampah di beberapa sudutnya. Lebih baik bawa kantung plastik untuk menampung sampah, lalu membuangnya saat menemukan tempat sampah.

Yuk, ajak orang-orang terdekat melepas lelah dan menjalin kebersamaan paling seru di Curug Ngumpet! (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.